Grooming

Berbagai Bentuk Kumis Pria Paling Pas Buat Lo

Bentuk Kumis Pria

Bro, apakah lo merasa kalau beberapa tahun belakangan ini semakin banyak pria yang memelihara kumis dan jenggot?

Menurut lo, apa sih tujuan seorang pria memelihara rambut-rambut halus tersebut di wajah?

Dari yang gw lihat, memelihara kumis dan jenggot itu memiliki banyak tujuan. Ada yang supaya terlihat tampil beda, cuma coba-coba, atau malah ingin memikat hati wanita yang disukainya

Kesan macho, badboy, dewasa, funky, atau kesan-kesan lain pun bisa didapatkan lantaran kumis dan jenggot yang dipelihara.

Jadi lumayan jelas lha ya kalau kumis bisa mempengaruhi banget persepsi orang lain atas penampilan lo.

Oleh karena itu, pada tulisan kali ini gw akan membahas berbagai bentuk kumis pria yang umum dijumpai. Semoga bisa menjadi inspirasi ya bro

Model Kumis yang Umum Diketahui

Kalau lo ingin menumbuhkan kumis, penting buat lo tahu berbagai model kumis yang umum diketahui, bahkan oleh yang belum memelihara kumis.

Contoh bentuk kumis pria

Pertama, kumis tipis. Biasanya pria yang memiliki kumis tipis itu sering dikategorikan sebagai bad boy oleh wanita, terutama dari kawasan Asia Timur.

Wanita di sana beranggapan kalau kumis tipis itu membuat pria terlihat semakin tampan dan bisa meluluhkan hati mereka.

Selanjutnya, kumis dan jenggot yang terpisah. Kumis dan jenggot yang tumbuh dengan sendirinya, tanpa perawatan khusus, biasanya dimiliki oleh pria Asia. Para wanita memiliki kesan rebel atau pemberontak kepada pria yang memiliki kumis dan jenggot seperti ini.

Kesan berantakan yang muncul ini mengesankan kalau pria tidak ingin dikekang, sehingga para wanita akan lebih sulit menaklukkannya. Hal inilah yang membuat wanita tertarik untuk mendekati pria pemilik kumis ini.

Kumis Full Beard

Kumis tebal juga memiliki kesan mendalam bagi beberapa wanita. Wajah lo bakal kelihatan lebih serius kalau memiliki kumis tebal ini dan membuat penasaran bagi wanita yang tertarik sama lo.

Kalau lo memiliki kumis tebal, lo bakal kelihatan lebih dewasa dan berkarisma, lantaran ekspresi wajah yang lebih serius itu.

Lo juga pernah lihat kumis Pak Raden yang ada di film Si Unyil kan? Wajahnya terlihat garang dan menyeramkan, tetapi siapa yang tahu hati di dalamnya?

Ekspresi itu yang membuat wanita tertarik karena merasa terlindungi di balik kegarangan pria berkumis sangat lebat. Sikap lo yang bertolak belakang dengan penampilan kumis pun dianggap seksi bagi sebagian wanita.

Untuk yang pengen tampil beda, kumis artsy bisa jadi pilihan. Namun, hanya pria bernyali saja yang berani memperlihatkan tampilan seperti ini. Perawatannya juga nggak main-main.

Wanita yang tertarik pasti mempertimbangkan perawatan yang lo lakukan pada kumis seperti ini dan menganggap kalau lo peduli dengan penampilan dan merawat tubuh lo sebaik mungkin.

Follow Instagram Mas Kulin

Cek juga: Cara Menumbuhkan Brewok dengan Cepat!

Berbagai Bentuk Kumis dan Jenggot

Kumis dan jenggot tidak serta merta dibiarkan tumbuh begitu saja. Ada pula perawatan yang harus dilakukan, seperti merapikan dan membentuk kumis sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, gw berhasil mengumpulkan beberapa bentuk kumis dan jenggot buat referensi kita semua nih bro. Cek di bawah ya.

1. Chevron Look

Kumis Chevron Look Beckham

Pada periode 70-an hingga 80-an, model kumis chevron look sangat populer dan digemari. Hingga sekarang, masih ada juga yang memelihara model kumis seperti ini supaya penampilannya terlihat lebih dewasa.

Bagi lo yang pengen kumis bermodel lebar dan tebal di tengah seperti ini, lo bisa tiru David Beckham, mantan pesepakbola terkenal, yang juga pernah memelihara model kumis ini.

Perawatannya juga nggak sulit kok, lo cuma tinggal merapikan pinggirannya aja.

2. Goatee Look

Kumis Goatee

Kalau lo pengen nggak terlalu ribet memelihara kumis dan jenggot, lo bisa biarkan kumis dan jenggot lo tumbuh subur mengikuti bentuk wajah. Dengan merapikan sedikit, jadilah goatee look.

Model kumis yang populer di era 80-an dan 2010-an ini membutuhkan perawatan yang serius. Lo bisa konsultasi dengan pakar grooming kalau diperlukan.

Rapikan kumis dan jenggot di bagian pipi atau jambang, serta ujung-ujung jenggotnya supaya lebih indah dilihat.

3. American Look

Kumis American

Mirip dengan goatee look, lo hanya perlu melakukan penataan pada kumis dan jenggot supaya membentuk model American look. Biarkan kumis dan jenggot tumbuh alami.

Namun, kalau misalnya kumis dan jenggot lo sudah terlalu tebal, lo bisa potong di bagian bawah dagu ataupun bagian jenggotnya.

4. English Look

Kumis English

Lo yang pengen memiliki penampilan unik nan maskulin bisa coba model English look. Kalau lo pernah nonton film dengan setting British tempo dulu, itu model kumisnya.

Lo bisa biarin kumis tumbuh sedikit panjang, tapi nanti jangan lupa di bagian ujung sampingnya dibentuk ke atas. Rapikan kumis supaya lebih sedikit di bagian tengah terutama di atas bibir supaya penampilan bibir lo tidak terhalangi.

Nah, untuk di bagian jenggotnya bisa lo rapikan sesuai dengan bentuk wajah lo. Misalkan lo masih bingung, lo bisa datang ke salon ataupun pakar grooming bro.

5. Handlebar Look

Kumis Handlebar

Pernah lihat handle sepeda balap? Inspirasi model handlebar look dapat dari situ bro. Bentuk kumis yang sangat penuh tetapi ada tekukan di bagian ujungnya.

Model kumis ini juga mirip sekali dengan English look, tetapi jenggotnya lebih jarang dan tipis. Wanita pasti ada yang tertarik apabila lo memelihara kumis dan jenggot dengan model ini.

6. Pencil Look

Kumis Pencil Look Brad Pitt

Seperti namanya, kumis model pencil look ini sangat tipis seperti digambar dengan pensil, tetapi masih terlihat seperti kumis.

Kalau lo pengen memelihara kumis seperti ini, lo harus menumbuhkan rambut kumis sedikit sekali di atas bibir dan ada jarak di antara rambut kumis.

Kalau lo pernah lihat Brad Pitt dengan kumis tipisnya, itulah kumis model pencil look.

7. Painter Brush Look

Kumis Painter Brush Look Freddy Mercury

Kuas yang biasa dipakai pelukis jadi inspirasi penamaan model kumis ini. Bentuk kumis yang tebal dan ujungnya disejajarkan dengan ujung bibir ini memiliki bagian ujung yang tumpul dan sedikit bulat, tidak terlalu tajam seperti kumis lain.

Lo bisa memikat wanita yang lo suka dengan kumis model painter brush look ini, karena lo akan terlihat lebih dewasa dan matang apabila memakai kumis.

Meskipun begitu, kadang ada juga yang menganggap lo itu orang galak karena bentuk kumis yang membuat wajah lo terlihat serius.

Lihat contohnya di Freddie Mercury, vokalis Queen, yang memelihara painter brush look dan menjadi ciri khasnya.

8. Lampshade Look

Kumis Lampshade

Mirip sekali dengan painter brush look, model kumis lampshade look menekankan di panjang kumis yang sejajar dengan bibir. Hanya saja bagian ujungnya lebih runcing dan tajam, disesuaikan dengan bentuk wajah.

Model kumis inilah yang paling mudah diterapkan bro, karena hanya tinggal membiarkannya panjang dan merapikan di bagian ujung supaya tidak melewati garis bibir.

9. Stache and Stubble Look

Kumis Stache and StubbleKalau lo pengen pelihara kumis dan jenggot tapi nggak suka dengan yang model tebal, lo bisa coba pakai model stache and stubble look. Di Indonesia sendiri, model kumis ini yang paling sering diterapkan.

Perawatan dan penataannya juga mudah. Cukup tata bulu kumis dengan mengikuti alur bibir supaya terlihat rapi dan sesekali digunting apabila ada bulu kumis yang menjuntai.

Kalau ingin memelihara jenggot yang cocok, lo bisa tumbuhkan sedikit di bagian dagu supaya lebih kelihatan maskulin dan menawan.

10. Horseshoe Look

Kumis Horsehoe Look Hulk Hogan

Model kumis Horsehoe Look ini bisa dibilang paling unik apabila dibandingkan dengan yang lain. Bentuk kumis memanjang dari mulut sampai turun vertikal ke dagu yang membentuk tapal kuda.

Untuk mendapatkan bentuk kumis seperti itu, lo butuh menumbuhkan kumis dan jenggot seperti biasa.Namun saat sudah lebat, cukur jenggot sampai menyisakan bagian kiri dan kanan dagu yang memanjang menyatu dengan kumis.

Cek juga: Berbagai Model Rambut Pendek Pria Masa Kini

Bentuk Kumis dan Jenggot yang Cocok Sesuai Bentuk Wajah

Dari berbagai model di atas, lo mungkin masih ragu-ragu, apakah model kumisnya cocok dengan bentuk wajah lo.

Dari hasil riset yang gw lakukan, gw berkesimpulan kalau nggak semua model kumis dan jenggot itu cocok diterapkan di seluruh bentuk wajah. Memang ada, tapi hanya beberapa.

Silakan nikmati dengan membaca hasilnya di bawah.

1. Wajah Kotak

Kumis untuk Wajah Kotak

Garis rahang tajam dan dagu yang tidak terlalu panjang merupakan ciri pemilik wajah kotak. Lo bisa menumbuhkan jenggot lebih panjang di bagian dagu, tetapi bagian rahang tipis supaya bisa mendapat efek lebih lonjong.

Model Goatee ataupun stache and stubble bisa lo terapkan. Namun, jangan lupa untuk untuk merawatnya supaya wanita tertarik sama lo.

2. Wajah Bulat

Kumis untuk Wajah Bulat

Dengan tulang pipi yang lebar dan dagu yang tidak terlalu panjang, lo yang punya wajah bulat bisa cocok menumbuhkan kumis apabila memilih model goatee.

Alasannya, karena lo butuh model jenggot yang penuh dan panjang di bagian dagu supaya wajah lo tidak terlihat tambah bulat. Misalkan lo memelihara jenggot yang lebat ataupun kumis yang terlalu tebal, pipi lo akan terlihat lebih berisi.

3. Wajah Persegi

Kumis untuk Wajah Persegi

Buat lo yang memiliki wajah persegi dengan garis rahang tajam, lo bisa menumbuhkan kumis model full beard seperti Goatee look, American look, ataupun English look.

Dengan jenggot yang panjang di samping tetapi tidak terlalu panjang di bagian dagu, garis rahang lo nggak akan terlihat terlalu menonjol sehingga wajah tampak lebih halus.

4. Wajah Segitiga

Kumis untuk Wajah Segitiga

Kalau wajah lo memiliki garis rahang lebih lebar dari kening dan dagu lo nggak terlalu tajam, itu tandanya lo memiliki wajah segitiga.

Mirip seperti wajah persegi, lo cukup lebatkan jenggot di bagian samping wajah dan tipis di bagian dagu supaya rahang lo lebih tersamar bro. American look, Goatee look, ataupun English look juga jadi model kumis yang cocok untuk lo.

5. Wajah Berlian

Kumis untuk Wajah Diamond

Lo punya kening sempit dan rahang pipi tinggi tetapi tidak menonjol? Berarti lo punya wajah berbentuk berlian yang cocok dengan segala model kumis dan jenggot.

Buat menemukan yang pas, lo sebaiknya konsultasi dengan pakar grooming ataupun barber langganan untuk mendapat masukan tentang rambut wajah yang oke sesuai preferensi lo.

6. Wajah Oval

Kumis untuk Wajah Oval

Kalau lo punya wajah berbentuk oval dengan dagu yang halus dan rahang yang tidak menonjol, semua model kumis dan jenggot akan cocok buat lo, sama seperti pemilik wajah berbentuk berlian.

Lo bisa pilih sesuai selera lo, tetapi balik lagi, lo juga sebaiknya berdiskusi dengan barber langganan supaya bisa dicocokkan dengan yang lo mau.

Cek juga: Tips Membersihkan dan Merawat Sepatu Kulit Biar Kinclong Selalu

Nah itulah ulasan mengenai berbagai bentuk kumis pria sekaligus jenis yang pas sesuai dengan bentuk wajah lo.

Satu hal yang wajib lo ingat ketika memutuskan untuk punya kumis dan brewok adalah perawatan wajah lo yang pastinya lebih ribet bro, karena lo perlu mencukur dan mencucinya.

Keberadaan kumis dan jenggot berpotensi memberikan minyak tambahan yang menyebabkan lo makin mudah jerawatan (apalagi kalau tipe wajah dan rambut lo berminyak).

Pastikan lo mengikuti rutinitas perawatan wajah yang benar sesuai jenis kulit muka ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar bentuk kumis pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin

2 thoughts on “Berbagai Bentuk Kumis Pria Paling Pas Buat Lo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *