Grooming

No Ribet! 7 Tips Mudah Menata Rambut Pria Untuk Gaya Makin Kece!

Tips Mudah Menata Rambut Pria

Apa yang ada di pikiran lo saat membahas soal rambut dengan teman-teman lo? Mostly seputar produk gel atau pomade yang dipakai, tips menata rambut pria, model rambut keren yang lagi ngetren, atau kepanikan karena rambut lo mulai rontok 🙁

Dalam grooming, menata rambut merupakan hal paling dasar yang semua pria perlu lakukan. Entah rambut lo lebat, ikal, gondrong, ataupun memang botak; semua pria perlu punya sense of care terhadap rambut (dan kulit kepala) masing-masing.

Nah urusan bergaya sehari-hari, rambut ini berperan penting yang sangat membantu dalam membuat penampilan lo terlihat kece.

 

Perlukah Menata Rambut Menjadi Perhatian Khusus Buat Pria?

Wanita Suka Pria yang Mengerti Rambutnya

“Ah ribet, urusan styling rambut biar cewe aja. Gw yang penting keramas tiap hari cukup.”

Eits, jangan salah bro. Mas Kulin juga dulu berpikir seperti itu, tapi ternyata kita gak bisa menganggap enteng soal styling rambut diri kita lho. Ingat bro, banyak wanita yang jatuh hati dengan pria yang mengerti cara menjaga penampilan rambut mereka.

Apakah lo tau bahwa keramas setiap hari sebenarnya tidak disarankan karena dapat merusak rambut? Apakah lo tau juga bahwa gak semua pomade cocok untuk rambut lo? Kalau sampai salah, sayang kan rambut keren sehari tapi jadi cepat rusak dalam jangka panjang.

 

Tips Menata Rambut Pria yang Benar dan Gampang Dipraktekan Sehari-hari!

Kalau lo sudah menyadari pentingnya menata rambut sendiri, saatnya lo cek di bawah beberapa tips mudah yang pastinya maskulin banget bro:

 

1. Frekuensi Keramas

Perhatikan Frekuensi Keramas Rambut
Sumber: howtowashhair.com

Demi alasan kebersihan, banyak pria yang melakukan keramas rambut setiap hari sekali. Namun, tahukah elo kalau keramas dengan shampo dapat menghilangkan minyak pada rambut? Minyak rambut alami berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus membuat rambut kuat, jadi tentu akan berbahaya kalau sampai hilang.

Kalau rambut lo tipe yang mudah berminyak, frekuensi sehari sekali memang tepat. Namun kalau sebaliknya, hindari keramas dengan shampo terlalu sering. Cukup bilas dengan air saja untuk mempertahankan kadar minyak di rambut lo.

 

2. Penggunaan Produk Styling Rambut yang Tepat

Pilih Produk Styling Rambut yang Tepat

“Gw mau pakai gel rambut buat bikin mohawk di kondangan teman cewek gw nanti!”

Hm, yakin yang lo maksud itu gel rambut? Banyak jenis produk styling rambut seperti gel dan wax yang sering kita dengar, namun penggunaannya berbeda tergantung kondisi maupun tujuan lo menata rambut.

Contohnya, pomade lebih cocok kalau lo mau rambut yang keliatan mengkilap, atau wax seharusnya digunakan pada rambut yang sudah mengering. Dengan lo mengerti produk yang akan lo pakai, lo bisa memaksimalkan efek dari produk tersebut.

Cek di sini: Pomade, Wax, Gel, atau Clay – Mana yang Cocok buat Rambut Lo?

 

3. Eksperimen dengan Sisir

Eksperimen dengan Sisir
Sumber: cheatsheet.com

Menyisir rambut sudah menjadi salah satu ritual penting saat menata rambut lo. Arah sisiran yang umum adalah satu arah (ke kiri, ke kanan, ke atas, atau ke belakang).

Cobalah melakukan eksperimen dengan menyisir ke arah yang berbeda dari yang biasa lo lakukan. Lo mungkin akan tercengang sendiri ketika menyadari kalau penampilan lo bisa lebih ganteng maksimal saat menyisir rambut ke atas daripada ke belakang.

Sebagai tips tambahan, cobalah menyisir dengan jari tangan untuk menciptakan kesan natural.

 

4. Buat Rambut Lebih Mengembang

Tambah Volume Rambut

Rambut lo tipis tapi ingin terlihat lebih mengembang? Ada cara sederhana untuk melakukannya, tapi lo perlu modal rambut yang sedikit panjang. (Catatan: Jika rambut lo pendek, maka disarankan menggunakan model spiky)

Setelah mencuci rambut, keringkan dengan hair dryer sambil menyisir rambut ke arah belakang. Lakukan kedua hal ini bersamaan secara berulang-ulang, dan lo akan melihat bahwa rambut lo akan mulai mengembang. Gunakan hair spray jika ingin mempertahankannya dalam waktu lama.

 

5. Penggunaan Hair Dryer

Pakai Hair Dryer
Sumber: bblunt.com

Hair Dryer merupakan alat yang umum digunakan untuk mengeringkan rambut basah. Namun, banyak yang tidak sadar bahwa salah menggunakannya dapat menyebabkan rambut lo cepat rusak.

Jika lo habis keramas, maka keringkan rambut lo dengan handuk sebelum menggunakan hair dryer. Penggunaan hair dryer pada rambut yang sangat basah akan menyebabkan rambut lo mudah kering dan rapuh! Selain itu, jangan gunakan hair dryer pada satu titik yang sama dalam waktu yang lama karena bisa menyebabkan rambut rontok.

 

6. Belahan Rambut

 Belahan Rambut

Peletakkan belahan rambut akan sangat mempengaruhi penampilan lo bro. Kenali tipe muka lo untuk mengetahui di mana letak belahan rambut yang gak akan membuat kepala lo terlihat aneh.

Sebagai contoh, belahan rambut di tengah tidak cocok kalau bentuk muka lo bulat. Kalau tetap dilakukan, kepala lo akan makin terlihat bulat. Namun sebaliknya, kalau lo punya tipe muka dengan pipi yang pipih dan dagu lancip, letakkan belahan lu sepinggir mungkin untuk mempertajam tampilan muka lo.

 

7. Cari Inspirasi di Barber Shop

Inspirasi dari Barber

Saat datang ke tukang cukur langganan, mungkin lo biasanya hanya memberi request potong pendek dengan model yang sama dengan rambut lo sekarang. Nah, gak ada salahnya untuk bertanya kepada mereka model rambut yang lagi ngetren atau cocok dengan lo.

Perhatikan juga cara si tukang cukur menata rambut lo sehabis mencukur rambut lo. Jangan lupa untuk minta saran seperti arah sisiran atau produk styling rambut yang pas untuk model rambut lo yang sekarang.

 

Keep Stylish and Healthy!

Jangan sampai mengorbankan kesehatan rambut lo demi penampilan keren sekejap. Kalau lo punya tips mudah lain, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *