Lifestyle

5 Bisnis Online Terbaru yang Bisa Dilakukan Secara Sampingan

Bisnis Online Terbaru

Hai bro, apakah lo tertarik mencari tahu tentang bisnis online terbaru yang bisa lo lakukan di masa pandemi ini?

Susah-nya mencari pekerjaan di Indonesia tentu bukanlah hal yang asing didengar oleh para masyarakat. Setiap hari pasti ada saja ditemukan beberapa orang yang menganggur dan tidak mendapatkan pekerjaan.

Sempitnya lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu alasan banyak-nya pengangguran di sini.

Pada zaman sekarang ini, mencari pekerjaan sudah bukan lagi berdasarkan skill atau kemampuan seorang individu, melainkan kebanyakan berdasarkan dari koneksi teman maupun koneksi keluarga. Memang gak semua sih, tapi sebagian perusahaan masih seperti itu bro, terutama perusahaan keluarga.

Jika tidak memiliki koneksi, otomatis individu tersebut bisa dipastikan akan merasakan susah-nya mencari pekerjaan di negara tercinta. Duh, bikin pusing gak sih?

Pandemic COVID-19 Memperkecil Lapangan Pekerjaan

Gunakan masker selama di rumah

Pada saat tulisan ini diangkat, kita masih mengalami masa pandemi yang diakibatkan virus COVID-19.

Pandemi COVID-19 adalah salah satu pandemi darurat yang dialami oleh seluruh dunia. Setiap negara berusaha keras untuk menemukan Vaksin terbaik.

‘Berkat’ pandemi tersebut, mayoritas perusahaan yang berada di Indonesia terpaksa harus ditutup sampai batas waktu yang ditentukan. Lantas bagaimana dengan nasib para karyawan tersebut?

Kalau yang beruntung sih, masih ada yang masih bekerja di rumah alias Work From Home. Namun, banyak juga yang nasibnya kurang baik, seperti mengalami furlough (cuti dipaksa dan tidak dibayar) atau diputuskan hubungan kerjanya.

Teman gw sendiri banyak yang mengalami nasib serupa. Bila lo ada salah satunya, gw doakan semoga keadaan lo bisa segera pulih ya.

Cek juga: Rapid Test COVID Positif? Segera Lakukan Hal Ini

 

Lakukan Bisnis Online Terbaru Sebagai Persiapan

Contoh Bisnis Online Terbaru

Pada jaman sekarang, memiliki pemasukan sampingan selain dari pekerjaan utama merupakan hal yang sangat direkomendasikan bro. Berkat kemajuan jaman, berbagai pekerjaan sampingan tersebut kini hadir dalam bentuk bisnis online.

Gw sendiri sudah memulai bisnis online sejak beberapa tahun yang lalu, tepatnya saat blog ini dibuat. Dari blog ini, lumayan lah untuk gw mendapat tambahan duit jajan sehari-hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa bisnis online terbaru yang bisa lo lakukan sendiri tanpa perlu memerlukan modal yang cukup besar maupun koneksi yang kuat. Beberapa bisnis tersebut bahkan ada yang hampir tidak memerlukan modal (selain pulsa dan koneksi internet).

Silahkan cek mana yang sesuai kemampuan lo bro. Pastikan agar lo memilih yang tepat, karena konsistensi menjalankan bisnis tersebut sangat penting supaya bisnis lo akhirnya menghasilkan sesuatu 🙂

1. Content Writer (Penulis Konten)

Bisnis yang satu ini lebih mengarah kepada jasa yang diberikan untuk sebuah perusahaan maupun seorang individu yang membutuhkanya.

Untuk bisnis yang satu ini tidak dibutuhkan biaya sepeserpun. Lo hanya perlu mengasah skill atau teknik gaya menulis artikel yang baik. Semakin artikel lo terkenal, otomatis semakin banyak peluang lo untuk di-hire oleh perusahaan-perusahaan besar.

Follow Instagram Mas Kulin

Lo bisa mulai dengan mendaftar di berbagai platform pekerja lepas yang mudah ditemukan di Indonesia, misalnya Sribulancer atau Projects. Jangan lupa untuk mencantumkan contoh tulisan supaya kemungkinan di-hire semakin tinggi ya.

2. Fiction Content Creator (Pembuat Konten Fiksi)

Apakah lo senang menulis cerita misteri? Atau mungkin, lo senang membuat komik sederhana dengan tema komedi romantis?

Kalau dulu, penulis cerita atau pengarang komik mungkin tergolong profesi yang sulit ditekuni karena anggapan penghasilannya kecil. Selain itu, kesempatan untuk menerbitkan karya lo tergolong rendah karena harus bersaing dengan ribuan karya lain.

Sekarang, sudah banyak platform semacam Noveltoon atau Webtoon yang mengakomodir para pembuat konten fiksi tersebut. Lo bisa dapat duit dari chapter berbayar atau tip dari pembaca setia lo.

Gw sendiri baru membuat sebuah cerita misteri fantasi yang bisa lo baca di sini. Bila tertarik, jangan lupa untuk follow gw di halaman Karyakarsa gw ya untuk berbagai update seputar karya fiksi gw 🙂

3. Reseller (Menjual Barang Kembali)

Bisnis ini terkadang membutuhkan sebuah modal, namun terkadang juga tidak membutuhkan sebuah modal. Tapi, ini lumayan tergantung koneksi yang lo punya bro.

Bisnis yang satu ini bisa dibilang sangat mudah untuk dimulai dan dijalani. Lo hanya perlu mencari sebuah produsen barang apa saja yang bisa dijual kembali ke pasar. Salah satu yang bisa dicontohkan misalnya adalah barang “Handphone”.

Lo membeli handphone tersebut dengan harga IDR 1.000.000 Rupiah, lalu lo pasarkan lagi di platform penjualan online seperti Tokopedia atau Bukalapak dengan harga IDR 1.100.000 Rupiah. Di sini, lo sudah mendapatkan cuan (untung) sebesar IDR 100.000 Rupiah, kurang lebih seperti itu.

Bila lo tidak punya koneksi, coba cari platform toko online yang menyediakan fasilitas reseller (silahkan googling bro). Awalnya mungkin agak berat, tapi lo berpotensi sukses kalau barang yang lo jual laku banget.

Cek juga: Tips Penting Agar Kerja Dari Rumah Bisa Produktif

 

4. Influencer (Mempengaruhi Massa)

Bisnis ini sangat cocok dengan seorang individu yang suka dengan ketenaran. Apakah lo siap menjadi terkenal?

Karena seluruh bisnis tersebut menyangkut hubungan dengan kata “Tenar”. maka semakin orang tersebut tenar maka bisnisnya juga akan semakin berkembang pesat.

Channel yang digunakan influencer itu ada banyak macamnya bro, seperti blog, media sosial, ataupun media podcast. Saat lo menjadi influencer yang naik daun, banyak brand yang akan berbondong-bondong meminta meminta lo menjadi influencer mereka.

Ada lagi jenis influencer lain yang bisa dapat bayaran langsung dari platformnya, yaitu seorang YouTuber. Pembayaran dari pihak Youtube adalah berdasarkan berapa kali video lo di tonton dan berapa banyak subscribe yang dimiliki.

Jangan lupa untuk memastikan agar konten yang lo angkat berkualitas bro. Kalau lo jadi tenar tapi untuk hal yang negatif kan sama aja bohong ya 🙁

5. Sportsbook (Buku Perlombaan Olahraga)

Berbeda dengan berbagai bisnis online terbaru yang disebutkan sebelumnya, sportsbook membutuhkan modal awal yang tidak sedikit.

Meskipun bisnis live sbobet yang satu ini membutuhkan sebuah modal yang cukup banyak, tetapi jika bisnis ini berhasil tentu akan lebih menghasilkan dibandingkan dengan seluruh bisnis yang disebutkan.

Karena modal yang diberikan juga tidak kecil maka penghasilannya juga dipastikan melebihi ekspektasi pebisnis tersebut. Seperti kata pepatah, high risk = high return.

Hanya saja, gw sangat menyarankan untuk berhati-hati saat memilih bisnis yang satu ini. Kalau lo gak pandai melakukan analisa sportsbook, lebih baik mencoba bisnis online yang tidak memerlukan modal terlebih dahulu.

Cek juga: Rekomendasi Parfum Lokal Murah Berkualitas

Nah itulah ulasan mengenai berbagai macam bisnis online terbaru yang mungkin bisa membantu lo menambah penghasilan di masa pandemi.

Kalau lo serius menekuni berbagai bisnis online sampingan tersebut, bukan gak mungkin bisnis yang lo lakukan akan berubah menjadi bisnis utama lo bro. Kunci utamanya adalah persistensi, alias tidak mudah menyerah.

Setelah menghasilkan uang, jangan lupa untuk melakukan manajemen keuangan pribadi yang baik. Lo bisa cek tulisan gw di sini tentang tips mengatur keuangan bagi para milenial.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar bisnis online terbaru, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *