Fashion

7 Bentuk Tubuh Pria Beserta Tips Berpakaian Yang Pas

Bentuk Tubuh Pria

Hai bro, tahukah lo kalau bentuk tubuh pria dan wanita berbeda? Ya, itu jelas sih sebenarnya. Tapi, sadarkah lo kalau bentuk tubuh lo berpengaruh signifikan terhadap pakaian yang cocok buat tubuh lo?

Kebanyakan pria sering merasa kesulitan menentukan pakaian yang tepat dengan bentuk tubuh mereka. Padahal ada berbagai jenis pakaian tertentu yang bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh para pria.

Maka dari itu, ada baiknya untuk tau bentuk badan lo, jadi bisa gonta-ganti model baju yang sesuai dengan bentuk badan. Gak melulu cuman pake kaos aja, bro.

Jangan lupa juga kalau penampilan fisik bisa menjadi salah satu hal yang paling penting untuk membuat seseorang terkesan ketika pertama kali ketemu lo. Bisa jadi itu saat lo akan melakukan wawancara kerja, bertemu seorang wanita yang lo suka, atau menemui calon mertua lo kelak.

Yang sebaiknya lo ingat, penampilan fisik nggak melulu hanya tentang wajah ganteng yang sudah lahir dari sononya.

Cara berpakaian rapi yang serasi dan sesuai dengan postur tubuh akan membuat lo terlihat menawan dan elegan. Maka dari itu lo harus pintar-pintar menata diri dan tahu cara berpakaian yang benar.

 

Cara Mengenali Bentuk Tubuh Sendiri

Cara Mengenali Bentuk Tubuh Pria

Setiap pria memang dilahirkan dengan bentuk tubuh yang berbeda-beda dan faktanya ada 7 bentuk tubuh pria yang mesti lo tau. Tapi sebelum ke sana, ada baiknya lo tahu bagaimana cara untuk mengenali bentuk tubuh.

Berikut ini cara yang bisa lo lakukan, yaitu:

 

1. Lihat Penampakan Tubuh Lo di Depan Cermin.

Cara paling gampang untuk tau bagaimana bentuk tubuh lo, yaitu dengan bercermin di depan kaca.

Dari situ, lo bisa lihat bentuk tubuh secara keseluruhan. Misalnya, bentuk perut apakah buncit atau ramping, pinggang lo lebar atau kecil, bahu yang lebar dan tegas atau sebaliknya, hingga bagian tubuh lain seperti lengan dan paha.

 

2. Ukur Bagian Dada, Pinggang dan Pinggul.

Berikutnya, lo bisa ukur bagian tubuh yang biasanya cepat membesar mengikuti perubahan badan lo, seperti bagian dada, pinggang dan pinggul.

Ada baiknya lo melakukan ini secara berkala, jadi lo bisa melihat perbandingan ukuran pada ketiga bagian tubuh tersebut, apakah ukurannya bertambah atau malah mengecil.

 

Setelah lo mengetahui bentuk tubuh, maka lo bisa mencari jenis pakaian apa yang cocok dengan bentuk tubuh lo, bro. Jadi pas lo mau pergi untuk acara tertentu, lo gak bingung untuk memakai jenis pakaian lain.

Selain itu, lo juga jadi tau kapan saatnya lo harus diet dan olahraga ketika melihat bentuk badan lo sudah mulai membesar.

Badan besar memang tidak selalu buruk, tapi ketika ada bagian tubuh yang terlihat menggelambir, apa itu membuat lo tetap menjadi percaya diri?

 

Cek juga: Cara Berpakaian Simple Tapi Modis Buat Pria

 

Berbagai Jenis Bentuk Tubuh Pria

Pada dasarnya manusia diciptakan dengan bentuk tubuh yang berbeda-beda, baik itu pria dan wanita. Namun seiring berjalannya waktu dan usia, bentuk tubuh manusia juga bisa berubah. Tentunya banyak faktor yang melatarbelakanginya, seperti pola makan, kebiasaan sehari-hari, dan rutinitas olahraga.

Follow Instagram Mas Kulin

Nah, sekarang gw bakal memberitahu jenis bentuk tubuh pria yang sebaiknya lo ketahui, bro. Berikut 7 jenis bentuk tubuh pria, yaitu:

Jenis bentuk tubuh pria
Sumber: Pinterest

 

1. Bentuk Tubuh Buah Pir (Pear)

Sama seperti bagaimana bentuk buah pir, pria dengan bentuk tubuh seperti ini biasanya terlihat berisi di bagian tengah dan menyempit pada bagian bahu.

Jadi pria berbadan seperti buah pir pada umumnya memiliki bentuk perut dan panggul yang besar.

 

2. Bentuk Tubuh Tomat/Jeruk (Orange)

Jenis bentuk tubuh seperti ini biasanya banyak kamu lihat pada pria-pria Inggris yang berbadan gempal dengan pipi chubby.

Pada umumnya pria dengan bentuk tubuh seperti buah tomat sudah memiliki hormon obesitas yang menurun dari keluarganya.

 

3. Bentuk Tubuh Nacho

Pria dengan bentuk tubuh nacho, biasanya memiliki bahu yang lebar dengan pinggang ramping.

Biasanya mereka terlihat memiliki dada yang bidang. Tak hanya itu, bahu pria dengan bentuk tubuh begini biasanya terlihat padat dan berisi.

 

4. Bentuk Tubuh Mentimun (Cucumber)

Biasanya pria dengan bentuk tubuh mentimun memiliki bentuk tubuh yang lurus tanpa terlihat adanya lemak berlebih atau kelebihan berat badan.

Bentuk tubuh pria seperti ini bisa dikatakan bentuk tubuh yang proporsional, karena bentuk tubuh atas dan bawah tampak seimbang.

 

5. Bentuk Tubuh Kacang Panjang (String Bean)

Umumnya pria dengan tubuh kacang panjang memiliki badan kurus, tinggi dan ramping. Banyak pria lain yang iri dengan pria yang memiliki tipe tubuh pria seperti ini.

Namun sebenarnya pria dengan bentuk tubuh kacang panjang sering mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badan, walau porsi makan mereka sangatlah banyak.

 

6. Bentuk Tubuh Boneka Salju (Snowman)

Pria dengan bentuk tubuh seperti boneka salju biasanya memiliki perut dan dada yang bulat. Seringkali mereka yang bertubuh dengan bentuk begini terlihat gemuk pada seluruh bagian tubuh mereka.

 

7. Bentuk Tubuh Bidang (Brick)

Terakhir adalah bentuk tubuh yang paling diimpikan seluruh pria dan paling disukai kaum wanita, yaitu pria dengan bentuk tubuh bidang. Pria dengan bentuk tubuh seperti ini terlihat sporty, padat, dan tegap dengan bahu lebar.

Mereka dengan bentuk tubuh bidang biasanya terlihat berotot dan kekar. Lo mungkin sering melihat pria dengan tubuh seperti ini pada aktor-aktor di film Hollywood.

 

Cek juga: Bentuk Wajah Pria dan Model Rambut yang Pas untuk Tiap Bentuk Wajah

 

Tips Umum Berpakaian untuk Tiap Bentuk Tubuh Pria

Menurut psikolog dari Inggris, Roxana Rudzik-Shaw, tubuh setiap orang memang berbeda

Timbulnya rasa ketidakpuasan dengan bentuk tubuh seringkali menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Hal ini tidak selalu terjadi pada wanita, ya bro. Banyak juga lho pria yang menjadi tidak pede dengan bentuk tubuhnya.

Nah, fashion alias gaya berpakaian bisa membantu lo untuk membuat penampilan lo terlihat ‘enak’, asalkan sesuai dengan bentuk tubuh lo bro.

Senangnya berpakaian sesuai bentuk tubuh

Ingat ya bro, untuk bisa tampil menarik dan elegan tidak selalu harus dengan berpakaian mahal dan mewah. Dan untuk tampil gagah tidak hanya bisa dimiliki pria-pria berbadan tinggi, ramping dan proporsional saja.

Itu semua balik lagi pada bagaimana pinter-pinternya lo untuk memilih dan memadu-padankan pakaian yang serasi dengan postur tubuh lo.

Jika perlu, lo bisa menambahkan memakai aksesoris untuk makin tampil manly, seperti jam tangan, sunglasses ataupun topi. Pilih aksesoris dengan warna yang tidak mencolok untuk menambah kesan elegan dan mewah.

Nah, berikut ini gw bakal kasih tahu beberapa tips umum berpakaian yang disesuaikan dengan bentuk tubuh pria agar bisa tampil menarik dan elegan:

 

1. Bentuk Tubuh Buah Pir

Berpakaian untuk bentuk tubuh pria pir

Untuk pria dengan bentuk tubuh seperti ini, cara berpakaiannya bisa diakali dengan baju bermotif vertikal untuk menciptakan ilusi tubuh terlihat makin ramping dan proporsional. Pemilihan kombinasi warna lembut dan terang juga cocok untuk mempertegas postur tubuh.

Pria dengan postur tubuh menyerupai buah pir cocok dengan:

· Memakai baju yang sedikit longgar

· Memadukan kombinasi warna lembut dan terang sebagai atasan dan bawahan

· Memakai baju dengan motif vertikal

 

2. Bentuk Tubuh Tomat

Berpakaian untuk bentuk tubuh pria tomat jeruk

Pria dengan bentuk tubuh seperti ini sebaiknya jangan dulu khawatir tidak bisa bergaya dengan bermacam-macam jenis pakaian.

Sebenarnya ada beberapa jenis pakaian yang dapat menyembunyikan perut buncit dan membuat lo tetap bisa tampil gagah, seperti memakai:

· Pakaian berbahan lemas

· Pakaian berwarna gelap

· Memakai baju yang sedikit longgar

· Tidak memakai sweater turtle-necked

· Celana jeans dengan potongan lurus

 

3. Bentuk Tubuh Nacho

Berpakaian untuk bentuk tubuh pria nacho

Pemilihan baju atasan dengan ukuran medium dapat membuat bentuk bahu pria dengan bentuk tubuh seperti ini terlihat makin sempurna. Ditambah dengan memakai celana panjang skinny jeans untuk terlihat lebih macho.

Berikut pakaian yang cocok untuk pria dengan postur tubuh nacho, yaitu:

· Pakaian dengan ukuran medium

· Celana panjang skinny jeans

· Celana pendek selutut

 

4. Bentuk Tubuh Mentimun

Berpakaian untuk bentuk tubuh pria mentimun

Tidak semua orang cocok memakai baju slim fit, namun jenis baju dengan ukuran tersebut sangat pas untuk pria yang memiliki bentuk tubuh seperti mentimun. Pemilihan warna cerah seperti biru muda atau abu-abu akan memberikan ilusi badan terlihat lebih berisi.

Berikut pakaian yang cocok untuk pria dengan postur tubuh mentimun, yaitu:

· Pakaian slim fit

· Baju berwarna cerah

· Tidak memakai baju oversized

 

5. Bentuk Tubuh Kacang Panjang

Berpakaian untuk bentuk tubuh pria kacang panjang

Pria dengan bentuk tubuh seperti ini sebaiknya memilih pakaian yang tebal dan longgar dengan lengan panjang untuk menutupi postur tubuhnya yang kurus. Dengan memakai jaket atau jas, mereka akan terlihat tinggi, berisi dan gagah.

Berikut pakaian yang cocok untuk pria dengan postur tubuh kacang panjang, yaitu:

· Pakaian berbahan tebal dan berlengan panjang, seperti jaket, sweater, dan jas.

· Pakaian berwarna terang

· Celana panjang yang longgar

· Tidak memakai celana pensil atau slim fit

· Tidak memakai pakaian dengan motif garis vertikal

 

6. Bentuk Tubuh Boneka Salju

Berpakaian untuk bentuk tubuh pria snowman

Pria yang memiliki tubuh seperti boneka salju sebaiknya memakai baju dengan lengan panjang untuk menutupi lemak yang berlebih pada bagian lengan.

Berikut pakaian yang cocok untuk pria dengan postur tubuh seperti boneka salju, yaitu:

· Pakaian berlengan panjang, seperti kemeja.

· T-shirt atau kaos dengan ukuran sesuai dengan lebar bahu

· Celana panjang yang sesuai dengan tinggi badan

 

7. Bentuk Tubuh Bidang

Berpakaian untuk bentuk tubuh pria bidang

Pakaian yang berbahan ringan dan tidak terlalu tebal cocok digunakan untuk pria dengan bentuk tubuh yang bidang. Jenis pakaian tersebut sangat pas untuk memperlihatkan sosok pria terlihat gagah dengan lekuk tubuh yang padat dan berotot.

Sebaiknya tidak perlu menambahkan jas atau jaket, karena malah akan terlihat terlalu penuh seperti pria yang berbadan gemuk besar.

Berikut pakaian yang cocok untuk pria dengan postur tubuh bidang, yaitu:

· Pakaian dengan ukuran medium

· Pakaian yang ketat dan berbahan tipis

· Baju berbahan ringan yang tidak terlalu tebal, seperti kaos atau kemeja.

· Baju berwarna gelap, seperti hitam, biru tua atau cokelat tua.

· Celana jeans dengan potongan lurus dan berwarna gelap

· Tidak memakai pakaian dengan gambar atau corak yang penuh

 

Cek juga: Mending Clay Rambut atau Pomade ya?

 

Nah itulah ulasan mengenai berbagai bentuk tubuh pria serta tips umum berpakaian sesuai tiap bentuk tubuh.

Setelah tahu bentuk tubuh sendiri, gw pribadi merasa lebih mudah memilih pakaian yang pas buat gw sih bro. Duit gw gak kebuang buat beli model pakaian yang kelihatan keren tapi gak pas di badan gw.

Selain itu, hindari juga beberapa gaya berpakaian yang bisa bikin lo terlihat norak. Lo bisa cek di sini berbagai kesalahan berpakaian pria yang sering dilakukan.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar bentuk tubuh pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *