Lifestyle

7 Cara Gampang Pesan Hotel Murah

Pria di Ranjang Hotel

Adakah di antara lo yang sudah mulai merencanakan liburan dari jauh hari?

Biarpun musim liburan sudah berakhir saat artikel ini naik, membuat perencanaan liburan panjang dari jauh hari itu penting bro.

Teman gw saja sudah ancang-ancang membuat itinerary untuk pergi liburan ke India akhir tahun depan lho dari sekarang 🙂 Lagipula, perencanaan liburan itu salah satu bagian yang menyenangkan dari liburan itu sendiri. Tul gak?

Berhubung gw juga sedang merencanakan liburan untuk tahun depan, gw ingin sharing tips terkait cara pesan hotel yang bisa memberikan lo harga lebih murah dari biasanya.

Hotel atau akomodasi merupakan salah satu komponen biaya terpenting dari itinerary traveling dan liburan ke luar kota. Jadi kalau lo ingin tetap merasakan pengalaman menginap di hotel dan biayanya bisa dihemat, kenapa enggak?

Tips ini diambil dari pengalaman pribadi maupun teman gw yang doyan traveling. Semoga cukup membantu ya.

Cara Pesan Hotel Murah

Sebenarnya ada segudang cara untuk memesan hotel dengan biaya di bawah harga standar bro. Namun, gak semuanya dilakukan saat detik-detik pemesanan hotelnya.

Berikut ini ada tujuh cara yang menurut gw paling efektif supaya mengurangi biaya pemesanan hotel yang bisa lo coba, baik untuk hotel dalam maupun luar negeri.

1. Gunakan Airmiles Point

Kartu Kredit untuk Airmiles Points

Airmiles point merupakan semacam loyaty point yang diberikan kepada pengguna kartu kredit atau jasa layanan penerbangan tertentu.

Buat lo yang lumayan sering menggunakan kartu kredit untuk alat transaksi, gak ada salahnya untuk apply kartu kredit yang punya fasilitas airmiles point.

Gak semua jenis kartu kredit punya fitur tersebut, jadi cek di situs bank yang terkait atau tanya langsung ke orang sales-nya bro.

Nah sedangkan buat lo yang dari lubuk hatinya memang doyan dan sering traveling, sebaiknya daftar menjadi anggota loyalty point
di maskapai penerbangan favorit lo.

Biasanya poin-poin di atas dapat ditukar menjadi voucher diskon penginapan bro, baik itu dalam maupun luar negeri. Lumayan banget buat memotong biaya akomodasi 🙂

2. Pilih Hotel Bisnis atau Hotel Umum?

Penginapan berupa Hotel Bisnis

Apakah lo tahu bahwa hotel sebenarnya dibedakan menjadi hotel untuk keperluan bisnis dan hotel untuk keperluan turis berlibur?

Hotel bisnis biasanya memiliki fasilitas yang seadanya saja (tapi bukan minimalis), seperti kolam renang yang tidak begitu besar dibandingkan hotel turis.

Hal ini dikarenakan hotel bisnis lebih diperuntukkan bagi para businessman yang melakukan perjalanan dinas dan butuh tempat menginap. Biasanya hotel hanya dijadikan tempat persinggahan saja untuk istirahat sejenak, jadi memang tidak membutuhkan banyak fasilitas.

Hotel bisnis memiliki tarif yang lebih mahal pada hari kerja (Minggu malam hingga Kamis malam), sedangkan hotel umum atau hotel turis mahal pada akhir pekan (Jumat malam hingga Sabtu malam) dan musim libur panjang.

Supaya lebih hemat, pilihlah jenis hotel yang lebih murah pada hari lo traveling: Menginap di hotel bisnis saat akhir pekan, dan sebaliknya di hotel turis saat hari kerja.

3. Pesan untuk Jumlah Hari yang Lama

Pemesanan Hotel dalam Jangka Waktu Panjang

Sebagian hotel memberikan tarif yang lebih murah saat lo memesan kamar dalam jumlah hari yang panjang.

Hal ini terjadi karena aktivitas penggantian penyewa kamar hotel sebenarnya menimbulkan biaya persiapan kamar baru dari sudut pandang manajemen hotel.

Pada saat satu kamar dipesan dalam jangka waktu yang panjang, biaya tersebut tidak akan timbul terlalu sering, sehingga tarif pemesanan kamar juga bisa dikurangi.

Beberapa hotel memberikan tarif khusus untuk pemesanan kamar per minggu dan per bulan dengan tarif per hari yang jauh lebih murah dibandingkan pemesanan jangka pendek, oleh sebab alasan yang dijelaskan sebelumnya bro.

4. Tanyakan Langsung ke Pihak Hotel

Menelepon Langsung ke Pihak Hotel

Jika lo ingin menginap di hotel tertentu namun tidak menemukan adanya potongan harga saat memesan, maka lo bisa coba menelepon langsung pihak hotel untuk menanyakan promo.

Terkadang, tidak semua potongan harga maupun promo ditampilkan di situs pemesanan hotel, jadi cara ini juga cukup efektif untuk mengetahui kalau-kalau ada promo tersembunyi atau promo baru yang belum sempat diumumkan.

Oh ya bro, kalau lo ingin menginap dalam jangka waktu yang panjang, cara ini juga bisa digunakan untuk menanyakan kemungkinan pemberian potongan harga.

5. Lakukan Check-in di Hari H

Check in Hotel langsung di Hari H

Bagi lo yang berani ambil risiko, lo bisa pesan hotel langsung saat hari H bro.

Biasanya hotel akan memberikan diskon untuk jenis-jenis kamar tertentu yang masih kosong, sebab mereka tentu ingin kamarnya ada yang menempati.

Terkadang kalau bukan potongan diskon, pihak hotel akan menawarkan tambahan fasilitas atau upgrade tipe kamar yang lebih bagus dengan harga yang setara tipe di bawahnya bro.

Cara ini agak berisiko karena kalau lo gak ketemu hotel yang mau memberikan potongan harga, berarti siap-siap menyewa kamar dengan harga normal, atau ya tidur di luar 🙁

6. Beli Pemesanan dari Orang Lain

Sepakat beli Pesanan dari Teman atau Traveler Lain

Sama seperti orang yang batal menonton di bioskop sehingga menjual tiketnya lebih murah ke orang lain, banyak juga traveler yang harus membatalkan pesanannya karena alasan tertentu dan berniat menjual pesanannya lebih murah.

Ini bisa terjadi kalau hotel yang bersangkutan menerapkan kebijakan half refund atau no refund (tidak akan mengembalikan dana pemesanan, baik sebagian atau seluruhnya).

Untuk menemukan traveler yang mau menjual pemesanannya, lo bisa coba bergabung dengan grup atau komunitas traveler. Kalau hoki, bisa jadi ada anggota keluarga atau teman yang mau menjual pemesanan hotel mereka.

Jadi, gak ada salahnya sih ikut bergabung ke grup WhatsApp keluarga dan kantor 🙂

Satu saran tambahan, pastikan lo bertanya dengan lengkap untuk syarat dan ketentuan pemindahan identitas pemesan ya.

7. Manfaatkan Promo dari Platform Pencarian Hotel

Pesan Hotel Murah dengan Promo di Aplikasi Pegipegi
Contoh promo di dalam aplikasi pencarian hotel

Salah satu cara andalan gw yang paling efektif adalah memanfaatkan promo yang ada di platform pencarian hotel.

Cara ini berguna banget karena meskipun hotel yang bersangkutan tidak memiliki program diskon sama sekali, lo tetap bisa memanfaatkan promo dari platform tersebut.

Keuntungan tambahan dari penggunaan platform pencarian hotel adalah lo bisa dengan mudah menemukan tipe hotel yang sesuai dengan lokasi dan kebutuhan lo. Ini berguna banget kalau lo sama sekali gak tahu hotel apa yang tepat untuk dijadikan tempat penginapan di tempat tujuan lo.

Salah satu platform yang sering gw pakai adalah Pegipegi, soalnya mereka punya aplikasi sendiri. Jadi gw bisa booking hotel dengan gampang langsung di aplikasinya bro.

Pengalaman Memesan Hotel Menggunakan Aplikasi Pegipegi

Saat gw bertanya ke teman-teman gw, mereka biasanya memesan hotel langsung atau menggunakan situs pemesanan hotel. Belum terlalu banyak yang melakukan pemesanan hotel dengan menggunakan aplikasi langsung.

Nah, jadinya kali ini gw akan share pengalaman gw booking hotel dengan aplikasi Pegipegi kemarin. Screenshot yang gw sajikan di bawah merupakan ilustrasi cara memesannya saja ya, soalnya dulu waktu booking gak gw simpan langkah-langkahnya 🙂

Pilih tanggal booking hotel di Pegipegi
Pilih tanggal booking hotel di Pegipegi
Pilih lokasi dan jumlah kamar yang dibutuhkan
Pilih lokasi dan jumlah kamar yang dibutuhkan

Tahun lalu, gw bersama keluarga gw berencana pergi menginap di Jakarta karena ada salah satu anggota keluarga besar yang mau menikah.

Awalnya kita sekeluarga berniat pulang pergi di hari yang sama dari Bandung. Namun setelah diskusi panjang, akhirnya kami memutuskan untuk menyewa hotel yang memiliki fasilitas kolam renang dan pastinya harus ada Wi-Fi supaya gw bisa tetap update blog ini.

Saat itu, gw sudah punya aplikasi Pegipegi.

Yang gw lakukan pertama adalah mengecek dulu promo apa saja yang ada di sana, supaya gw bisa menggunakan promo yang cocok untuk perjalanan ini.

Kebetulan waktu itu ada promo Agustusan juga (mirip seperti yang tampil di screenshot di poin 7 pada bagian sebelumnya). Jadilah gw bersemangat mencari hotel yang pas untuk bisa menggunakan promo tersebut.

Gunakan filter kebutuhan di Pegipegi
Manfaatkan fitur filter seperti range budget, tipe fasilitas, dan sebagainya
Pilih hotel di Pegipegi
Cari hotel yang kira-kira sesuai berdasarkan filter sebelumnya
Periksa lokasi hotel di pegipegi
Periksa lokasi hotel maupun tempat penting di sekitarnya
Booking hotel di Pegipegi
Silahkan cek ulang sebelum memesan hotel
Promo di aplikasi Pegipegi
Cek promo dan gunakan kode voucher saat proses pembayaran

Nah, di Pegipegi untungnya ada fitur filter fasilitas hotel yang lumayan lengkap. Jadi tanpa banyak pikir panjang, gw menggunakan filter tersebut dan akhirnya mendapatkan hotel di pusat kota Jakarta dengan fasilitas yang pas, yaitu Grand Hyatt.

Selesai kondangan yang diadakan di siang hari, gw dan keluarga bisa melepas lelah di kolam renang hotel. Pemandangannya bagus banget bro pas sore hari. Gw merasa beruntung bisa menemukan tempat ini berkat filter dan pencarian hotel yang tepat di aplikasi ini 🙂

Pemandangan Hotel Grand Hyatt Jakarta
Ini lho pemandangan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Bagus ya kolamnya 🙂 [Sumber: Dokumentasi Pribadi]

Nah itulah berbagai tips mengenai cara pesan hotel murah yang bisa lo coba praktekkan dari sekarang untuk merencanakan liburan nanti.

Pastikan juga bahwa lo memesan hotel yang memang tepat dan sesuai dengan budget liburan dan lokasi-lokasi yang akan lo kunjungi di tempat tujuan traveling atau liburan lo ya. Kan sayang juga kalau lo menghemat biaya hotel tapi malah menambah drastis biaya transportasi 🙁

Khusus buat lo yang memilih berlibur di dalam kota, jangan lupa cek juga tulisan gw mengenai tips berlibur di dalam kota. Oh ya, liburan dalam kota tetap bisa menggunakan hotel agar suasana liburan lebih terasa lho. Ini pernah gw lakukan bersama teman-teman gw dulu banget waktu masih di Jakarta 🙂

Jika lo punya pertanyaan atau tips lain seputar cara pesan hotel murah, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

2 thoughts on “7 Cara Gampang Pesan Hotel Murah”

    1. Sama-sama bro. Memang kalau ada kode promo paling mujarab sih buat pesan hotel dengan murah 🙂 Mampir-mampir lagi ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *