Grooming

Apakah Pomade Merusak Rambut Kita? Cek Tips Antisipasinya!

Apakah pomade merusak rambut

Bro, lo suka pakai pomade gak untuk beraktivitas sehari-hari?

Sekarang ini, produk styling rambut sudah bukan barang yang asing lagi untuk menambah gaya kaum pria sehari-hari.

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh selain wajah yang dilihat pertama kali saat berpapasan dengan orang lain. Oleh karena itu, gaya rambut yang tepat dapat meningkatkan kesan baik saat lo bertemu dengan orang lain bro.

Produk styling rambut sendiri ada banyak seperti wax, clay, paste, dan sebagainya. Namun, di tulisan kali ini gw akan membahas spesifik untuk pomade (Catatan: lo bisa cek perbedaan pomade dengan produk styling rambut lain di tulisan ini).

Pomade umumnya terbagi menjadi dua macam, yaitu oil-based pomade dan water-based pomade. Ada juga sih yang combination alias campuran keduanya.

Nah, ada beberapa orang (termasuk gw dulunya) yang suka nanya: Apakah pomade merusak rambut kita? Boleh gak sih pakai pomade setiap hari?

Silahkan geser ke bawah untuk mengetahui jawabannya bro.

Apakah Pomade Merusak Rambut Kita?

Pria berpikir Apakah Pomade merusak rambut kita

Secara singkatnya, pomade memang dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan tubuh secara negatif. Waduh 🙁

Berikut ini efek samping penggunaan pomade bagi rambut dan tubuh yang sebaiknya perlu lo ketahui dulu.

1. Pomade Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Bro, apakah lo mulai merasakan kerontokan rambut sejak pakai pomade?

Sebenarnya penyebab rambut rontok saat menggunakan pomade ini gak benar-benar dari pomade-nya langsung bro.

Contohnya, kalau lo terlalu sering menyisir rambut keras-keras setiap menggunakan pomade, maka rambut dapat mudah rontok (apalagi kalau rambut lo sudah tipis dan agak lemah dari sananya).

Selain itu, ada kemungkinan bahan tertentu pada pomade tidak cocok dengan rambut atau kulit kepala kita. Kalau lo merasa rambut lo menjadi rontok saat pakai pomade tertentu saja, bisa jadi lo alergi dengan bahan di dalamnya.

2. Pomade Bisa Membuat Lo Ketombean

Oil-based pomade mengandung minyak yang dapat menumpuk di kulit kepala, apalagi jika tipe rambut lo adalah rambut berminyak.

Jika lo tidak membersihkan sisa pomade dengan benar, maka gumpalan minyak berlebih ini dapat merusak kulit kepala dan menyebabkan ketombe banyak bermunculan.

Selain itu, minyak pada pomade menyebabkan debu dan kotoran di udara lebih mudah menempel pada rambut.

Kalau lo jarang membersihkan rambut saat pakai pomade, siap-siap deh itu ketombe bertaburan di mana-mana 🙁

3. Pomade Membuat Lo Jerawatan

Ini masih ada hubungannya dengan nomor sebelumnya bro.

Minyak berlebih pada rambut yang kemudian menempel pada kulit wajah bagian atas atau samping dapat memberikan tambahan lapisan minyak pada kulit wajah.

Nah ini bisa membuat jerawat makin mudah timbul, apalagi kalau tipe kulit wajah lo berminyak seperti gw 🙁

Selain masalah minyak, kemungkinan kandungan pomade gak cocok dengan kulit wajah lo juga masih ada bro (baik oil-based maupun water-based).

Jadi kalau lo merasa sudah menerapkan perawatan wajah yang benar namun masih mudah berjerawat, bisa jadi pomade yang lo pakai adalah penyebabnya.

4. Pomade Dapat Membuat Tubuh Merasa Mual

Nah, ini bisa terjadi pada pomade yang memiliki aroma tertentu bro.

Kalau lo gak cocok dengan aroma (atau bahan) tertentu pada pomade, maka yang akan terjadi adalah lo merasa pusing dan mual setiap menggunakan pomade tersebut.

Follow Instagram Mas Kulin

Sebaiknya lo hanya menggunakan sedikit saja pomade tersebut agar aromanya tidak sampai terlalu tercium oleh diri lo, atau cari alternatif pomade lain yang lebih pas dengan tubuh lo.

Cek Juga: Cegah Kerontokan Rambut Secara Alami di Sini!

Tips Merawat Rambut Bagi Pengguna Pomade

Oke, jadi pomade ternyata bisa merusak rambut kalau penggunaannya sembarangan seperti yang disinggung di atas.

Terus, apakah lo jadi serta merta harus berhenti menggunakan pomade? Yah, gak juga bro.

Kalau lo melakukan beberapa tips merawat rambut yang benar selama memakai pomade, lo gak perlu takut dengan efek samping di atas dan bisa tetap menggunakannya secara rutin kok..

1. Gunakan Jenis Pomade yang Tepat

Pemilihan jenis pomade dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit bro.

Oil-based pomade memberikan banyak minyak tambahan pada kulit kepala. Gunakan ini kalau lo banyak beraktivitas di luar ruangan agar tatanan rambut tidak mudah rusak di bawah terik matahari.

Namun, pastikan lo rajin bersih-bersih agar tambahan minyak tersebut tidak membuat lo ketombean atau jerawatan.

Water-based pomade memang cenderung lebih aman digunakan buat lo yang dari sananya sudah punya banyak minyak di rambut dan wajah (kaya gw).

Oh ya, water-based pomade juga lebih cocok untuk dipakai jika lo lebih sering beraktivitas di dalam ruangan.

2. Pakai Shampo Pembersih Pomade

Kalau lo suka pikir keramas pakai shampo biasa saja sudah cukup untuk membersihkan pomade, maka lo berpotensi mengalami berbagai efek samping di atas bro.

Ini berlaku terutama buat lo yang menggunakan oil-based pomade.

Buat lo yang sering pakai pomade jenis tersebut, penggunaan shampo biasa akan sulit menghilangkan sisa-sisa minyak pomade yang bersembunyi di sekitar akar rambut.

Solusinya adalah keramas menggunakan shampo yang memang digunakan untuk menghilangkan pomade dari rambut. Biasanya ada tulisan Deep Cleansingpada shampo yang memang bisa digunakan untuk menghilangkan pomade.

3. Pakai Conditioner Rambut

Buat yang tipe rambutnya kering, sebaiknya lo menggunakan conditioner untuk meningkatkan kelembaban rambut.

Buat yang belum tahu, shampo dan conditioner adalah dua istilah yang berbeda meskipun sama-sama digunakan pada saat mandi keramas.

Perbedaan shampo dan conditioner terletak pada fungsi utamanya.

Shampo digunakan untuk membersihkan rambut dari kotoran dan menjaga kesehatannya, sedangkan conditioner digunakan untuk melembutkan tekstur rambut, menambah kemilaunya, serta menjaga rambut tetap lembab.

Kalau lo pakai pomade, gak ada salahnya menggunakan conditioner setelah keramas dengan shampo untuk menjaga rambut tetap bagus.

4. Pakai Hair Mask

Perawatan rambut dengan hair mask tidak hanya dilakukan oleh wanita bro. Pria juga bisa melakukannya, apalagi jika lo menggunakan pomade hampir setiap hari.

Penggunaan hair mask (atau lo bisa juga melakukan creambath) di salon bertujuan untuk mencegah rambut rusak.

Lo bisa melakukan perawatan ini setidaknya sebulan sekali bro. Kalau punya waktu dan budget lebih, lo bisa melakukan ini sebulan dua kali.

5. Istirahatkan Rambut

Kalau lo menggunakan pomade hampir setiap hari, maka tetapkan setidaknya satu hari per minggu untuk tidak memakai pomade sama sekali.

Nah, lo bisa memanfaatkan hari istirahat ini untuk melakukan perawatan rambut seperti yang disebutkan sebelumnya.

Selain perawatan rambut di atas, lo bisa juga melakukan perawatan sendiri bro.

Misalnya, lo bisa menggunakan minyak zaitun atau produk perawatan rambut personal lain sebelum keramas.

Cek juga: Model Rambut Pendek Khusus Pria Terbaru Tahun Ini!

6. Makan Sehat Teratur

Apa hubungannya makan dengan kesehatan rambut? Ada donk bro 🙂

Kesehatan rambut secara umum juga dipengaruhi dari gaya hidup, salah satunya adalah makanan yang lo konsumsi sehari-hari.

Banyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan K, seperti sayur-sayuran hijau, susu, dan daun bawang.

Selain makan, terapkan gaya hidup sehat secara umum juga seperti tidur yang cukup dan olahraga, karena tetap saja dapat mempengaruhi kesehatan rambut secara umum.

7. Jangan Tidur Sebelum Membersihkan Pomade

Buat lo yang males dan suka langsung pergi tidur kalau pulang malam, mulailah menjadi lebih rajin sedikit bro.

Pomade jenis apapun dapat menumpuk di kulit kepala saat lo tidur. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sisa pomade tersebut bisa menyebabkan ketombe.

Kalau lo pakai pomade, pastikan lo keramas di malam hari untuk membersihkan sisa pomade.

Water-based pomade lebih mudah dibersihkan dibandingkan oil-based pomade, tapi lo sebaiknya tetap pakai shampo saat membersihkan rambut ya.

8. Pakai Pomade yang Punya Efek Kesehatan Rambut

Meskipun fungsi utama pomade adalah menata rambut biar terlihat kece, gak ada salahnya lo memakai pomade yang punya kandungan menyehatkan rambut.

Lo bisa cek bahan-bahan yang terkandung di pomade yang lo miliki atau akan lo beli, barangkali bahan tersebut berguna untuk kesehatan rambut.

Pomade Shantos Romeo Classic

Contohnya bro, Classic Pomade dari Shantos Romeo ternyata mengandung ekstrak ginseng. Seperti yang umum diketahui, ginseng berguna untuk menjaga batang rambut sehat dan kuat.

Contoh lainnya, Styling Pomade dari brand yang sama memiliki kandungan moisturizer untuk melembabkan dan memberi nutrisi pada rambut.

Pomade Shantos Romeo Styling Oil-Based Ingredients

Pastikan lo memeriksa kandungan pada pomade untuk mengecek bahan yang menyehatkan rambut ATAU mengecek kandungan yang mungkin membuat lo alergi ya.

Cek juga: Cara Memilih Jenis Pomade yang Benar Sesuai Jenis Rambut

Nah itulah ulasan mengenai efek samping pomade sekaligus cara menjaga rambut tetap sehat bagi pengguna pomade.

Pomade memang salah satu produk styling rambut yang bisa menjadi kunci untuk meningkatkan kegantengan kita secara signifikan, namun jangan sampai hal tersebut malah menjadi bumerang bagi kesehatan rambut kita bro.

Sayang banget kan kalau rambut lo malah beneran rontok habis sampai jadi gak bisa menggunakan pomade lagi 🙁

Bagi lo yang tertarik untuk meningkatkan taraf kesehatan hidup pribadi, bisa cek juga pembahasan gw di tulisan ini mengenai cara mudah hidup sehat sehari-hari.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar aroma parfum pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *