Health

10 Cara Membersihkan Ketombe Secara Alami dan Mudah!

Cara Mengatasi Ketombe Pada Pria

Bicara soal kesehatan yang terkait dengan gaya hidup tentu tidak ada habisnya. Buat para pria, masalah utama yang sering kita hadapi adalah jerawat bandel di muka. Buat sebagian yang lain, ketombe juga merupakan satu masalah utama yang sering mengganggu penampilan kece kita (meski mungkin efeknya belum separah jerawat).

Ketombe merupakan serpihan-serpihan kecil yang merupakan pengelupasan kulit kepala yang sudah mati. Keberadaan ketombe di rambut pastinya akan mengganggu penampilan bagi lo yang berambut hitam dan senang menggunakan baju hitam, terlepas dari apapun model rambut lo.

Berhubung Mas Kulin pernah kena masalah ketombe, gw mau berbagi beberapa cara membersihkan ketombe secara alami. Kebetulan terinspirasi juga dari teman kantor yang belakangan sering ketombean :p

Sebelumnya, kita cek dulu yuk serba-serbi ketombe.

 

Penyebab Munculnya Ketombe

Salju Ketombe
Tebak, ini Salju atau Ketombe?

Ketombe (dalam bahasa Inggris disebut Dandruff) dalam jumlah kecil sekali sebenarnya masih wajar mengingat ketombe merupakan pengelupasan kulit mati di kepala. Ketika jumlahnya mulai terlihat signifikan, hal ini tentu membuat kita terganggu.

Ini dia beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan lo ketombean:

 

1. Suhu Udara yang Terlalu Panas

Suhu udara yang panas dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala mudah kering. Ini membuat kulit kepala mudah kotor dan terkelupas sehingga menimbulkan ketombe. Hal ini akan semakin diperparah jika lo kurang minum, karena kulit kepala akan semakin kering.

 

2. Frekuensi Keramas yang Salah

Jika lo keseringan keramas sehingga rambut dan kulit kepala kering karena kurang minyak, maka konsekuensinya seperti nomor 1 deh. Oh ya, jika lo malas keramas sehingga kotoran menumpuk, sama aja bro :p Kulit kepala kering karena kurang minyak inilah yang juga menyebabkan anggapan ‘salah shampo dapat membuat ketombean’. Shampo yang gak sesuai kondisi rambut dan kulit kepala lo akan membuat kulit kering bro.

Cek juga: Cara Meluruskan Rambut yang Mudah Dilakukan Khusus Pria!

 

3. Infeksi

Apakah lo pernah mendengar mikroorganisme bernama Pityrosporum Ovale? Jamur mini ini gemar memakan minyak rambut alami dan melepaskan asam lemak bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi ketombe. Jamur ini penyebab umum terjadinya ketombe, namun umumnya masih bisa diatasi dengan cara-cara yang akan dijelaskan di bagian berikutnya.

 

4. Stres

Satu lagi penyebab ketombean yang jarang terdengar. Stres memang menjadi sumber dari banyak penyakit dan gangguan kesehatan. Saat lo diserang penyakit ketombe, coba introspeksi dulu apakah lo memang sedang dalam keadaan stres tinggi atau tidak. Jangan lupa untuk tetap dibarengi perawatan rambut untuk mencegah ketombe ya.

 

Cara Membersihkan Ketombe Secara Alami

Selain rajin merawat rambut, lo bisa menggunakan bahan-bahan organik atau bahan yang mudah didapat untuk mengatasi ketombe. Sebenarnya ada banyak banget yang bisa digunakan, tapi Mas Kulin coba sajikan bahan-bahan yang mudah didapat dan digunakan saja di bawah ini:

 

1. Garam

Cara menghilangkan ketombe secara alami - garam

Bahan alami pertama yang mudah banget lo dapatkan dari warung tradisional sekalipun. Selain sebagai bumbu masak, garam juga ternyata punya manfaat dalam mengatasi masalah ketombe. Garam memiliki sifat scrub yang dapat mengangkat kulit mati di kepala.

Cara menggunakan garam untuk menghilangkan ketombe di rambut adalah sebagai berikut:

  • Lakukan dalam kondisi kepala kering (sebelum keramas)
  • Ambil garam secukupnya, sekitar 2 hingga 3 sendok makan
  • Gosokkan garam ke kulit kepala secara merata
  • Lakukan pijatan selama kurang lebih 10 menit di seluruh area kepala lalu diamkan sebentar
  • Bilas atau keramas hingga bersih

Catatan: Jangan lakukan dengan bahan ini jika di kulit kepala lo sedang ada luka karena akan menambah perih.

 

2. Lemon

cara menghilangkan ketombe membandel - lemon

Lemon, atau lebih tepat airnya, merupakan bahan yang dapat menghilangkan sekaligus mencegah ketombe berlanjut. Air lemon mengandung senyawa yang dapat menyeimbangkan kadar pH di kepala rambut. Hal ini dapat mencegah ketombe memburuk.

Cara menggunakan air lemon untuk mengatasi ketombe adalah sebagai berikut:

  • Ambil buah lemon dan peras buahnya
  • Campurkan air perasan lemon dengan air putih secukupnya
  • Lakukan ini saat kepala masih dalam keadaan kering
  • Oleskan campuran tersebut pada kepala secara menyeluruh dan diamkan selama 30 menit
  • Bilas dan keramas dengan bersih

Catatan: Jangan lakukan dengan bahan ini jika di kulit kepala lo sedang ada luka karena akan menambah perih.

 

3. Lidah Buaya

cara membersihkan ketombe secara alami - lidah buaya

Bahan yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai bahan yang membantu dalam mengatasi masalah-masalah di rambut. Lidah buaya kaya akan kandungan bermanfaat seperti protein, vitamin B1, dan vitamin C. Lidah buaya juga berguna untuk membuat rambut berkilau, menguatkan akar rambut, dan mencegah kerontokan.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe bandel adalah sebagai berikut:

  • Ambil beberapa lidah buaya dan haluskan dagingnya
  • Lakukan ini pada kulit kepala yang kering
  • Oleskan lidah buaya secara merata sambil melakukan pijatan lembut
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bilas dan keramas hingga bersih

 

4. Minyak Kemiri

cara mengatasi ketombe di rambut - minyak kemiri
via taawunherbal.com

Minyak yang satu ini terkenal banget di kalangan pecinta brewok. Selain berfungsi untuk menyuburkan rambut dan menumbuhkan brewok, minyak satu ini juga ternyata berguna untuk mengatasi ketombe. Jadi, lo bisa gunakan minyak ini kalau memang sedang dalam masa menumbuhkan brewok.

Cara memakai minyak kemiri untuk mengatasi ketombe adalah sebagai berikut:

  • Siapkan minyak kemiri secukupnya
  • Jika mau sekalian digunakan untuk menumbuhkan brewok, lakukan sebelum mandi (karena lo perlu cuci muka bersih)
  • Oleskan minyak kemiri ke seluruh daerah kepala sambil pijat lembut
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Lanjutkan dengan keramas dan cuci muka hingga bersih
  • Silahkan lanjutkan ke penggunaan minyak kemiri untuk menumbuhkan brewok

Cek juga: Cara Menumbuhkan Brewok dengan Cepat Menggunakan Minyak Kemiri!

 

5. Bawang Merah

tips menghilangkan ketombe di rambut - bawang merah

Selain garam, bahan masakan yang satu ini juga ternyata berguna untuk menghilangkan ketombe. Sekalian belanja untuk kebutuhan rumah tangga, lo bisa beli bawah merah ini. Sebagai tambahan. bawang merah juga suka digunakan orang tua untuk menyuburkan rambut bayinya.

Follow Instagram Mas Kulin

Cara menggunakan bawang merah untuk membersihkan ketombe secara alami bisa lo cek di bawah:

  • Siapkan beberapa siung bawang merah
  • Kupas kulitnya kemudian tumbuh hingga halus
  • Lakukan ini saat kepala masih dalam keadaan kering
  • Oleskan secara merata ke seluruh kepala sambil dipijat secara lembut
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dan keramas hingga bersih

 

6. Apel

Alternatif Gambar 'Apel'
Yah, semacam ‘Apel’ :p

Selain menyehatkan, apel juga ternyata punya fungsi yang bagus untuk menghadang ketombe nakal di rambut lo. Kandungan dalam apel bernama procyanidin B-2 yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan, dan mencegah ketombe.

Cara memakai apel untuk menghilangkan ketombe sebagai berikut:

  • Buat jus apel murni dengan blender
  • Ambil 2 hingga 3 sendok makan jus apel, lalu campurkan dengan air secukupnya (usahakan agar masih agak kental)
  • Lakukan ini sebelum keramas
  • Oleskan ke seluruh kulit kepala secara merata sambil lakukan pijatan lembut
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas dan keramas hingga bersih
  • Jus apel sisa bisa lo minum sendiri

 

7. Teh Hijau

cara membasmi ketombe - teh hijau

Selain sehat untuk diminum, teh hijau juga punya fungsi tambahan untuk menghilangkan ketombe lho. Teh hijau mengandung senyawa katekin yang berfungsi sebagai zat anti jamur. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat menyehatkan kulit kepala.

Berikut ini cara memakai teh hijau untuk mengatasi ketombe bandel:

  • Ambil 2 kantong teh hijau dan segelas air panas
  • Rendam kantong teh hijau dalam air panas selama 20 menit dan tunggu hingga air menjadi cukup dingin (penting! Air panas dapat merusak rambut)
  • Lakukan sebelum mandi
  • Oleskan air rendaman teh hijau ke seluruh kepala sambil lakukan pijatan perlahan
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bilas dan keramas hingga bersih

 

8. Baking Soda

cara menghapus ketombe - baking soda

Bahan yang terdengar sedikit aneh ini ternyata ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit lho, seperti mengatasi jerawat dan sekarang ketombe. Sama seperti garam, baking soda memiliki sifat scrub untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus membasmi jamur penyebab ketombe.

Cara memakai baking soda untuk menghilangkan ketombe adalah sebagai berikut:

  • Ambil satu sendok makan baking soda
  • Bersihkan dulu rambut secukupnya. Pastikan dalam keadaan kering
  • Gosokkan baking soda secara merata ke rambut dan kulit kepala
  • Biarkan dulu sebentar, lalu bilas hingga bersih tanpa menyisakan baking soda di rambut lo
  • Berbeda dengan bahan-bahan sebelumnya, jangan biarkan baking soda terlalu lama di rambut karena bisa berdampak negatif bagi kulit kepala.

 

9. Kuning Telur

cara membersihkan ketombe secara alami - kuning telur

Telur juga ternyata dapat membantu mengatasi ketombe bro, terutama kuning telurnya. Kuning telur mengandung biotin yang dapat membantu menghilangkan ketombe dan meningkatkan kesehatan rambut. Telur juga mudah banget diperoleh.

Di bawah ini merupakan cara menggunakan kuning telur untuk membantu mengatasi ketombe:

  • Ambil dua butir telur dan pecahkan
  • Campurkan kuning telur di dalam satu wadah
  • Lakukan ini sebelum mandi
  • Oleskan secara merata kuning telur ke seluruh kulit kepala dan rambut
  • Tutup dengan shower cap dan biarkan selama 1 jam
  • Segera mandi dan keramas yang bersih hingga lengket dan bau amisnya hilang

 

10. Listerine

cara menghilangkan ketombe - listerine
via wikipedia.org

Jika garam dan baking soda sudah membuat kaget, maka Listerine akan membuat lo terperanjat :p Meskipun terdengar konyol, obat kumur komersial ini ternyata bisa juga lho dipakai untuk mengatasi ketombe. Hal ini karena Listerine juga mengandung senyawa anti jamur yang menjadi penyebab ketombe.

Berikut ini merupakan cara memakai Listerine untuk mengatasi ketombe:

  • Siapkan satu wadah kosong
  • Campurkan 1 sendok makan Listerine dengan 9 sendok makan air putih
  • Berbeda dengan bahan-bahan sebelumnya, kali ini lakukan saat lo keramas
  • Bilas rambut yang sudah di-shampo dengan campuran Listerine tadi
  • Biarkan beberapa saat, lalu lanjutkan lagi bilas dengan air bersih

 

Cara Mencegah Ketombe

Tips Mencegah Ketombe Bandel

Meskipun sudah merawat rambut sehingga ketombe tampak lenyap, kemungkinan untuk ketombean lagi tetap ada bro. Cek kembali faktor-faktor penyebab ketombe di atas ya. Di bawah ini, Mas Kulin juga memberikan beberapa tips tambahan yang dapat mencegah munculnya ketombe:

 

1. Gunakan Penutup Rambut Saat Menggunakan Motor

Memang belum ada bukti ilmiah bahwa ketombe dapat menular atau tidak. Namun, rambut yang kotor jelas menjadi penyebabnya. Jika lo adalah pengguna kendaraan bermotor (terutama ojek online), maka gunakanlah penutup rambut (atau pakai hoodie). Lo kan gak tahu apakah dalam helm tersebut bersih atau kotor (entah karena bekas ketombe penumpang sebelumnya atau lainnya). Mas Kulin pernah ketombean tapi langsung berhenti sejak pakai penutup rambut saat pakai jasa ojek online.

 

2. Rajin Menggunakan Shampo Anti Ketombe

Bagi lo yang merasa sering dihampiri masalah ketombe, sebaiknya rajin menggunakan shampo anti ketombe. Shampo komersial yang dijual di supermarket juga cukup kok. Lo bisa melihat varian dari merk-merk terkenal yang mencantumkan anti ketombe atau anti dandruff pada kemasannya. Shampo jenis ini umumnya mengandung zinc, sulfur, selenium disulfide, dan asam salisilat.

 

3. Perhatikan Frekuensi Mengganti Shampo

Tips ini masih berhubungan dengan tips sebelumnya. Banyak yang sempat menanyakan kepada gw, apakah aman jika kita berkali-kali mengganti shampo? Sebenarnya sah-sah aja bro, karena lo bisa eksperimen efektivitas penggunaan shampo tersebut. Namun, gw sarankan lo baru coba ganti setelah 1 hingga 2 bulan percobaan. Jika tidak ada efeknya (atau malah alergi), lo bisa ganti shampo baru.

 

4. Makan Asupan yang Mengandung Zinc

Sempat disinggung di poin sebelumnya, zinc juga terkandung dalam makanan. Banyaklah memakan asupan yang mengandung zinc dan vitamin B. Contohnya antara lain gandum, daging dan hati sapi, coklat hitam, telur, dan biji-bijan. Menjaga tubuh tetap sehat tentu penting juga agar kondisi tubuh tidak mudah kering dan memunculkan ketombe.

Cek juga: Model Rambut Pria Pendek yang Lagi Ngetren Sekarang!

 

Apabila nantinya lo sudah menerapkan beberapa cara mengatasi ketombe di atas tapi tetap saja masih ketombean, maka kemungkinan lo terkena infeksi oleh mikroba Malassezia. Biasanya kulit kepala meradang dan ada ketombe yang berkerak. Kalau sudah parah begini, lebih baik lo konsultasi dengan dokter untuk menggunakan obat khusus.

Dalam jangka panjang, ketombe dapat menyebabkan kebotakan karena menghalangi folikel rambut yang berguna untuk menumbuhkan rambut baru. Oleh karena itu, meskipun ketombean terkesan bukan penyakit serius, Mas Kulin tetap sangat menyarankan agar lo segera mengatasi ketombean yang sedang lo alami.

Bagi lo yang punya saran lain untuk mengatasi atau mencegah munculnya ketombe, silahkan bagikan di kolom komentar ya. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

2 thoughts on “10 Cara Membersihkan Ketombe Secara Alami dan Mudah!”

  1. Nah tips ini berguna banget kk untuk teman saya yang suka ketombean. Lumayan mengusik mata kalau ketombenya lagi banyak berjatuhan pas dia paka kaos hitam

    1. Hmm, mungkin bisa dikabari juga ke teman lo, selama masih ketombean ada baiknya gak menggunakan pakaian berwarna gelap. Jadi bisa mengurangi gangguan penampilannya. Semoga bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami di atas ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *