Grooming

7 Cara Memanjangkan Rambut Pria dengan Cepat dan Mudah Dilakukan

Cara Memanjangkan Rambut Pria

Hai bro, apakah lo tertarik untuk mengetahui cara memanjangkan rambut pria untuk membuat penampilan lo terlihat keren?

Sudah jadi rahasia umum kalo style rambut selalu jadi daya tarik utama buat menunjang penampilan. Tidak hanya wanita, pria pun juga wajib memperhatikan detail rambut.

Dan beberapa tahun belakangan, style rambut pria gondrong lagi hype banget. Umumnya mereka mengikuti tren para public figure yang sukses keliatan makin charming dengan style rambut gondrong ini.

Kalo lo emang pengen tampil beda, ga ada salahnya buat coba mengikuti tren rambut gondrong. Di sini, ternyata banyak efek positif yang bisa lo dapetin.

Selain lebih macho, lo juga bakal punya point of interest tersendiri di mata para wanita. Bahkan menurut beberapa riset di Amerika, para wanita mengaku lebih tertarik dengan pria gondrong daripada pria berambut pendek atau cepak.

Namun beberapa pria beranggapan kalau proses bikin rambut panjang itu lama dan ribet. Akibatnya, yang awalnya mereka tertarik jadi tiba-tiba mengurungkan niat.

Anggapan itu bisa dibilang ga sepenuhnya tepat. Dan perlu lo tahu, ternyata ada beberapa cara mudah dan murah buat memanjangkan rambut pria.

Cara ini dibagi dalam proses alami dan non alami. Nah gimana cara memanjangkan rambut pria tersebut? Apa aja bahan yang dibutuhkan? Berapa lama waktunya? Daripada lo penasaran, langsung aja simak penjelasan di bawah ini bro. Let’s see!

Cara Memanjangkan Rambut Pria Secara Alami

Cara pertama yang bisa lo coba yaitu pake bahan-bahan alami. Ga perlu khawatir, berbagai bahan alami ini mudah banget buat dicari dan harganya pun murah.

Kelebihan lain kalo lo pake bahan alami adalah meminimalisir efek samping yang mungkin timbul. Jadi, bisa dibilang kalo cara yang pertama ini adalah yang paling aman buat rambut lo.

Buat lebih jelasnya, langsung aja simak penjelasan cara memanjangankan rambut pria secara alami dalam poin-poin di bawah. Check this out!

1. Menggunakan Telur

Pakai telur untuk memanjangkan rambut
Sumber: Finecooking.com

Mungkin selama ini lo ga kepikiran kalo ternyata telur ayam bisa dimanfaatkan buat membantu pertumbuhan rambut. Dan ternyata, telur memang terbukti mengandung banyak protein dan mineral yang cocok dan aman buat diaplikasikan ke rambut.

Bagian telur yang bisa lo gunakan adalah kuningnya. Biar hasilnya lebih maksimal usahain buat milih telur ayam kampung.

Tapi kalo emang ga ada, telur ayam biasa pun juga boleh. Caranya gampang banget bro, langsung aja ambil satu butir telur dan pisahkan bagian kuningnya.

Kocok kuning telur ini sampe bener-bener merata. Setelah itu, oleskan ke rambut bagian pangkal dan luar secara merata.

Jika sudah, diamkan dulu kurang lebih 30 menit sampai mengering. Lo juga bisa pake shower cap selama proses ini biar ga ada partikel lain yang masuk.

Langkah terakhir, tinggal bilas pakai shampo hingga bersih. Supaya bau amis kuning telur cepat hilang, bisa juga lo tambahin conditioner.

Follow Instagram Mas Kulin

Dan biar hasilnya maksimal, ulangi proses di atas 2-3 kali dalam seminggu. Cara ini sudah banyak diterapkan oleh sebagian pria dan sukses membuat rambut mereka tumbuh lebih cepat dari biasanya.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya untuk memanjangkan rambut
Sumber: americanschoolofnaturalhealth.com

Dari dulu, lidah buaya udah banyak dimanfaatkan sebagai nutrisi alami rambut. Maka dari itu, banyak merk shampo yang menggunakan ekstrak lidah buaya di produk mereka.

Nah, bahan alami yang satu ini juga sangat cocok kalo lo pake buat membantu pertumbuhan rambut. Tapi bukan dengan shampo, melainkan lo gunakan gel lidah buaya dari daunnya secara langsung.

Caranya, ambil daun lidah buaya segar dan potong jadi beberapa bagian. Kumpulkan gel dalam wadah sampai kira-kira cukup buat meng-cover seluruh bagian rambut.

Abis itu, oleskan gel lidah buaya tersebut ke bagian rambut secara merata dan diamkan selama 60 menit biar nutrisinya meresap sempurna. Kalo udah, bilas pakai shampo biar rambut ga lengket.

Proses ini bisa lo lakukan setiap hari, paling baik adalah pas mandi sore. Selain mendorong pertumbuhannya lebih cepat, rambut lo juga akan semakin sehat dan tidak kering kalo rutin pake cara ini.

3. Menggunakan Santan

Cara memanjangkan rambut pria - pakai Santan
Sumber: mybalancemeals.com

Siapa sangka santan yang identik sama bahan masakan ternyata juga bisa lo manfaatkan buat membantu proses pertumbuhan rambut. Kalo pengen nyoba, langsung aja siapkan kelapa yang sudah diparut ditambah air bersih.

Kemudian peras parutan kelapa sampe terkumpul santan dalam jumlah yang cukup. Kalo udah, oleskan santan tersebut ke seluruh bagian rambut lo dan usap secara merata.

Biarkan sementara waktu santan kering, sekitar 20-30 menit. Langkah terakhir tinggal bilas rambut dengan shampo sampe bersih.

Cara ini relatif murah dan bahannya pun sangat mudah buat lo cari. Buat hasil terbaik, lakukan secara rutin dengan interval 2-3 kali seminggu.

4. Menggunakan Minyak Zaitun

Pakai minyak zaitun untuk memanjangkan rambut
confectionerynews.com

Selain lidah buaya, minyak zaitun juga udah dimanfaatkan sebagai nutrisi rambut sejak dulu. Bahan alami yang satu ini dikenal mampu menyuburkan rambut pria bahkan sering digunakan sebagai penangkal kebotakan.

Ini memang karena minyak zaitun mengandung zat-zat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Cara pakenya, tuang minyak zaitun secukupnya ke telapak tangan dan oleskan secara menyeluruh ke seluruh bagian rambut.

Diamkan kurang lebih 30 menit. Sama seperti bahan alami lain, jika sudah bilas dengan shampo dan tinggal keringkan rambut.

Cek juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Mudah Buat Pria

 

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Non Alami

Selain bahan alami lo juga bisa menggunakan bahan non alami buat membantu pertumbuhan rambut. Atau bisa juga lo kombinasikan keduanya untuk hasil yang lebih cepat.

Tenang aja, bahan-bahan yang bakal gw jelasin ini sudah teruji kualitasnya sehingga aman buat dipake. Bahkan, sebagian pria yang sudah mencoba sukses memanjangkan rambut sesuai batas yang diinginkan cuma dalam hitungan minggu.

Biar lo ga makin penasaran, langsung aja ikuti pembahasan cara memanjangkan rambut pria dengan bahan non alami berikut ini. Sikat bro!

1. Mengkonsumsi Suplemen

Suplemen pemanjang rambut
Sumber: healthlines.com

Cara pertama yang bisa lo coba adalah mengkonsumsi suplemen tambahan. Konsep dasarnya, jika tubuh lo kekurangan vitamin dan nutrisi, maka proses produksi dan pertumbuhan rambut juga ga akan maksimal.

Maka dari itu, penting buat memastikan tubuh lo punya nutrisi yang cukup. Disini, lo bisa mengkonsumsi asupan nutrisi dan vitamin tambahan melalui suplemen makanan sehari-hari.

Pilih suplemen yang mengandung omega-3 dan omega-6. Atau sebagai variasi, bisa juga mengkonsumsi suplemen dengan kandungan zinc, vitamin B5, dan vitamin D.

Zat-zat tersebut sudah teruji kilnis dan terbukti mampu meningkatkan kekuatan serta daya tahan rambut. Ditambah lagi, kandungan zinc juga bisa mencegah dan mengatasi masalah yang sering dialami pria gondrong, yaitu kerontokan rambut.

2. Mengkonsumsi Biotin

Biotin untuk kesehatan rambut
Sumber: hbfit.com

Biotin sering disebut juga dengan vitamin B7. Jenis vitamin ini penting buat menjaga kesehatan rambut pria.

Contoh efek buruk kalo tubuh lo kekurangan biotin adalah punya rambut dan kuku yang rapuh. Jadi, biotin efektif banget buat menguatkan daya tahan rambut sehingga ga gampang patah atau bercabang.

Selain itu, lo juga bisa pake biotin buat membantu proses memanjangkan rambut. Caranya adalah mengkonsumsi biotin dengan takaran 500-700 mg tiap hari.

Lakukan proses ini selama beberapa bulan, sambil tetep lo perhatikan perubahannya. Para ahli menyarankan waktu yang ideal buat mengkonsumsi biotin sekitar 3 bulan.

Jadi, ada 2 efek positif yang bisa lo dapet sekaligus dari biotin ini. Selain pertumbuhan rambut makin cepat, rambut lo juga semakin kuat dan terjaga kesehatannya.

3. Memakai Obat Rambut

Obat rambut
Sumber: coolmenshair.com

Obat rambut dibagi jadi 2 yaitu obat minum dan obat oles. Umumnya, kedua jenis obat ini sering dipake para pria buat mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan dini.

Pada dasarnya cara kerja obat ini adalah merangsang pertumbuhan rambut. Jadi lo juga bisa gunakan buat membantu proses memanjangkan rambut dengan cepat.

Contoh obat yang bisa lo pilih adalah propecia dan minoxidil 5%. Propecia adalah obat berbentuk pil yang bisa lo konsumsi dengan resep dokter.

Obat ini efektif mencegah berkembangnya hormon yang bisa bikin kebotakan sehingga pertumbuhan rambut ga keganggu. Kemudian untuk minoxidil, ini adalah jenis obat rambut oles yang sebenarnya sudah cukup populer di kalangan para pria.

Sebelum pake minoxidil, pastikan dulu rambut dan kulit kepala kering. Abis itu, oleskan merata ke kulit kepala sambil lo pijat pelan.

Buat dapet hasil maksimal, rambut lo jangan langsung dibilas. Sebaiknya, jaga rambut lo ga kena air sekitar 4 jam biar kandungan obat meresap sempurna.

Cek juga: Inspirasi Gaya Rambut Pria Korea Paling Keren

 

Menjaga Rambut Panjang Pria

Kalo lo udah coba cara-cara di atas dan sukses mendapatkan rambut panjang yang lo inginkan, maka selanjutnya tinggal menjaga rambut biar tetap sehat dan ga muncul problem baru.

Perlu lo tahu, treatment rambut panjang dan pendek bagi pria umumnya ga sama. Ini karena rambut panjang biasanya punya lebih banyak detail penting yang harus diperhatikan.

Karena faktor ini, mungkin ada sebagian pria yang beranggapan kalau menjaga rambut panjang itu prosesnya ribet dan buang-buang waktu. Padahal sebenarnya caranya cukup gampang dan praktis aja.

Dan gimana cara menjaga rambut panjang pria tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Rutin Keramas

Keramas secara rutin
Sumber: mensopedia.com

Saat punya rambut pendek, mungkin lo cuma keramas seminggu sekali. Tapi kalo rambut panjang lo pengen terawat baik, maka keramas adalah hal yang mesti rutin dilakukan.

Yang paling baik adalah keramas tiap hari, terlebih kalo rambut lo memang termasuk jenis berminyak. Tapi kalo lo emang ga ada waktu, 2 hari sekali juga masih aman.

Sebelum mulai keramas, sisir dulu rambut pelan-pelan dari atas ke bawah dan pastikan gak ada bagian yang kusut. Jangan terburu-buru membilas, ratakan dulu busa shampo dari kulit kepala sampai ujung rambut bagian bawah.

Kunci utama rambut panjang pria biar tetap sehat adalah menjaganya tetap lembab dan ga terlalu kering. Dan buat menjaga kelembaban ini, semakin baik kalo lo tambahin conditioner tiap kali selesai keramas.

2. Mengeringkan Rambut Dengan Benar

Rajin mengeringkan rambut
Sumber: allthingshair.com

Sebagian pria mungkin kurang ngeh sama faktor ini. Padahal, kalau cuma asal-asalan ngeringin rambut justru bisa berakibat fatal.

Cara yang paling umum digunakan adalah menggosok rambut basah pake handuk. Perlu lo tahu, cara ini harus dihindari karena bisa bikin rambut panjang lo kusut dan bercabang.

Solusinya, setelah keramas biarkan dulu volume air di rambut berkurang secara alami. Kalo udah, baru usap perlahan rambut lo dari atas ke bawah pake handuk kering.

Lo juga sebaiknya ga terlalu sering menggunakan hair dryer buat mengeringkan rambut. Ini karena panas yang keluar bisa bikin rambut panjang lo malah jadi rusak dan terlalu kering.

3. Memotong Ujung Rambut

Potong ujung rambut
Sumber: victorybarber.com

Bisa dibilang masalah utama rambut panjang pria adalah kusut dan bercabang. Dan untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan cara rutin memotong ujung rambut.

Paling tidak, sebulan sekali atau maksimal 2 bulan lo sebaiknya pergi ke barbershop untuk memotong beberapa cm ujung rambut. Dengan cara ini, lo bisa efektif mencegah potensi rambut bercabang.

Di barbershop, lo juga bisa minta hair stylist buat sekalian nambah vitamin rambut. Dengan begini, rambut panjang lo akan mendapat nutrisi yang cukup sehingga kesehatannya lebih terjaga.

Cek juga: Inspirasi Model Rambut Panjang Pria Paling Keren

Nah itulah ulasan mengenai berbagai cara memanjangkan rambut pria yang pastinya gampang untuk lo coba dari sekarang bro.

Punya rambut lebat dan panjang itu enak untuk lo modifikasi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan rambut lo ya. Kalau misalkan rambut lo banyak ketombe karena jarang terawat, yang ada malah orang-orang di sekitar lo pada ngejauh 🙁

Bicara soal ketombe, lo bisa cek artikel gw di sini tentang cara membasmi ketombe secara alami dan pastinya aman.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara memanjangkan rambut pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *