Lifestyle

10 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula dengan Gampang

Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Hai bro, sejauh apa lo menguasai bahasa Inggris? Apalah lo penasaran untuk mengetahui cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa dilakukan dengan mudah?

Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar di kurikulum internasional. Selain itu, bahasa ini merupakan bahasa ‘termudah’ yang dapat lo gunakan di seluruh penjuru dunia.

Cukup dengan modal satu bahasa ini, lo sudah bisa mengunjungi sebagian besar tempat di dunia ini dan berinteraksi dengan para penduduknya. Enak kan?

Nah, tidak semua orang sudah lahir dengan mengenyam pendidikan yang cukup untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, ada juga orang-orang yang mungkin awalnya tidak begitu berminat mempelajari bahasa Inggris namun sekarang baru merasa membutuhkannya.

Apakah lo ingin mengetahui cara belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang bisa diterapkan dengan cepat? Yuk, geser perlahan ke bawah dan selamat membaca.

 

Mengapa Bahasa Inggris Itu Penting Dipelajari?

Semakin hari, semakin terlihat juga bahwa bahasa Inggris ini diperlukan dalam komunikasi sehari-hari. Ketika lo berbicara dengan teman, melihat update di medsos, atau notifikasi dari aplikasi belanja, maka ada kemungkinan bahasa Inggris tercampur dalam komunikasi tersebut.

Masih merasa kalau bahasa Inggris itu tidak penting? Nah, kali ini gw coba jabarkan beberapa alasan yang gw pribadi alami ya di bawah ini.

 

1. Berguna dalam Dunia Kerja

Indonesia bukan negara tertutup, bro. Banyak banget orang asing yang bekerja di perusahaan lokal ataupun mendirikan cabang perusahaannya di sini.

Walaupun bukan dimiliki oleh orang asing, terkadang perusahaan atau bisnis kita suatu saat akan berhubungan dengan orang di luar negara kita. Apalagi, kalau kita ingin melebarkan sayap bisnis ke luar negeri. Sangat mungkin kita akan berhubungan dengan orang luar dalam pekerjaan kita.

Gw sendiri pernah berkomunikasi dengan orang luar dalam rangka pekerjaan sekalipun perusahaan tempat gw bekerja adalah perusahaan lokal. Kalau gw sama sekali gak paham bahasa Inggris, pastinya akan menyulitkan rekan kerja yang lain bro.

Oleh karena itu, wajar juga bila lo banyak menemukan lowongan kerja yang mensyaratkan pelamarnya memahami bahasa Inggris. Setidaknya, bahasa Inggris pasif juga tidak apa-apa bro.

 

2. Komunikasi dengan Klien

Gw punya beberapa pekerjaan sampingan, seperti ngeblog dan freelance. Terkadang, gw mendapat pesanan dari klien yang tidak bisa bicara bahasa Indonesia (atau hanya bisa sedikit).

Seandainya gw gak sama sekali gak paham bahasa Inggris, maka kesempatan gw untuk dapat duit akan melayang bro. Sayang, kan?

Klien di sini bisa juga diganti dengan calon pembeli atau rekan bisnis yang mungkin akan lo miliki. Setidaknya, bisa bahasa Inggris pasif akan sangat membantu dalam komunikasi.

 

3. Memperluas Wawasan

Gudang pengetahuan ternyata lebih banyak tersedia dalam bahasa Inggris, bro. Tampaknya, butuh waktu yang sangat lama sampai gudang pengetahuan berbahasa Indonesia bisa mengejar Inggris.

Contoh simpelnya nih, gw pernah mencoba mencari pembahasan lengkap tentang sesuatu dan menemukan artikelnya di Wikipedia. Biasanya, Wikipedia Indonesia gak selengkap yang versi Inggris. Akibatnya, gw lebih suka memilih untuk membuka yang versi Inggris.

Beberapa referensi artikel di blog ini juga gw ambil dari situs-situs berbahasa Inggris. Soalnya, tidak mudah mencari pembahasan yang lengkap di situs-situs berbahasa Indonesia 🙁

Follow Instagram Mas Kulin

Jadi, lo bisa memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris lo untuk mencari informasi yang lebih lengkap bila sulit menemukannya dari sumber informasi berbahasa Indonesia.

 

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Apakah lo sudah paham mengapa belajar Bahasa Inggris itu penting? Setidaknya, mulailah belajar untuk memahami yang dasar dulu bro 🙂

Nih, gw jabarkan beberapa cara mudah belajar bahasa Inggris bila lo masih awam dengan bahasa ini.

 

1. Mencatat Kata-Kata Bahasa Inggris yang Mudah dan Sering Didengar

Ini sebenarnya cara klasik untuk belajar bahasa apapun. Coba cari kata-kata yang sering banget digunakan dalam percakapan berbahasa Inggris sehari-hari.

Setiap hari, ulanglah beberapa kata yang sangar dasar seperti Hello
(halo), Good Morning (selamat pagi), Thank You (terima kasih), dan Goodbye (dadah). Lo bisa coba gugling untuk mencari kata-kata umum dan dasar lain yang sering dipakai.

 

2. Bermain Game Berbahasa Inggris

Ini salah satu cara favorit Mas Kulin. Waktu kecil, bahasa Inggris gw termasuk jelek bro. Untungnya, gw lumayan suka main game berjenis RPG (Role-Playing Game) yang memang banyak teksnya.

Perlahan-lahan, gw jadi mulai paham cerita di game tersebut karena gw membaca sambil membuka kamus. Memang sih saat itu belum 100% paham, tapi ini salah satu cara belajar yang paling seru buat gw.

 

3. Menonton Film Favorit dengan Subtitel Inggris Indonesia

Apakah lo demen nonton konten di YouTube? Atau mungkin, suka nonton film di Netflix?

Nah, coba deh tonton konten atau film favorit lo yang punya subtitel bahasa Inggris maupun Indonesia. Lo jadi bisa belajar sedikit-sedikit percakapan yang dilakukan untuk versi bahasa Inggrisnya.

Berhubung itu merupakan konten atau film favorit lo, maka kemungkinan lo akan lebih cepat menyerap percakapan bahasa Inggrisnya bro.

 

4. Dengarkan Musik Berbahasa Inggris

Buat lo yang suka mendengarkan musik berbahasa Inggris, coba deh putar ulang sambil membaca lirik. Sekalian, coba ikuti lagunya sambil menyanyi. Seru kan?

Khusus buat lo yang merasa sudah mahir, silahkan mencoba cara yang sama untuk musik rap. Banyak kata-kata bahasa Inggris slang di dalam lagu rap, jadi cara ini juga cocok buat lo yang ingin mengetahui kata-kata slang mereka.

 

5. Ajak Seorang Teman

Bila lo punya teman yang ingin belajar bahasa Inggris, maka cobalah mengajaknya belajar bersama. Lo bisa menerapkan cara-cara yang dijabarkan di artikel ini supaya belajarnya semakin seru.

Ketika lo dan dia sudah mulai lebih fasih, cobalah untuk berdialog dengan bahasa Inggris. Pelan-pelan saja, dan jangan mengejek berlebihan bila ucapannya masih belepotan atau banyak yang salah.

Jadikan proses belajar bersama ini menyenangkan bro 🙂

 

6. Traveling ke Negara Lain

Bagi lo yang punya duit atau tabungan dan berencana untuk pergi ke negara lain, inilah saat yang tepat. Jangan terlalu pasif di negara tujuan, cobalah mengajak bicara penduduk lain di sana.

Oh ya, yang gw maksud di sini bukan menemui orang random di jalan dan mengajak bicara dalam bahasa Inggris ya. Tapi, daripada lo membiarkan teman atau keluarga lo yang sudah fasih untuk bicara, cobalah beranikan diri untuk bertanya atau berinteraksi ala kadarnya saat diperlukan.

Gw pribadi merasa ini adalah salah satu cara tercepat untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris lo, terutama saat lo sudah punya basic ya.

 

7. Menulis Buku Harian

Bro, lo suka menulis buku harian alias diary? Gak perlu pakai buku catatan seperti jaman dulu, sekarang lo bisa mengunduh aplikasi buku harian di ponsel pintar lo.

Gw sendiri melakukan hal ini dan sebisa mungkin mencatat kejadian signifikan yang gw alami dengan bahasa Inggris. Gak perlu panjang-panjang dan gak usah malu, tuliskan saja isi hati lo apa adanya bro.

Toh, yang bisa melihat aplikasi buku harian ini hanya lo seorang :p

 

8. Berkomunikasi dengan Teman Online Berbahasa Inggris

Gw kebetulan menemukan aplikasi mencari teman online berbentuk seperti surat. Di sini, lo bisa mencari teman di luar Indonesia dan mengobrol dengan bahasa Inggris bro.

Mereka ramah-ramah kok, tinggal bilang saja kalau lo masih dalam proses belajar bahasa Inggris. Lo bahkan bisa minta diajari contoh dialog bahasa Inggris oleh mereka supaya langsung tahu seperti apa sih sebenarnya orang sana berbicara sehari-hari.

 

9. Mendengarkan Podcast

Apakah lo senang mendengarkan podcast? Sejak ngetren beberapa tahun yang lalu, channel podcast semakin menjamur di mana-mana.

Podcast sangat cocok untuk melatih kemampuan mendengar bahasa Inggris. Coba cari podcast yang membahas topik favorit lo dalam bahasa Inggris dan dengarkan dengan seksama. Lama kelamaan, lo akan dapat mendengar dan membedakan macam-macam aksen bahasa Inggris.

 

10. Kursus Bahasa Inggris

Cara terakhir yang juga merupakan cara klasik adalah mengambil kursus bahasa Inggris. Sekarang ini, sudah banyak tempat bimbingan yang mengajarkan bahasa Inggris dengan pengantar bahasa Indonesia.

Beberapa di antaranya bahkan memiliki guru native speaker yang dapat berbicara bahasa Indonesia. Kadang, mereka bisa diajak seru bercerita pengalaman di negara mereka berasal juga. Lumayan, kan 🙂

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai cara belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang gampang untuk dilakukan oleh siapapun.

Sebagai tips tambahan, pastikan agar lo belajar dengan konsisten bro. Kalau hanya sesekali saja, kemungkinannya kecil untuk lo akhirnya bisa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mantap.

Nah, bila lo sudah merasa lumayan mahir, cobalah untuk mengambil tes kemampuan bahasa Inggris yang mudah ditemukan di internet. Lo bisa mengukur sejauh apa lo berhasil mendalami bahasa Inggris sekaligus belajar lagi lebih dalam.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *