Fashion

#FashionHack – 10 Cara Berpakaian Pria Kurus agar Terlihat Berisi dan Keren!

Tips Berpakaian Pria Kurus

“Cuy, lo kok kurusan sekarang? Udah kurus malah diet ya?”, merupakan ejekan seorang teman Mas Kulin baru-baru ini ke teman kantor yang memang dasarnya sudah kurus, makin terlihat kurus lagi karena bajunya. Baju? Yup, lo gak salah dengar.

Baju yang dikenakan seseorang sangat mempengaruhi impresi orang lain terhadap penampilan si pemakai. Orang kurus bisa terlihat makin kurus, orang atletis bisa terlihat kurus, atau orang gemuk bisa terlihat seperti gajah. Semuanya dapat dipengaruhi oleh baju yang dikenakan.

Apakah lo merupakan salah satu pria kurus di dunia ini? Nah, lo yang sedang membaca tulisan ini pastinya sedang mencari cara berpakaian pria kurus agar terlihat berisi dan kalau bisa tampak atletis. Memang gak sampai seperti Arnold Schwarzenegger atau Ade Ray sih, tapi lumayan bro untuk menghilangkan impresi badan lo kurus kering di mata gebetan atau teman-teman lo.

(Catatan: Bagi lo yang justru merupakan pria gemuk atau punya teman gemuk, cek cara berpakaian pria gemuk agar terlihat kurus dan menarik di sini)

 

Hal yang Harus Dihindari Saat Memilih Pakaian untuk Pria Kurus

Hindari Cara Berpakaian Seperti Ini Bagi Orang Kurus

Sebelum masuk ke tips dan trik berpakaian, ada kemungkinan lo sedang tidak memiliki style yang tepat saat lo sedang membaca artikel ini. Bagi lo yang malas atau memang belum bisa menerapkan beberapa trik berpakaian yang akan Mas Kulin jelaskan di sesi berikutnya, cobalah untuk menghindari dulu beberapa hal ini:

 

1. Hindari Menggunakan Warna Gelap

Tahukah lo bahwa warna gelap menciptakan kesan ‘kosong’? Oleh karena itu, warna gelap ini akan tepat saat lo ingin terlihat lebih kurus, bukan sebaliknya. Hindari menggunakan kaos atau kemeja berwarna hitam, biru donker, atau coklat gelap. Bagi lo pecinta warna gelap atau monochrome, baca tipsnya di poin tentang layering ya.

 

2. Hindari Pakaian Ketat

Pakaian ketat bisa memberikan kesan seksi dan macho kalau lo punya badan yang bagus dan six-pack. Bagaimana kalau badan lo kurus? Yang ada, lo akan terlihat seperti lidi sapu karena bentuk tubuh lo yang kurus jadi terlihat jelas. Jangan gunakan baju ketat atau kekecilan karena lo akan makin cungkring atau pendek bro. Untuk alasan ini, celana skinny alias celana pensil merupakan celana yang sebaiknya lo hindari.

 

3. Hindari Pakaian Kebesaran

Sebagian orang kurus mungkin berpikir untuk menggunakan pakaian yang longgar atau oversized shirts. Kecuali lo mau fashion show untuk street style, penggunaan baju yang kebesaran sangat tidak disarankan bro dalam aktivitas sehari-hari. Perbedaan volume baju dan tubuh lo akan terlihat jelas sehingga malah mempertegas kesan tubuh lo kurus.

 

Trik Berpakaian Pria Kurus Agar Tampak Macho!

Nah sekarang kita masuk ke bagian terpenting, yaitu bagaimana cara berpakaian orang kurus agar terlihat gemuk, berisi, atau macho. Tidak semuanya harus lo praktekkan sekaligus bro, dan tidak semuanya merupakan kebalikan dari trik berpakaian orang gemuk agar terlihat lebih langsing. Lo bisa gunakan common sense saat memilih fashion item yang cocok untuk tubuh lo sesuai saran-saran di bawah:

 

1. Gunakan Baju Berwarna Terang

Tips Berpakaian Pria Kurus agar Tampak Berisi - Gunakan Baju Warna Cerah

Seperti yang sudah disinggung di sesi sebelumnya, warna gelap memberikan kesan lebih kurus. Sebaliknya, warna terang justru memberikan kesan lebih berisi. Untuk memanfaatkan tips ini, lo bisa gunakan kaos atau kemeja berwarna putih, kuning, atau biru terang dengan motif polos atau graphic tee.

 

2. Gunakan Baju dengan Ukuran Slim Fit

Cara Berpakaian Pria Kurus agar Terlihat Gemuk - Gunakan Baju Slim Fit

Ukuran baju yang terlalu ketat maupun kebesaran bukanlah ukuran yang tepat bagi lo yang punya badan kurus. Baju yang lo kenakan sebaiknya yang berukuran ngepas atau Slim Fit karena torso atau dada lo akan terlihat lebih pas dan tegap. Lo bisa coba cek di tag baju yang akan lo beli ataupun di label baju tersebut untuk melihat apakah baju yang akan lo beli termasuk Slim Fit atau gak.

 

3. Pakai Kemeja Lengan Panjang

Pakai Kemeja Lengan Panjang

Kemeja lengan panjang dapat menyamarkan bentuk tubuh lo yang sebenarnya. Namun lo perlu ingat bahwa kemeja yang lo kenakan jangan sampai kebesaran atau kedodoran karena akan membuat proporsi badan lo terlihat aneh, atau malah seperti anak-anak.

Cek juga: Inspirasi Berpakaian yang Cocok untuk Interview Kerja bagi Milenial!

 

4. Pakai Dalaman

Pakai Dalaman untuk Menambah Volume Tubuh
via aliexpress.com

Dalaman atau kaos dalam memang kadang suka diabaikan oleh sebagian pria karena dianggap membuat gerah. Bagi lo yang kurus, mungkin bisa mulai mempertimbangkan untuk mengenakannya. Selain menghangatkan tubuh, dalaman juga dapat berfungsi memberikan ‘volume’ kepada tubuh lo. Kalau tempat kerja lo dingin atau lo senang pergi ke tempat yang dingin, gak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri pakai dalaman bro.

 

5. Pilih Motif Garis Horizontal atau Kotak-Kotak

Pilih Motif Kotak untuk Pria Kurus agar Terlihat Lebih Berisi

Motif pakaian juga dapat memberikan impresi yang berbeda kepada orang yang melihatnya. Motif garis horizontal berfungsi untuk menambah ‘volume’ tubuh, sedangkan vertikal kebalikannya. Satu lagi motif garis yang bisa lo coba adalah kotak-kotak berukuran sedang. Motif ini juga memberikan kesan tubuh lo lebih berisi.

 

6. Manfaatkan Teknik Layering

Pakai Baju Berlapis untuk Menambah Volume Tubuh

Dalam dunia fashion, teknik layering merupakan teknik menggunakan pakaian beberapa lapis yang membuat tubuh lo terlihat lebih berisi dan keren. Ada dua patokan utamanya:

  1. Gunakan pakaian yang tipis untuk melekat langsung di badan lalu disusul dengan yang lebih tebal.
  2. Gunakan warna yang komplementer agar tidak terkesan ‘nabrak’ atau ‘norak’. Kalau lo bingung untuk color matching, gunakan satu warna yang senada (misal: kaos hijau muda dengan blazer hijau tua).

Ketika lo menggunakan pakaian berlapis, volume tubuh lo sudah terlihat lebih berisi. Oleh karena itu, lo bisa memilih menggunakan warna gelap atau monochrome.

 

7. Gunakan Kerah Bulat atau Kerah Tegak

Gunakan Kerah Tegak

Satu hal penting bagi pria berbadan kurus adalah menghindari tereksposnya permukaan tubuh yang makin membuat lo terlihat kurus. Oleh karena itu, jangan menggunakan baju berkerah longgar atau V-Neck karena tonjolan tulang leher lo akan terlihat jelas dan memperkuat kesan kurus.

Ada dua alternatif untuk leher. Pertama, lo bisa menggunakan kerah yang memperlihatkan leher secara proporsional, yaitu kerah bulat. Kedua, lo bisa menggunakan baju dengan kerah tegak (turtle neck) untuk memberi kesan leher yang kokoh dan tegap. Atau kalau lo gak pede, tutupi leher lo dengan syal atau kerah jaket.

 

8. Gunakan Baju dengan Lengan yang Ngepas

Pilih Lengan Baju yang Pas agar Tidak Tampak Kurus
via artofmanliness.com

Bagi penyuka kaos (baik T-Shirt maupun Polo Shirt), selain warna dan motif, ada satu lagi yang perlu lo perhatikan. Bagian lengan bajunya jangan sampai terlalu besar. Inilah salah satu bagian penyebab utama yang dapat menghancurkan impresi badan normal lo kalau sampai lo lalai.

Lengan baju yang longgar memberi kesan lengan badan lo kurang berisi. Ini juga sering menjadi kesalahan berpakaian bagi mereka yang justru punya badan fit sehingga mengesankan badan mereka kurus. Sebagai tips tambahan, lo bisa sedikit menggulung lengan baju lo agar mengesankan lengan yang lebih berisi. Kalau digulung sampai ke ketiak gak ada efeknya bro 🙂

 

9. Pilih Baju dengan Bahan Bertekstur

Pilih Baju Bertekstur Denim ataupun Kasar

Perhatikan deh kenapa orang yang menggunakan jaket denim tampak lebih keren dan berisi. Baju dengan bahan tertentu akan ‘menambah berat’ lo di mata orang yang melihat. Baju dengan tekstur yang terlihat agak kasar seperti denim dan wol mampu memberikan ilusi ini.

 

10. Pakai Aksesoris yang Ukurannya Pas

Gunakan Aksesoris yang Pas

Selain baju yang lo kenakan, ada satu hal penting lain yang tidak bisa diabaikan. Aksesoris seperti jam tangan, ikat pinggang, atau gelang yang lo gunakan sebaiknya berukuran pas. Jika ukuran aksesoris terlalu besar, tubuh lo justru akan memberikan impresi kecil dan kurus bro.

Cek juga: Berbagai Jenis Jam Tangan Pria untuk Memaksimalkan Kegantengan Lo!

 

Sudah Siapkah Lo Tampil Kece Sekarang Meski Berbadan Kurus?

Kalau lo sudah mengikuti berbagai tips di atas, atau setidaknya menghindari beberapa poin yang dijelaskan di awal, lo bisa mulai tampil lebih percaya diri meski punya badan kurus. Solusi permanen adalah lo melakukan bulking, tapi itu akan butuh waktu, usaha, dan niat yang kuat. Bisa jadi karena sibuk kerja atau memang belum ada budget, lo gak bisa melakukan bulking saat ini.

Nah, buat lo yang memang belum sempat bulking, jangan ragu untuk lakukan berbagai tips di atas supaya lo bisa tetap tampil kece tanpa melakukan bulking. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

4 thoughts on “#FashionHack – 10 Cara Berpakaian Pria Kurus agar Terlihat Berisi dan Keren!”

  1. Artikelnya bagus bro, lumayan jadi menambah pengetahuan buat gw yang kurus ini. Gw baru sadar soal lengan baju, gak kepikiran kemarin. Terima kasih banyak.

    1. Sama-sama bro. Jangan lupa di-share ke teman-teman lain yang berbadan kurus juga biar tampil lebih kece 🙂

  2. Artikelnya keren dan bermanfaat, apalagi untuk ane yang tidak punya fashion sense sama sekali. Baca-baca tulisan di blog ini bikin ane terinspirasi untuk bebenah diri lebih baik. Thanks

    1. Sama-sama bro Zul 🙂 Senang kalau bisa membuat diri lo terinspirasi. Buktikan bahwa pria juga bisa berpenampilan baik sehari-hari bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *