Grooming

10 Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu yang Mudah Dilakukan!

Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu

Apalah lo termasuk yang senang menggunakan wewangian atau parfum dalam beraktivitas sehari-hari? Parfum memang merupakan salah satu alat grooming yang bisa meningkatkan daya tarik kita bro. Memilih parfum yang pas juga tidak sesulit memilih model rambut yang cocok buat sehari-hari. Yang penting lo suka wanginya dan tidak menyengat secara berlebihan.

Bicara soal parfum, Mas kulin teringat beberapa waktu lalu diajak untuk membeli parfum palsu alias KW oleh kenalan Mas Kulin. “Ga ada bedanya cuy sama parfum yang asli. Harga super miring. Untung banget lha!”, merupakan alasan yang dia bilang. Apakah lo termasuk yang punya pemikiran begitu?

Jika lo menggunakan parfum palsu, maka ada beberapa risiko yang harus lo tanggung. Oleh karena itu, penting bagi lo untuk mengetahui cara membedakan parfum asli dan palsu. Yuk simak terus ke bawah.

 

Bahaya Menggunakan Parfum Palsu

Bahaya Parfum Palsu

Sebelum kita masuk ke cara membedakan parfum asli dan palsu, Mas Kulin akan menjabarkan dulu beberapa konsekuensi menggunakan parfum palsu dalam jangka panjang. Semoga lo bisa sadar dan beralih ke parfum original ya.

 

1. Merusak Kulit

Sebagian parfum palsu umumnya memiliki kadar alkohol di atas batas wajar yang berisiko terhadap kulit lo. Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadap kadar alkohol yang tinggi sehingga menyebabkan kulit mereka menjadi rusak.

Cek juga: Ingin Kulit Wajah Selalu Awet Muda? Cek Caranya di Sini!

 

2. Berbahaya bagi Tubuh

Karena parfum palsu memiliki bahan / kandungan yang berbeda dari parfum original, lo gak akan tahu apa saja bahan-bahan yang sesungguhnya digunakan untuk membuat parfum palsu tersebut (atau parfum refill palsu). Lo jadi tidak bisa mencari tahu jika ada kandungan yang berbahaya atau kandungan yang menyebabkan alergi bagi tubuh lo.

 

3. Rugi Finansial

Parfum palsu memiliki masa aroma yang lebih pendek dibandingkan parfum asli (sesuai jenis parfumnya). Akibatnya, lo akan menjadi lebih sering membeli ulang parfum palsu tersebut. Kalau begini, pengeluaran lo dalam jangka panjang malah lebih bengkak daripada membeli parfum asli.

 

Bagian 1: Tips Saat Akan Membeli Parfum

Agar lo bisa terhindar dari pembelian parfum KW, lo bisa mulai lakukan dari tahap sebelum membeli parfum yang lo inginkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa lo lakukan:

 

1. Beli di Department Store atau Toko Aslinya

Cara mengenali parfum KW - Belanja langsung di toko parfum
via manchestereveningnews.co.uk

Cara pertama yang paling aman tentunya membeli langsung dari toko merk parfum yang ingin lo beli secara tatap muka (bukan online). Lo bisa bertanya-tanya lebih detil tentang parfum yang lo cari dan tentu ada garansi pengembalian parfum yang cacat atau tidak sesuai kondisi yang dijual.

Selain itu, lo juga bisa membelinya di department store yang cukup ternama. Biasanya hampir di setiap mall ada department store yang menjajakan berbagai merk parfum sekaligus. Keuntungan tambahan dengan membeli di department store adalah lo bisa bertanya rekomendasi parfum tanpa terbatas satu merk tertentu.

 

2. Cari Penjual yang Terpercaya

Cara mencegah pembelian parfum palsu - periksa reputasi toko online

Shopping jaman now memang menggunakan media daring (online) karena dianggap jauh lebih mudah dan praktis. Jika lo memilih belanja online, pastikan lo membelinya dari pembeli yang terpercaya bro.

Kalau di marketplace, lo bisa coba cek rating dari si penjual dan juga review dari para pembelinya. Kalau semuanya baik-baik saja, boleh deh dicoba. Untuk yang punya channel sendiri (website, instagram, dan sebagainya), lo bisa lakukan cara yang sama. Sebagai tambahan, coba lakukan pencarian di Google untuk melihat apakah ada yang posting keluhan terkait situs atau toko online tersebut.

 

3. Periksa Harga Parfum

Cara mengenali parfum palsu dan asli - Periksa Harga Parfum di situs resmi

Selain toko dan tempat pembelian, periksa juga harga parfum-nya. Brand umumnya memakai strategi pricing untuk menentukan berada di manakah kelas mereka. Contoh, merk-merk tertentu memang sengaja memasang harga agak murah (500 ribuan ke atas untuk toilette) karena target pasarnya memang kalangan menengah ke atas.

Kalau lo ragu, coba cek di situs resmi brand untuk harga-harga parfum yang lo inginkan. Harusnya harga yang dijual di toko dan harga di situs resmi tidak berbeda jauh. Kalaupun ada diskon, biasanya tidak terlalu tinggi (karena diskon tinggi dianggap menjatuhkan prestige si brand) kecuali untuk clearance sale atau varian tersebut akan berhenti diproduksi.

 

Bagian 2: Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu dari Kemasan

Jika lo sudah melakukan tindakan preventif saat pembelian parfum, maka lo sudah selangkah lebih aman. Kini saatnya memeriksa originalitas parfum dari kemasannya. Jadi periksa kemasan parfum yang akan lo beli dengan teliti, terutama untuk hal-hal berikut:

 

1. Periksa Nomor Serinya

Cara membedakan parfum asli dan palsu - Cek Nomor Seri Parfum
via raidersofthelostscent.blogspot.com

Nomor seri parfum tercetak pada botol maupun kotak kemasan. Lo bisa bandingkan apakah nomor seri yang tercetak tersebut sama atau berbeda. Ini merupakan salah satu cara yang lumayan ampuh untuk menemukan parfum palsu dengan merk abal-abal.

Cara lain yang bisa lo lakukan dengan nomor seri adalah mengecek nomor batch produksi parfum tersebut dan bandingkan dengan yang ada di situs resmi merk parfum tersebut. Jika tidak terdaftar, maka besar kemungkinan parfum tersebut palsu. Jika lo kesulitan, silahkan gunakan cara-cara selanjutnya ya.

 

2. Cek Plastik Pembungkusnya

Cara mengenali parfum KW
via mardenedwards.com

Apakah lo memperhatikan bawah kotak kemasan parfum yang benar pasti dibungkus plastik bening? Plastik pembungkus parfum original berwarna bening, tidak ada kerutan sama sekali, dan melekat sempurna pada kotak kemasannya. Kalau lo melihat ada sedikit kerutan saja, lo perlu waspada bahwa parfum tersebut parfum.

Selain kerutan, lo juga bisa cek lipatan / keliman dari plastik pembungkusnya. Parfum asli tentunya memiliki lipatan simetris yang sempurna atau rapi serta tidak ada lem yang tersisa. Selain itu, parfum asli memiliki segel pada kotak pembungkusnya.

 

3. Lihat Kejernihan Isinya

Cara mengetahui parfum asli dibandingkan dengan parfum palsu - Cek Isi Cairan Botol Parfum
via ebay.com

Parfum yang asli memiliki banyak kandungan yang menyebabkan warnanya pucat (cenderung jernih). Jika parfum yang akan lo beli memiliki warna yang gelap atau agak keruh, lo patut waspada. Coba bandingkan isi parfum tersebut dengan yang ada di situs resmi merk parfum. Jika tingkat kejernihannya berbeda, maka hampir dapat dipastikan parfum tersebut palsu.

 

4. Periksa Botolnya

Cara mengetahui parfum palsu - Cek Botol Parfum
via ba-bamail.com

Botol yang menjadi wadah penampung isi parfum juga dapat menjadi salah satu indikator utama untuk menentukan keaslian parfum. Parfum asli tentu tidak akan memiliki retak atau cacat sama sekali di botolnya. Permukaan botolnya akan terasa halus dan tutup botolnya akan simetris (namun ada juga yang memang didesain tidak simetris. Selalu bandingkan dengan gambar di situs resmi merk parfum).

Desain yang ada pada botol parfum juga perlu lo perhatikan. Jangan sampai karena buru-buru ingin membeli parfum Bvlgari misalnya, lo tidak sadar bahwa merk yang tertera di botol adalah Bulgari. Pastikan logo merk parfum yang tertera pada kemasan adalah sesuai dengan logo asli merk parfum tersebut.

 

Bagian 3: Cara Menentukan Parfum Original dari Wanginya

Meskipun lo sudah melakukan tindakan preventif sejak pembelian dan pemeriksaan kemasan, bukan berarti lo bisa 100% yakin bahwa parfum yang akan lo beli pasti asli bro. Masih ada kemungkinan parfum ‘asli’ yang lo beli sebenarnya diisi ulang (meskipun sebagian merk parfum sudah mendesain agar botolnya tidak dapat diisi ulang).

Untuk bagian yang terakhir ini bisa lo lakukan jika lo memang sudah sering menggunakan parfum asli yang akan lo beli, atau lo memang jago dalam membedakan wangi. Jika tidak, lo juga bisa ajak teman lo yang ahli dalam wewangian atau parfum.

Nah, ini dia beberapa cara yang bisa lo lakukan:

 

1. Tidak Menimbulkan Reaksi Alergi

Singa berteriak
Alergi? AUMMM (Daripada ditampilin gambar kulit merah alergi yang seram)

Parfum asli tidak akan menimbulkan reaksi alergi di kulit dan tubuh, kecuali lo memang alergi dengan salah satu bahannya. Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal tulisan ini, parfum palsu mengandung banyak alkohol yang dapat merusak kulit dan tubuh. Jika kulit lo sensitif, maka parfum palsu dapat menyebabkan iritasi setelah disemprot ke kulit.

Parfum yang asli seharusnya juga tidak menimbulkan gejala pusing (kecuali kalau lagi-lagi lo punya alergi terhadap bahan aslinya). Jika setelah mencium wangi parfum beberapa lama lo merasa pusing atau mual, maka bisa jadi parfum tersebut palsu.

 

2. Tes Dalam Satu Hari

tips mengenali parfum palsu - bawa kertas tester parfum seharian
via pickeratface.com

Secara umum, komposisi wewangian parfum terdiri dari Top, Middle, dan Base Note (Meskipun mungkin ada parfum original yang hanya pakai base note. Lo perlu cek di situs resminya). Untuk mengetesnya, semprotkan parfum ke test paper dan bawa selama sehari. Wangi parfum yang tercium seharusnya akan berubah secara konsisten dimulai dari Top, Middle, lalu terakhir Base Note. Cek ke situs resmi untuk mengetahui aromanya.

Lama hilangnya aroma juga sangat dipengaruhi dari jenis parfum. Misalnya, eau de toilette memiliki wangi yang hanya tahan di bawah 4 jam saja. Kalau dalam sejam kurang sudah hilang, bisa jadi parfum tersebut merupakan parfum KW. Jika lo (atau ada teman lo) yang bisa membedakan aroma dan perubahannya dari waktu ke waktu, maka inilah cara yang paling ampuh untuk menentukan keaslian parfum.

Cek juga: Perbedaan Jenis Parfum Seperti Eau de Toilette, Eau de Parfum, dan Sebagainya!

 

3. Aroma Lenyap Dalam Jangka Waktu Pendek

Cara membedakan parfum asli dan palsu - Cium Aroma Parfum
via independent.co.uk

Ini memang baru bisa dilakukan jika lo sudah membeli parfumnya. Dalam kondisi normal (tidak terpapar sinar matahari dan diletakkan dalam suhu ruangan), aroma parfum yang telah dibuka dapat bertahan antara setengah tahun hingga tiga tahun. Lo bisa coba cek keterangan di kemasan atau situs resmi merk parfum tersebut.

Parfum KW tidak akan bertahan selama jangka waktu yang disebutkan karena tidak menggunakan bahan-bahan asli. Biasanya, aroma parfum palsu akan lenyap dalam hitungan minggu hingga beberapa bulan saja. Akibatnya, lo jadi harus membeli kembali parfum yang baru untuk mengganti parfum lama. Rugi, kan?.

 

Nah itu dia bahaya parfum palsu dan cara untuk membedakannya dengan parfum asli. Parfum  dengan jenis toilette ke atas memang sedikit mahal bro dibandingkan body spray atau cologne, tapi penggunaannya tentu akan meningkatkan kekecean lo berkali-kali lipat jika digunakan dengan benar.

Jika lo punya pengalaman atau tips lain seputar parfum asli dan palsu, silahkan bagikan di kolom komentar ya. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

12 thoughts on “10 Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu yang Mudah Dilakukan!”

  1. Wahh thank you infonya gan. Baru aja pengen beli parfum yang biasa ku beli lewat Online pas liat testi ternyata “bungkus” nya keliatan bgt ga rapih tp dijual dengan harga sama di toko. Nyesek juga kalo yg dibeli ternyata palsu

    1. Wahh sama-sama gan. Untung belum sempat dibeli ya. Moga-moga bisa ketemu penjual lain yang lebih pas 🙂 Mampir-mampir lagi ya untuk baca-baca tulisan yang lain.

  2. Bangg… W prnh pnya parfum anu tpi pas begitu di semprot/di oles terasa dingin sejuk…. Itu tandanya ap yaa?

    1. Hai bro, itu masih reaksi yang normal kok. Parfum kan mengandung alkohol. Nah saat parfum disemprot ke kulit, alkohol yang terkandung dalam parfum akan menguap dengan cepat, sehingga menimbulkan sensasi dingin pada kulit. Kalau yang terjadi malah panas dan gatal, itu baru reaksi yang perlu lo perhatikan bro, karena bisa jadi lo alergi dengna kandungan parfumnya. Semoga cukup jelas ya

  3. Selamat siang mo nanya… Sy pernah beli parfum, dan penjualny bilang, produkny ori eropa utk hrg yg lbh mahal, dan ori dubai utk yg harga yg terjangkau.. penjualny menyarankn kl mau tau aroma dahulu cukup yg ori dubai. Yg sy mau tny kan.. utk parfum asli itu apa bilangny ori eropa yaa.. mohon pencerahanny.. terima kasih

    1. Halo sis, ini belinya bukan di counter / distributor resmi ya? Jadi, di dunia jual beli parfum memang ada beberapa istilah untuk keaslian parfum: Parfum original, parfum original reject, parfum tester, dan parfum ori negara xx.

      Untuk parfum ori negara xx (yang umum disebut biasanya parfum ori Singapura), itu adalah parfum KW super yang botol dan isinya memang hampir 99% menyerupai brand parfum aslinya, tapi tetap saja ini bukan parfum asli. Si penjual menyarankan aromanya dengan parfum ori dubai (parfum KW), karena memang aromanya pun hampir sama dengan yang original.

      Mayoritas brand parfum memang berasal dari Eropa, dan ada sedikit simpang siur untuk istilah Parfum Ori Eropa (dan Ori Amerika). Di sini gw belum bisa menjamin istilah Ori Eropa pasti mengacu bahwa itu original dari brand aslinya. Untuk memastikan keaslian, yang paling bisa dicoba adalah mengecek batch number (ada di penjelasan artikel ini) dan periksa di situs resmi brand parfum tersebut.

      Semoga cukup menjawab ya.

  4. Kak kalau parfum ori tester unbox, tapi harganya murah tapi baunya mirip asli dan memiliki batch code yang kalau di cek di checkfresh.com parfumnya belum sampai 5 tahun di produksi
    Itu asli apa gimana yah? Tapi saya sering beli dan kalau cium yg aslinya di counter asli baunya persis sama, itu gimana menurut kakak?

    1. Itu kemungkinan besar masih asli kok bro. Belinya di online shop dengan reputasi bagus kah? Gw juga pernah beli parfum ori tester. Memang biasnaya dikasihnya unbox atau cuman box putih polos aja, dan harganya pasti jauh lebih murah dari parfum asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *