Fashion

Cara Berpakaian untuk Pria Tinggi yang Mudah Diterapkan Sehari-hari

Cara Berpakaian untuk Pria Tinggi

Hai bro, apakah lo memiliki ukuran tubuh yang tergolong tinggi? Penasaran bagaimana cara berpakaian untuk pria tinggi yang sebaiknya lo terapkan sehari-hari?

Memiliki postur tubuh tinggi sudah pasti menjadi dambaan kebanyakan pria. Alasan utama tinggi badan diatas rata-rata disukai lantaran terlihat lebih keren. Bahkan, sebuah survei sederhana yang beredar di internet mengatakan jika pria jangkung lebih percaya diri.

Apakah lo salah satunya? Terlepas survei tersebut memiliki kebenaran atau tidak, gw menemukan sejumlah problem
yang kerap dihadapkan hanya untuk cowok berpostur tubuh tinggi.

Misalnya, sulit untuk mencari ukuran baju yang pas. Bukan karena kekecilan melainkan ukuran pakaian dan celana sering lebih pendek dari panjang lengan atau kaki. Alhasil jika gagal memadu padankan pakaian membuat postur tubuh terlihat kurang seimbang.

Lantas bagaimana supaya lo bisa menyiasati gaya berpakaian untuk orang tinggi agar terlihat menarik dan seimbang? So, make sure if you read this an article until the end. Dari sini, lo bakal memperoleh informasi lengkap seputar fashion bagi pria bertubuh tinggi. Check this out!

 

Cara Berpakaian untuk Pria Tinggi yang Disarankan

Seperti biasa, yang namanya membahas gaya berpakaian akan terbagi menjadi do and don’t. Sebaiknya gw membahas terlebih dahulu apa saja style fashion yang disarankan. Fashion untuk lo yang bertubuh jangkung juga perlu menyesuaikan dengan bentuk tubuh bro.

Oleh sebab itu, daripada lo mengalami bencana fashion, lebih baik kenali terlebih dahulu tipe tubuh sendiri. Postur tubuh buat mereka yang jangkung terbagi menjadi beberapa tipe. Diantaranya adalah tinggi kurus, tinggi atletis, dan tinggi besar.

 

Gaya Fashion untuk Tinggi Kurus

Cara Berpakaian untuk Pria Tinggi Kurus

Buat lo yang tipe badannya ini, sebaiknya menyiapkan beberapa item layaknya jaket, rompi, kemeja kotak kecil, kemeja garis horisontal, mantel puffer, kaos bertekstur dan sweater.

Lo bisa memanfaatkan item tersebut untuk membuat style pakaian berlapis. Tampilan pakaian berlapis bisa menghilangkan kesan vertikal yang tegas pada tubuh.

Mengenakan pakaian ber-layer juga dapat membuat bobot tubuh terlihat berisi. Tentunya bukan sekedar ditumpuk ya bro. Manfaatkan kemeja berlengan panjang dan paduan sweater. Pastikan jika warna kemeja dan sweater masih dalam satu kelompok kombinasi warna, seperti warna navi cocok dikombinasikan dengan warna abu-abu gelap.

Jaket juga dapat lo pergunakan mengubah tampilan tinggi kurus menjadi lebih proporsional. Jaket parka sangat cocok lo pakai dalam acara formal maupun kasual. Sebaiknya, warna outerwear atau luaran jangan mencolok. Pilih warna hangat dan gelap sehingga lebih mengangkat kesan macho pada pria.

Ide mengenakan pakaian ber-layer mampu menekan bentuk tubuh yang terlalu kurus. Usahakan untuk lo memilih item fashion tambahan yang natural. Setidaknya, berikan ruang untuk tubuh bisa bergerak lebih nyaman saat beraktifitas.

Jaket double breasted sempurna membalut tubuh pria tinggi nan kurus. Bagi lo yang belum familiar dengan tampilannya, jaket ini menitikberatkan tambahan potongan pada bagian bahu sehingga membingkai tubuh bagian atas terlihat lebih besar.

Gw sarankan untuk tidak memilih celana dari bahan yang terlalu kontras, termasuk menghindari lebar kaki celana yang menyempit alias skinny. Tujuannya supaya postur tubuh lo tidak menyerupai flamingo, bro.

 

Gaya Fashion untuk Tinggi Atletis

Gaya Berpakaian untuk Pria Tinggi Atletis

Sejauh yang gw ketahui, orang atletis lebih memilih memakai kemeja berukuran slim fit atau muscle fit untuk mereka yang otot bisepnya besar. Kemeja model slim fit memang mampu menonjolkan otot-otot atletis yang terbentuk hasil nge-gym atau olahraga. Tetapi bisa berbeda ceritanya jika dikenakan buat lo yang memiliki postur tubuh jangkung.

Alih-alih kemeja pas di badan yang terjadi justru bisa sebaliknya. Bukan hanya terlihat kecil melainkan juga menjadi kependekan, tentu gak nyaman dilihat kan bro bila memakai kemeja dengan lengan yang pendek. Akhirnya solusi datang pada pilihan kemeja regular fit.

Sepanjang pengetahuan yang gw kumpulkan tentang kemeja satu ini, regular fit sangat cocok buat lo yang ingin menonjolkan keatletisan tubuh tanpa khawatir lengan pakaian terlalu pendek. Model pakaian regular fit cukup sering dipergunakan mereka yang berprofesi sebagai polisi atau militer.

Follow Instagram Mas Kulin

Yup, sekali lagi, bila lo tidak dapat menemukan ukuran muscle fit, maka gunakanlah regular fit.

Bagi lo yang menyukai memakai dasi sebagai pelengkap penampilan. Pasti pernah mengeluhkan ukuran dasi yang terlalu pendek. Ketimbang mengecilkan simpul dasi dan membuat tampilan kurang outstanding, lebih baik secara khusus membeli dasi dari toko yang memproduksi ukuran panjang dasi bagi pria tinggi.

 

Gaya Fashion untuk Tinggi Besar

Tips Berpakaian untuk Pria Tinggi Besar

Bagi lo dengan tubuh tinggi dan memiliki ukuran gempal atau besar, gw sarankan membeli celana jeans dengan gaya ala penyanyi hip hop yang menyukai potongan longgar. Sebaiknya, jangan membuat celana menggantung terlalu rendah dari pinggang. Manfaatkan fungsi ikat pinggang untuk menghasilkan siluet tubuh proporsional.

Celana dengan bentuk potongan kaki lebar menyeimbangkan bagian atas tubuh lo yang berisi. Tidak harus kotak atau melebar seperti ekor ikan duyung bro. Lo bisa memilih potongan bagian bawah celana standar layaknya celana chino dan sejenisnya.

Pilih juga warna atau material bahan sabuk yang netral. Meskipun lo ingin bermain pada siluet postur tubuh, bukan berarti ide yang bagus mengenakan warna-warna mencolok pada ikat pinggang. Sabuk hanya membantu memberi kesan bentuk tubuh dan bukan item fashion utama yang perlu lo tonjolkan.

Sempurnakan tampilan lo dengan mengarahkan fokus pada alas kaki. Memilih sepatu dengan material keras justru membuat lo seperti melakukan cosplay sebagai badut 🙁 Sneakers untuk acara kasual dengan sol standar gw rasa merupakan pilihan yang tepat.

Untuk acara formal, sepatu dengan material klasik seperti kulit dan suede akan cocok melengkapi penampilan lo. Sepatu jenis Oxfords atau Derby akan cocok buat lo, di mana aksen tali membuat sepasang sepatu terlihat elegan.

 

Cek juga: Kenali Berbagai Ukuran Baju Pria di Sini

 

Cara Berpakaian yang Tidak Disarankan untuk Orang Tinggi

Jika tadi gw sudah membahas apa saja gaya berpakaian yang bisa menunjang penampilan, maka sekarang giliran gw membagi informasi seputar gaya berpakaian yang tidak disarankan. Simak langsung di bawah ini bro.

 

1. Menampilkan Mata Kaki

Pernahkah lo melihat gaya berpakaian yang menampilkan mata kaki? Misalnya, di film atau seri barat yang pernah lo tonton?

Gaya berpakaian tersebut membuat mereka mengenakan celana dengan potongan menggantung. Gaya tersebut bisa menjadi bencana fashion bagi lo yang berpostur jangkung dan kurus. Kesan celana yang kependekan justru membuat tubuh lo akan terlihat lebih tinggi dari aslinya.

Lupakan juga ide memadukan celana berpotongan menggantung dengan kaus kaki over the calf alias di atas betis. Pasalnya, gaya demikian justru membuat kali lo terlihat lebih kecil.

Itulah mengapa di awal gw selalu menyarankan celana dengan potongan lebar. Tujuannya agar celana mampu menutup hingga mata kaki.

 

2. Memakai Kemeja atau Kaos Bermotif Vertikal

Garis vertikal yang memanjang dan tegas hanya membuat tubuh lo terlihat lebih panjang. Terlebih lagi jika motif vertikal bergaris tebal bro.

Motif jenis ini akan semakin mempertegas jika postur tubuh lo tinggi dan juga kurus. Apabila lo merupakan orang yang menyukai motif garis-garis, maka gw sarankan untuk membeli kemeja atau kaos dengan garis-garis kecil dan halus.

Sebagai tambahan, motif horizontal juga tidak disarankan kalau tubuh lo sudah berisi atau gempal. Nanti tubuh lo akan terlihat makin gempal bro 🙁

 

3. Kemeja Terlalu Banyak Kancing

Terlalu banyak kancing pada kemeja justru mempertegas postur tubuh lo yang jangkung. Usahakan bila kancing pada pakaian tidak terlihat mencolok.

Lo bisa memilih model pakaian dengan letak kancing yang tersembunyi. Alternatif lain, gunakanlah kaos berkerah yang jumlah kancingnya sedikit bila lo tidak sedang menghadiri acara formal.

 

4. Mengenakan Celana Pendek dan Kemeja Pendek Bersamaan

Jika lo ingin tubuh jangkung terlihat lebih proporsional, hindari mengenakan celana pendek dengan pakaian berlengan pendek secara bersamaan.

Gw sarankan agar lo memadukan celana pendek dengan kaos atau kemeja berlengan sesiku. Lo juga dapat memilih celana panjang ¾ dengan paduan kaos berlengan pendek.

 

5. Memakai Celana di Bawah Pinggang

Celana yang berpotongan terlalu di bawah pinggang dan melintang justru mengesankan tubuh lo layaknya bambu yang menjulang. Itulah mengapa gw sebelumnya menyarankan menambahkan sabuk guna menciptakan siluet tubuh yang lebih proporsional bro.

 

6. Memakai Luaran Berbahan Padat

Luaran padat biasanya mudah lo temukan pada jas formal berwarna hitam. Tampilan yang monoton tanpa motif dan satu warna akan terlihat membosankan.

Bila lo tidak sedang menghadiri acara dengan dress code tertentu, sebaiknya padukan pakaian dengan luaran menggunakan kombinasi warna dan bahan yang ringan.

 

Cek juga: Kesalahan-Kesalahan Umum yang Dilakukan Pria Saat Berpakaian

 

Item Fashion yang Wajib Dimiliki

Buat lo yang ingin terus terlihat bergaya tapi enggan keluar budget besar, gw punya rekomendasi item fashion yang wajib dimiliki. Asalkan cermat dalam mengkombinasikan pakaian, maka penampilan lo yang berbadan tinggi ini tidak akan pernah membosankan bro.

 

1. Celana Jeans

Supaya terlihat berbeda, lo bisa membeli celana jeans dengan detail robekan pada beberapa bagian. Bahkan, lo bisa juga berkreasi dengan memanfaatkan celana jeans lama untuk dirobek sendiri.

Sebaiknya, pilihlah warna-warna seperti biru gelap, hitam atau abu-abu. Celana jeans bagi pria tinggi akan terlihat stylish ketika dikombinasikan dengan sneakers bro.

 

2. Sneakers

Sneakers merupakan item fashion wajib yang perlu lo miliki karena kehadirannya dapat menyempurnakan tampilan lo saat berbusana.

Idealnya, pilihlah sneakers yang tak lekang oleh zaman bermodel minimalis. Coba pilih sepatu dengan warna netral supaya lebih mudah lo kombinasikan dengan item fashion lain.

 

3. Kaos Polos

Kaos polos bisa lo andalkan ketika lo sedang gak punya mood untuk mencari ide gaya berpakaian yang pas. Tentunya carilah yang pas di ukuran tubuh lo sesuai saran gw sebelumnya.

Supaya terlihat lebih keren, lo juga bisa mengkombinasikan kaos polos dengan layer jaket, kemeja atau bahkan hanya dikenakan bersama celana chino.

 

4. Sweater

Sweater juga item fashion wajib yang lo wajib punya bro.

Sebagai pria berbadan tinggi, sweater tidak pernah gagal menyelamatkan penampilan lo. Sweater basic dapat dikombinasikan pada tampilan kasual, semi formal ataupun formal.

Bagi lo yang tinggi kurus, gw sarankan menggunakan sweater yang bertekstur dan berwarna cerah agar tubuh lo terlihat berisi.

 

Cek juga: Berbagai Jenis Kemeja Pria yang Perlu Lo Ketahui

 

Gaya Selebritas Bertubuh Tinggi

Bila lo ingin mencari figur publik yang bisa dicontek gaya berpakaiannya, maka lo bisa melihat beberapa contohnya di bawah ini.

 

1. Liam Hemsworth – Tinggi 191 cm

Aktor Pria Tinggi - Liam Hemsworth
Sumber: stylebistro.com

Liam Hemsworth yang merupakan adik pemeran Thor di MCU ini menyukai tampilan kasual yang terkesan sporty. Lo bisa contek gayanya yang memadukan jaket bomber dengan kaos polos. Terlihat sempurna saat memakai sepasang sneakers. Kaos polos juga berhasil menjadi stunningketika dipadukan dengan kemeja kotak-kotak.

Alih-alih beraktivitas menggunakan celana jeans atau katun, Liam juga kece badai saat mengenakan celana training. Lengkapi gaya lo dengan memakai jaket berbahan denim. Dijamin deh, meski sederhana lo tetap terlihat bergaya.

 

2. Jacob Elordi – Tinggi 193 cm

Gaya berpakaian Aktor Pria Tinggi - Jacob Elordi
Sumber: Pinterest.com

Jacob merupakan aktor asal Australia kelahiran tahun 1997. Dirinya terlihat fashionable dengan memadukan atasan berwarna gelap dan celana jeans. Penampilannya makin sempurna dengan aksesoris kepala berupa topi baseball.

Ingin sesekali terlihat santai ala bintang Hollywood? Lo juga bisa mencoba memadukan sweater almamater kampus dengan bawahan trousers alias celana panjang berwarna hitam dan sneakers.

 

3. Alexander Skarsgard – Tinggi 194 cm

Tips Berpakaian dari Artis Pria Tinggi - Alexander Skarsgard
Sumber: Pinterest.com

Alex lebih menyukai gaya polos tanpa motif pada pakaian yang ia kenakan. Pilihan warna netral tidak terlihat membosankan. Gayanya semakin terlihat sempurna oleh boots kulit. Lo bisa mencoba gaya ini saat pergi hangout dengan teman-teman.

Gaya berpakaian lainya yang gw yakin tidak lekang oleh zaman adalah denim. Rupanya, gaya tersebut juga diterapkan oleh Alexander Skarsgard. Ia terkadang mengkombinasikan kemeja denim dengan celana hitam berbahan katun.

 

Cek juga: Tips Memulai Investasi Sneakers Bagi Pemula

 

Nah itulah ulasan mengenai cara berpakaian untuk pria tinggi yang gampang banget untuk lo perhatikan sehari-hari.

Jika lo perhatikan baik-baik, maka bentuk tubuh lo memang sangat berpengaruh terhadap gaya berpakaian yang lo sebaiknya kenakan. Begitu lo menerapkan tips berpakaian yang pas, maka penampilan lo bisa menjadi super kece bro.

Bagi lo yang punya bentuk tubuh lain, silakan cek kumpulan tipsnya di sini ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar scrub wajah pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

 

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *