Fashion

9 Aksesoris Pria Buat Penampilan Makin Keren

Aksesoris Pria

Hai bro, gak cuma wanita, aksesoris pria juga banyak jenisnya lho. Penggunaan aksesoris yang pas juga bisa bikin lo makin kece.

Beberapa waktu lalu lalu, gw baru aja menonton tayangan ulang The Ellen Show edisi aktor Johnny Depp. Di momen itu, gw baru sadar gaya Johnny Depp di setiap momen menjadi bukti betapa ampuhnya kebutuhan aksesoris pria agar terlihat keren.

Kacamata hitam sampai topi yang ia pakai di film The Tourist
hingga Murder on The Orient Express betul-betul menggambarkan kesehariannya. Nggak usah diragukan kalau pria yang udah nempel dengan image Jack Sparrow ini selalu mencuri spotlight dengan balutan aksesoris pria agar terlihat keren, at the show maupun off air.

Aktor Johnny Depp

See? Lo bisa, kok, tampil seasyik Johnny Depp. Ketika outfit sudah maksimal, kita bisa menambahkan elemen aksesoris untuk melengkapi penampilan.

Masih bingung apa saja yang termasuk kategori aksesoris? Chill, bro.

Perancang busana Coco Channel pernah bilang, “Sebelum keluar rumah, bercerminlah dan kenakanlah satu barang.” Yes! Itulah aksesoris, item sekunder untuk melengkapi pakaian yang kita kenakan.

Meski bikin outfit makin stylish, ada sejumlah trik dan cara memadu padankan aksesoris pria agar terlihat keren. Penasaran?

 

Tips Memilih Aksesoris Pria

Pada dasarnya, aksesoris dibedakan menjadi dua tipe, yaitu apa yang kita pakai dan yang kita bawa. Keduanya punya fungsi yang sama: bagian dari sebuah pakaian untuk memberi sentuhan akhir penampilan.

Lalu, gimana cara menentukan aksesoris yang cocok dan nggak bikin salah kostum? Ini gw kasih tipsnya:

 

1. Sesuaikan dengan Pakaian dan Alas kaki

Bingung pakaian apa yang lo pakai hari ini? Aksesoris bisa jadi penyelamat yang tepat. Ketika kita bingung dengan outfit kasual untuk hangout, cukup kenakan kaos polos, celana jeans dan sneakers. Selebihnya adalah aksesoris yang berbicara.

Begitu pula untuk tampilan formal dalam sebuah acara besar. Kenakanlah blazer, tuxedo atau jas warna simple, lalu hiasi tubuh dengan berbagai macam aksesoris. Yang penting, sesuaikan aksesoris yang digunakan dengan acara yang bakal dihadiri.

 

2. Less is More

Keputusan terpenting dalam memadu padankan aksesoris adalah persoalan proporsi. Dengan atau tanpa aksesoris, penampilan lo harus tetap seimbang.

Jika memutuskan memakai aksesoris, pikirkan proporsi yang sesuai. Misalnya, jika sudah memakai kalung dengan liontin besar dan warna mencolok, kita nggak perlu pakai topi, anting dan gelang besar secara bersamaan.

Termasuk ketika lo memutuskan untuk memakai baggie clothes. Menurut lo, bagus nggak, sih, baggie clothes dicampur dengan kalung, gelang, cincin, blazer, dan ikat pinggang big size sekaligus?

Untuk amannya, coba pakailah aksesoris maksimal tiga item supaya penampilan lo nggak terlalu ramai.

 

3. Bikin Tema Outfit Sendiri

Agar pakaian terlihat selaras, kita bisa memilih tema tertentu. Misalnya, pilihlah tema outfit hari ini “Old Navy”. Kenakan pakaian nuansa denim, mulai dari kaos netral dengan jaket dan celana denim, sneakers hitam, lalu campurkan dengan gelang dan backpack berbahan jeans.

 

4. Pilih Warna yang Tepat

Banyak pakar fesyen yang menyarankan untuk mengenakan maksimal 3-4 warna berbeda dalam berpakaian. Dengan begitu, lo punya banyak kesempatan untuk bereksperimen dengan warna.

Follow Instagram Mas Kulin

Pakailah aksesoris dengan warna-warna yang senada dengan salah satu unsur warna baju yang lo pakai. Jika unsur baju yang kita kenakan memiliki warna hitam, aksesoris berwarna hitam bisa menjadi penunjang.

Tapi ingat, bro! Saat pakaian cenderung bercorak dan berwarna mencolok, cobalah untuk menyesuaikannya dengan warna aksesoris yang dikenakan. Jangan sampai aksesoris sebagai penunjang malah merusak penampilan dan bikin dahi orang-orang sekitar mengernyit.

Tetap bingung pilih warna yang tepat? Pakailah aksesoris dengan warna netral: hitam atau silver.

 

Pilihan Aksesoris Pria yang Pas

Buat lo yang masih kepikiran mau pakai apa, nggak usah khawatir. Saat ini, aksesoris pria banyak banget yang bisa lo pilih.

Lo bisa pakai topi, dasi, bahkan perhiasan sekalipun. Seenggaknya ada 9 item pilihan gw yang bisa lo mix and match:

 

1. Topi

Jenis Aksesoris Pria - Topi

Topi adalah aksesoris yang multifungsi. Selain melindungi kepala dari sinar matahari, topi bikin gaya lo makin maksimal.

Topi pun bisa dipakai dalam berbagai momen, formal maupun kasual, di dalam maupun di luar ruangan. Pilihlah jenis topi yang tepat agar nggak berujung salah kostum.

 

Fedora

Awal kemunculannya pada 1924, fedora dibuat dari kain flanel. Bentuknya yang memiliki lekukan di sepanjang bagian atas dan di setiap sisi bikin penampilan elegan. Biasanya, lekukan fedora akan dilingkari oleh sebuah pita.

Fedora identik dengan gaya klasik. Lo bisa pakai fedora ketika sedang memakai outfit resmi berbalut jas, kemeja, sepatu formal, celana panjang dan blazer.

 

Akubra

Topi jenis koboy ini awalnya berasal dari Australia yang dibuat Dunkerly Hat Mills pada 1911. Serupa namun tak sama dengan Fedora, Akubra memiliki pinggiran yang lebih lebar dan merata.

Akubra cocok untuk lo yang bergaya tangguh dan beraktivitas di alam terbuka. Buat yang hobi berkuda, memancing, atau treking, topi ini pas banget untuk tampil trendi.

 

Flat Cap

Topi yang mulai populer pada 1920-an ini awalnya terbuat dari wol, dan kini umumnya berbahan katun. Bentuknya membulat dengan paruh pendek yang dihiasi kancing di bagian atasnya.

Flat cap cocok untuk berbagai momen semiformal namun tetap terlihat kasual. Lo bisa pakai topi ini ketika memakai jas, blazer, atau jaket kulit dibalut celana panjang dan sepatu hitam.

 

Baseball cap

Jenis topi yang satu ini jadi favorit anak-anak muda yang ingin tampil kasual dan keren saat hangout. Ingin bertemu teman lama atau nge-date bareng pasangan? Ya, topi ini cocok banget menemani aktivitas kita seharian.

Baseball cap bisa dipadupadankan dengan kaos netral, celana jeans atau sneakers dan sandal. Yang penting, sesuaikan warna baseball cap dengan outfit yang dipakai, ya, bro!

 

Cek juga: Jenis Topi Pria dan Cara Memakainya yang Benar

 

2. Perhiasan

Gelang untuk Pria

Siapa bilang cuma wanita yang cocok pakai perhiasan? Big No! Sifatnya yang genderless bikin siapa pun yang pakai perhiasan bakal terlihat glamor dan elegan. Perhiasan bisa membuat kita makin percaya diri dengan outfit yang menempel di tubuh.

 

Kalung

Kalung berguna untuk memaksimalkan penampilan pria agar tampil maskulin. Kalung yang cocok dipakai pria biasanya berjenis minimalis.

Ada berbagai jenis kalung yang bersifat netral dan tidak merusak penampilan. Lo bisa pilih kalung tipis berbahan emas, perak, atau bahan tali.

 

Gelang

Pria dari berbagai usia umumnya menyukai gelang dengan berbagai jenis bahan. Banyak pria yang sengaja memakai gelang bertumpuk untuk menimbulkan messy-look dan macho.

Ada banyak pilihan jenis gelang yang melengkapi gaya pria. Yakni bahan emas, perak, gelang metallic, gelang tali, gelang dari batu, hingga berbahan dasar anyaman.

 

Cincin

Cincin bisa bikin tampilan pria makin eksklusif dan berkelas. Saat ini, tren pria memakai cincin semakin populer. Pakailah cincin emas dan perak atau cincin batu agar terkesan klasik.

 

3. Tas

Tas Pria Keren

Pergi tanpa tas? Yakin, nggak mati gaya?

Selain multifungsi seperti topi, tas nyatanya bikin gaya lo terlihat makin fashionable. Dengan banyaknya ragam jenis tas saat ini, lo bisa melengkapi penampilan dengan membawa tas yang kekinian.

 

Ransel

Tas ransel cocok buat pria yang memiliki banyak aktivitas dan membawa banyak barang. Nggak cuma kebutuhan pribadi, ransel juga bisa menyimpan laptop ketika lo mau ngetik seharian di kafe. Pilihlah ransel warna netral agar cocok untuk setiap baju yang lo pakai.

 

Duffel Bag

Tas jinjing besar berbentuk tabung ini biasanya dipakai untuk berolahraga atau menyimpan barang-barang khusus. Tapi, duffel bag yang beragam bisa lo pakai kapan saja ketika ingin tampil modis.

Bentuknya yang unik dengan space yang besar jadi favorit pria selain ransel. Lo bisa pilih duffel bag jenis bahan kulit atau sintetis untuk dipakai sehari-hari.

 

Sling Bag

Nah, jenis tas selempang yang satu ini pas banget buat lo yang mobile dan pengendara motor. Bentuknya yang slim, kecil, bisa terus dipakai tanpa harus dilepas.

Sling bag bisa untuk membawa barang-barang penting seperti dompet, airpods, hingga botol minum. Sling bag juga cocok untuk acara kasual atau sekadar ingin nongkrong bersama teman-teman.

 

Waist Bag

Jenis tas yang satu ini adalah yang paling praktis. Bentuknya yang sangat kecil dan tidak makan tempat cocok buat lo yang nggak mau bawa barang banyak tapi tetap ingin stylish.

Waist bag bisa lo pakai kapan saja, saat mengendarai motor, mobil, sepeda, atau di angkutan umum. Bentuknya pun bisa dipakai untuk berbagai busana kasual seperti kaos polos, jeans, hingga pemakai hoodie dan jaket kulit.

 

Cek juga: Jenis-Jenis Tas Pria Masa Kini

 

4. Jam Tangan

Aksesoris Pria Keren - Jam Tangan

Percaya nggak, sih, pria yang pakai jam tangan mencerminkan bahwa ia menghargai waktu? Buat first appearance lo, jam tangan hampir wajib dipakai oleh seorang pria (selama lo merasa nyaman memakainya ya).

Untuk membuat penampilan lebih stand out, pilihlah tali jam yang sesuai dengan busana yang dipakai. Makin banyak jenis tali yang membuat dial jam makin keren, yakni berbahan kulit, nilon, metal kayu, grained leather hingga rally.

Lo bisa cek tulisan berikut untuk mengetahui lebih detil tentang jam tangan pria.

 

5. Kacamata

Kacamata yang Cocok untuk Pria

Yes! Item yang satu ini adalah garansi untuk tampil fabulous. Ada dua pilihan: tampil keren atau intelek dan berkelas.

Ingin tampil keren? Kaca mata hitam pilihannya. Ada banyak jenis kaca mata hitam yang cocok untuk bentuk wajah lo. Yakni tipe wayfarer, cat eye, clubmaster hingga wrap around.

Begitu pun dengan kacamata non-minus. Agar tampil lebih intelek, dewasa dan berkelas, lo bisa pakai kaca mata ini dengan berbagai jenis pilihan, seperti round, vintage, hingga classic frame.

Buat lengkapnya, lo bisa cek di sini untuk jenis dan cara memilih frame kacamata pria.

 

6. Ikat Pinggang

Ikat Pinggang Pria

Barang ini juga multifungsi, lho, bro! Selain mengencangkan celana, ikat pinggang juga bisa jadi fashion statement yang mengubah penampilan lo menjadi lebih elegan.

Pakailah formal belt untuk berbagai acara resmi yang menuntut lo berpenampilan formal. Namun, lo bisa pakai casual belt seperti suede untuk acara nonformal yang dipadu padankan dengan celana chinos atau kargo.

Nah, kalau pengen milih yang pas, lo bisa juga ke artikel ini buat tahu panduan pemilihan ikat pinggang pria yang tepat.

 

7. Dompet

Dompet Pria

Item wajib ini, selain berfungsi untuk menyimpan uang dan kartu penting, juga berfungsi untuk aksesoris. Dompet juga berguna banget buat pria yang malas membawa tas.

So, pilihlah dompet yang nggak old fashioned. Ada banyak pilihan, mulai dari bifold, sport, hingga slim wallet yang cocok banget buat gaya kasual atau formal.

Lo bisa cek model-model dompet pria keren di sini ya.

 

8. Dasi

Dasi Pria

Barang ini sangat segmented. Dasi adalah aksesoris yang hanya bisa dipakai untuk si eksekutif muda di acara-acara formal, namun sangat vital jika terlewatkan.

Dasi dengan simpul four in hand knot adalah yang paling umum digunakan. Modelnya cocok untuk acara formal nan prestise seperti rapat kantor, peresmian gedung, hingga acara pernikahan.

Sedikit mirip dengan four in hand knot, skinny tie adalah dasi versi ukuran kecil. Dasi ini lebih cocok untuk acara semiformal yang bisa dipadupadankan dengan tuxedo, rompi, juga celana chinos dan sepatu loafer, sedangkan bow tie bisa digunakan untuk kegiatan semiformal di acara pesta atau acara ulang tahun sahabat.

Biar lebih jelas, lo bisa baca artikel ini buat tahu macam-macam model dasi pria ya.

 

9. Cufflink (Kancing Manset)

Kancing Manset Cufflink

Kalau lo memakai dasi dan kemeja, maka cufflink adalah item yang nggak kalah wajib. Dengan cufflink, lo bisa mengeratkan manset kemeja dan bikin tampilan makin berwibawa namun tetap stylish.

Cufflink adalah pengganti kancing yang cocok untuk model kemeja french cuff dengan lengan panjang. Selain bikin tampilan lo lebih formal, cufflink bisa merapikan lengan jas agar nggak menutupi lengan kemeja.

Ingin tampil elegan dengan kemeja, jas dan dasi? Cufflink adalah pelengkapnya. Pilihlah model cufflink simple seperti chain link, bullet back, atau silk knot.

 

Cek juga: Apa itu Man Boobs dan Bagaimana Cara Menyamarkannya?

 

Nah itulah ulasan mengenai aksesoris pria yang bisa bikin penampilan lu makin keren.

Meskipun tidak semenonjol pakaian yang dikenakan dan gaya rambut, pemilihan aksesoris yang pas bisa membantu meningkatkan charm lu dengan pesat bro.

Oh ya, lu bisa cek pembahasan tentang gaya rambut yang pas sesuai dengan tipe wajah lu di sini biar gaya lu makin maksimal ya.

Jika lo punya pertanyaan atau komentar seputar aksesoris pria, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah. Blog Mas Kulin dikhususkan untuk membahas seputar dunia gaya hidup pria kasual dan praktis.

Pastikan untuk mengecek cara mudah tampil keren sehari-hari ya. Pastinya, maskulin banget bro!

 

Salam Semangat,

Mas Kulin

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *