Fashion

7 Cara Membersihkan Sepatu Kulit (+Bonus Perawatan Rutin)

Sepatu Kulit Pria

Hai bro, ada berapa pasang sepatu yang lo punya? Atau mungkin, lo sering koleksi macam-macam jenis sepatu?

Gw sendiri bukan kolektor ataupun penggila sepatu, tapi punya beberapa macam sepatu yang gw bisa dipakai secara bergantian.

Salah satu jenis sepatu yang gw punya adalah sepatu kulit warna coklat.

Buat kita yang kaum adam, sepatu kulit adalah salah satu jenis sepatu yang sangat penting untuk bisa dimiliki.

Penampilan lo di acara formal akan kelihatan lebih keren kalau misalkan lo pakai sepatu kulit. Sepatu jenis ini juga bakal meningkatkan nilai penampilan lo untuk gaya semi formal lho.

Hanya saja, sepatu bahan kulit perlu perawatan yang sedikit lebih ribet dibandingkan bahan lain seperti canvas.

Di tulisan kali ini, gw akan mendetilkan cara membersihkan sepatu kulit secara umum sekaligus maintenance hariannya. Keep scrolling down bro
🙂

Kelebihan dan Kekurangan Sepatu Kulit

Sepatu Kulit Pria

Sebelum masuk intinya, gw mau membicarakan sepintas tentang kelebihan dan kekurangan sepatu kulit. Biar lo bisa lebih tertarik untuk memiliki minimal sepasang sepatu kulit :p

Kelebihan utama memakai sepatu kulit adalah dari tampilannya bro.

Lo bakal terlihat lebih modis dan stylish apabila menggunakan sepatu kulit, baik ke acara formal seperti meeting ataupun casual seperti acara outdoor. Sepatu dengan bahan kulit juga lebih awet dan tahan lama apabila dibandingkan dengan bahan lainnya.

Namun, dari beberapa tips yang gw pelajari, kalau pengen sepatu kulit lebih awet, kita harus kasih perhatian khusus.

Seperti wanita yang butuh diberi perlakuan istimewa, sepatu kulit pun begitu. Mulai dari membersihkan hingga perawatan sehari-hari, harus ada perlakuan yang spesial supaya sepatu kulit lo tetap terlihat kinclong seperti baru dan tidak malu-maluin kalau dipakai.

Cek juga: Cara Membedakan Adidas yang KW dan Original

Berbagai Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Sewaktu beli sepatu, pernah minta saran untuk cara membersihkannya nggak?

Kalau gak inget, gw bagikan beberapa tips membersihkan sepatu kulit agar tidak cepat rusak ketika dicuci di bawah ini.

1. Gunakan Sikat Sepatu yang Lembut

Lo bisa menghilangkan kotoran pada sepatu kulit dengan cara menyikat. Namun, gunakan sikat sepatu yang lembut. Cara membersihkan kotorannya yang menempel pun harus disikat dengan lembut dan hati-hati bro.

Supaya kulitnya tetap terjaga, lo jangan menggosok terlalu keras.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian jahitan dan sol sepatu supaya tidak ada kotoran yang menyempil dan berpotensi merusak sepatu secara perlahan.

2. Lepaskan Tali

Sepatu Tali

Lo punya sepatu kulit yang pakai tali? Kalau hendak mencuci sepatu, lepaskan dulu talinya dan cuci terpisah menggunakan mesin cuci atau tangan.

Mencucinya secara terpisah itu juga mencegah agar talinya tidak kotor terkena semir ataupun produk pembersih sepatu kulit.

3. Menyeka Sepatu Dengan Kain Lembab dan Sabun

Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Punya kain khusus untuk mencuci sepatu? Tahap pertama dalam mencuci sepatu adalah celupkan kain ke dalam air, kemudian angkat dan peras kainnya supaya tidak terlalu basah bro.

Pakai sabun cair yang lembut atau pembersih kulit, teteskan sedikit pada kain. Kemudian gosok sepatu dengan lembut dan perlahan menggunakan kain yang telah diberi pembersih.

Kalau sudah, lap sepatu dengan kain lain yang basah untuk membersihkan sisa sabun dari sepatu kulit.

Letakkan sepatu di ruangan yang sejuk untuk mengeringkannya (air dry), tetapi tidak perlu menggunakan pemanas karena sepatu bisa menjadi retak ataupun warnanya menjadi berubah.

Follow Instagram Mas Kulin

4. Gunakan Cuka dan Air untuk Menghilangkan Noda Garam

Mungkin jarang terjadi buat kita, tetapi ada kalanya noda garam
bisa mengenai sepatu kulit kesayangan. Kalau itu terjadi, kita bisa coba pakai larutan cuka dan air.

Dengan perbandingan yang sama, 1:1, celupkan kain bersih ke dalam campuran cuka dan air kemudian gosokkan dengan lembut dan hati-hati.

Setelah selesai, lap sepatu dengan kain lain yang bersih dan lembab supaya bekas larutan cuka dan air tidak terlalu meresap ke sepatu kulit bro.

5. Gunakan Bedak untuk Menghilangkan Noda Lemak dan Minyak

Noda minyak ke sepatu

Nah, buat lo yang biasa beraktivitas ke luar dan harus masak-masak, kadang sepatu kulit kena cipratan minyak atau lemak yang memercik ketika mengolah daging.

Kalau misalkan ada noda minyak yang sulit dihilangkan, lo bisa taburkan bedak supaya minyaknya bisa terserap.

Tunggu selama 2 hingga 3 jam supaya minyaknya terserap sempurna. Kemudian, bersihkan bedak menggunakan sikat yang lembut.

Kalau lo punya tepung jagung, itu juga bisa jadi alternatif membersihkan minyak meskipun prosesnya lebih lama. Cara pemakaiannya seperti bedak, tetapi harus dibiarkan selama 7 sampai 8 jam.

Ya, emang lebih praktis pakai bedak sih.

6. Gunakan Semir Sepatu Khusus Kulit

Sepatu Kulit

Gw pribadi punya semir sepatu yang khusus untuk kulit nih bro. Jadi kalau lo bingung mau kasih perawatan yang seperti apa, lo bisa gunakan semir sepatu kulit.

Caranya mirip dengan yang sudah ada di tulisan sebelumnya.

Teteskan semir sepatu kulit ke kain bersih, lalu gosokkan kain ke sepatu dengan gerakan sedikit memutar. Setelah itu, lap sisa semir yang menempel pada sepatu menggunakan kain bersih lain.

Ingat, jangan oleskan semir ke sol ataupun bagian sepatu lain yang nggak terbuat dari kulit ya, karena bisa merusak bagian itu.

7. Bersihkan Kotoran dengan Tisu Basah

Cara ini bisa lo lakukan apabila sedang tidak memungkinkan untuk membersihkan sepatu

Kalau lo lagi ada di luar rumah dan ternyata sepatu kulit lo kotor, lo bisa pakai tisu bayi atau tisu basah untuk membersihkannya secara darurat.

Tisu bayi memiliki bahan yang lembut sehingga tidak akan merusak kulit sepatu kesayangan lo. Karena lembab, tisu basah juga bisa langsung digunakan untuk membersihkan sepatu tanpa campuran bahan apapun lagi.

Cek Juga: Panduan Pemilihan Warna Sepatu Biar Matching dengan Pakaian

Tips Perawatan Sepatu Kulit

Untuk menjaga sepatu kulit tetap bersih, kita sebenarnya bisa menggunakan alat-alat yang ada di sekitar, seperti penghapus pensil, tisu bayi, ataupun bedak yang telah disebutkan caranya di atas.

Namun, perawatan sepatu kulit harus disesuaikan juga dengan sepatu kulit yang lo punya.

1. Mengenali Jenis Sepatu Kulit

Jenis Sepatu

Secara umum, jenis sepatu kulit bisa dibedakan menjadi dua.

A. Sepatu Suede

Pertama yaitu sepatu kulit Suede yang memiliki karakteristik lembut, berbulu halus, dan tidak mengkilap. Meski demikian, sepatu Suede lebih rentan terhadap kotoran lantaran berserabut dan berpori.

Lo bisa beli sikat khusus sepatu suede untuk membersihkannya. Gerakan maju mundur secara teratur akan membuat bulu halus atau serabutnya terlihat rapi.

Kalau terkena noda, bisa pakai penghapus pensil dengan gerakan yang sama, lalu bersihkan penghapus yang menempel menggunakan sikat suede.

Tepung jagung juga efektif digunakan di sepatu suede untuk membersihkan minyak. Tempelkan tepung jagung pada noda selama 2 hingga 3 jam, kemudian bersihkan menggunakan sikat suede.

Kalau sudah dibersihkan, lo bisa pakai semprotan berbahan dasar silikon. Semprotkan merata kepada permukaan kulit sepatu dengan jarak sekitar 25 centimeter.

B. Sepatu Patent

Sepatu jenis kedua itu sepatu patent atau full-grain leather.

Kulit ini kuat dan tahan lama, tidak gampang sobek, tergores, ataupun terkelupas. Lo bisa pakai campuran air dan sabun seperti contoh sebelumnya apabila ingin membersihkan sepatu patent.

Apabila ada goresan, bisa pakai cotton bud dan cairan pembersih tangan untuk memulihkannya kembali. Celupkan cotton bud
ke pembersih tangan, gosokkan cutton bud ke kulit sepatu, kemudian lap dengan kain bersih. Kinclong lagi deh.

Sepatu patent bisa juga dibuat mengkilat dengan menggunakan minyak mineral, yang menjadi bahan utama dan digunakan dalam pembersih sepatu kulit patent. Cukup 4 hingga 5 tetes pada kain bersih, kemudian gosokkan ke permukaan sepatu.

Selanjutnya, gunakan kain pembersih lain untuk menggosok sepatu supaya benar-benar mengilat.

2. Penataan Sepatu di Rak

Kalau lo memiliki rak untuk menyusun sepatu, rapikan bro. Beri jarak antara sepatu kulit lo dengan sepatu lain supaya menghindari noda lecet permanen karena bergesekan dengan sepatu lain.

Kalau lo teledor dan lalai dalam memberi jarak, tekstur kulit sepatu lo bisa lebih cepat rusak.

Gunakan pengganjal khusus sepatu apabila sedang tidak dipakai untuk mempertahankan bentuk. Lo bisa pakai bahan kayu aras atau cedarwood yang bisa menangkal kelembapan dan bau.

3. Hindari Tempat Lembab Dalam Menyimpan Sepatu

Apapun jenis sepatu kulit lo, sebisa mungkin hindari tempat lembap dalam menyimpannya, karena bisa menyebabkan sepatu menjadi berjamur dan lapuk sehingga kurang layak dipakai lagi.

Letakkan sepatu di suhu ruangan yang kering.

Selain itu, lo juga bisa pakai silica gel atau koran bekas untuk menyerap bau. Hindari sepatu dari air atau kelembaban berlebih bro.

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari Apabila Basah

Sepatu Basah

Ada kalanya sepatu lo basah karena kehujanan. Pilihan terbaik adalah menjemurnya di bawah sinar matahari, namun jangan ketika matahari terlalu terik. Jemurlah ketika sinarnya tidak terlalu panas.

Apabila sedang musim hujan dan sulit mendapat sinar matahari, lo bisa angin-anginkan saja. Kalau misalkan butuh untuk segera dipakai, lo terpaksa harus pakai hairdryer untuk mengeringkannya.

Namun, karena hairdryer terlalu panas, lo harus tutupi sepatu kulit lo dengan koran agar panas yang didapatkan tidak terlalu banyak dan sepatu kulit tidak cepat rusak.

5. Gunakan Spray Supaya Lebih Tahan Air

Pernah dengar tentang spray-on waterproofing?

Lo bisa beli di toko sepatu kulit dan bisa menyemprotkan ke sepatu supaya melapisi sepatu kulit dari air.

Semprotkan ke seluruh bagian sepatu dan tunggulah sekitar 30 menit, tetapi jangan terlalu sering memakainya. Kulit di sepatu lo juga butuh bernafas.

6. Rutin Menyemir Sepatu

Semir Sepatu

Supaya warnanya tetap kinclong dan sekaligus bisa mempercantik sepatu lo, pakai semir sepatu kulit yang menurut lo paling cocok untuk jenis sepatu kulit lo dan membuat warnanya lebih bagus.

Pilih semir sepatu dengan warna semirip mungkin dengan sepatu yang akan disemir.

Cara menggosoknya pun beragam. Bisa lurus satu arah atau gerakan melingkar kecil, tergantung noda yang ada di sepatu. Apabila hendak membersihkannya saja, lo bisa semir dengan lurus satu arah.

Semir sepatu dengan lembut, tidak terlalu keras menggosoknya, dan jangan terlalu sering dalam menyemir bro.

Gw pernah bahas soal semir menyemir sepatu kulit dengan detil di blog gw. Cek link di bawah ya.

Cek juga: Cara Menyemir Sepatu Kulit Supaya Mengkilap!

Rekomendasi Semir Sepatu Kulit

Gw awalnya bingung, apa produk perawatan sepatu yang cocok buat sepatu kulit punya gw? Banyak produk semir sepatu kulit yang tersebar di pasaran. Awalnya gw pilih yang warnanya mirip dengan warna sepatu gw, tetapi ternyata itu aja nggak cukup.

Gw ada beberapa rekomendasi buat lo yang juga bingung milih semir sepatu kulit yang cocok nih (catatan: gak di-endorse kok bro):

1. Jeslyn Quinn Wax & Seal Premium Leather Polish

Jeslyn Quinn Wax

Untuk semir, gw rekomendasiin produk ini. Semir ini bisa menutrisi sepatu dan memberi perlindungan menyeluruh pada kulitnya. Bisa juga mengkilatkan dan terlihat lebih sempurna.

Kulit sepatu juga bisa lebih tahan tetesan air dan sinar matahari. Produk ini juga tanpa pigmen warna sehingga dapat digunakan di semua warna. Nggak hanya sepatu, lo juga bisa pakai di produk lain yang berbahan kulit.

Kandungannya terbuat dari lilin keras alami dan campuran terpentin sehingga memberikan hasil yang maksimal dan semir juga lebih cepat kering.

2. Saphir Mirror Gloss Polish Equhoe

Saphir Mirror Gloss Polish Equhoe

Produk ini bisa memoles dengan sempurna dan merata sehingga sepatu kulit bisa lebih mulus.

Terbuat dari campuran lilin dan terpentin yang memberikan hasil maksimal dan semir bisa lebih cepat kering.

 

Cek juga: Berbagai Jenis Topi Pria untuk Bikin Penampilan Kece

Nah itulah ulasan mengenai berbagai cara membersihkan sepatu kulit sekaligus merawatnya yang perlu lo ketahui.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sepatu kulit merupakan jenis sepatu yang memberikan nilai penampilan tinggi dengan cukup drastis, jadi penting banget untuk lo merawatnya dengan baik.

Tentunya akan lebih baik kalau lo punya sepatu cadangan
untuk acara non formal ataupun sekedar berjaga-jaga kalau lo gak available untuk memakai sepatu kulit andalan lo.

Gw sudah pernah membuat tulisan tentang berbagai jenis sepatu pria kece masa kini. Barangkali bisa menjadi inspirasi lo untuk sepatu cadangan yang perlu lo miliki bro.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara membersihkan sepatu kulit, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *