Fashion

7 Macam Model Dompet Pria Untuk Maksimalkan Gaya Lo!

Model Dompet Pria

Benda apa yang biasanya dibawa-bawa oleh wanita di tangannya selain handbag? Jawabannya adalah dompet. Dompet memang menjadi salah satu fashion statement buat wanita, tapi bukan berarti pria gak perlu memusingkan soal dompet lho bro.

Ada banyak model dompet pria yang tersedia di luar sana, tapi apakah benar bahwa dompet yang kita pakai hanya satu bentuk yang itu-itu saja?

 

Mengapa Kita Perlu Memikirkan Model Dompet Pria yang Dipakai?

Pentingnya Memilih Dompet Pria untuk Gaya Sehari-Hari

Untuk urusan dompet, kita sebagai pria lebih cenderung memilih dompet yang sesuai dengan fungsi dibandingkan bentuknya. Tentu akan menjadi nilai plus kalau dompet yang kita pilih itu punya desain yang kece. Jadi kan bisa memaksimalkan gaya berpakaian lo sehari-hari ketika lo sedang mengeluarkan dompet.

Nah, kadang kita gak sadar bahwa sebenarnya jenis dompet yang kita gunakan belum tentu sesuai dengan aktivitas kita. Hal ini tentu akan membuat aktivitas yang kita lakukan gak maksimal. Ingat bro, fungsi dan desain dompet harus sejalan agar gaya lo makin kece sekaligus praktis dalam beraktivitas.

 

Jenis Dompet Pria yang Populer Digunakan Banyak Orang

Nah langsung saja yah bro. Berdasarkan bentuknya, dompet pria dapat dibagi menjadi 7 macam lho:

 

1. Bifold Wallet

Jenis dompet pria paling populer - Bifold Wallet
via shinola.com

Dari semua dompet untuk pria, dompet jenis inilah yang paling populer digunakan oleh kaum Adam. Bahkan, mungkin cuman jenis dompet inilah yang lo kenal sebagai satu-satunya jenis dompet pria :p

Ciri khas dari dompet bifold adalah kompartemen dompetnya terdiri dari dua buah: kiri dan kanan. Tiap kompartemen bisa digunakan untuk menyimpan kartu atau identitas diri seperti KTP dan SIM. Uang tunai bisa diselipkan di tengah, namun akan terlipat dua karena dompet tipe ini memang tipe lipat.

 

2. Trifold Wallet

Trifold Wallet
via amazon.co.uk

Selain bifold, dompet tipe trifold ini juga cukup populer di kalangan pria. Desain dompet ini memang mirip dengan bifold sehingga sering dianggap sebagai jenis yang sama, padahal dari bentuknya jelas beda bro.

Dompet jenis ini memiliki tiga buah kompartemen, sehingga cocok digunakan bagi lo yang punya banyak kartu kredit, kartu member, dan identitas untuk dibawa. Kalau Mas Kulin pribadi, dompet ini dipakai untuk menyimpan semua kartu dan uang cadangan yang gak harus dibawa ke mana-mana dan disimpan di rumah, sedangkan untuk pergi sehari-hari pakai dompet bifold.

 

3. Money Clipper Wallet

Money Clipper Wallet
via walletgear.com

Mungkin terdengar sedikit asing di telinga lo, tapi lumayan populer di luar sana. Dompet ini punya ciri khas ‘clipper’ yang digunakan untuk mencapit uang kertas tunai sehingga mudah dibawa ke mana-mana dan dikeluarkan dengan cepat.

Selain itu, dompet yang ukurannya biasanya kecil ini bisa juga dipakai untuk membawa beberapa kartu yang penting seperti identitas dan kartu kredit. Dompet ini jelas gak cocok kalau lo sering bertransaksi yang menghasilkan kembalian uang receh, karena money clipper tidak didesain untuk membawa uang koin dalam jumlah banyak.

 

4. Slim Wallet

Slim Wallet
via tictail.com

Bagi penyuka desain minimalis, dompet satu ini akan cocok buat gaya lo sehari-hari.  Tampil sederhana dengan ukuran ketebalan yang tipis, dompet ini memiliki sedikit ruang untuk menyimpan uang tunai dalam jumlah sedikit serta beberapa kartu kredit atau identitas yang penting saja.

Bagi lo yang ingin tampil gak ribet dan fleksibel, dompet ini cocok buat lo. Tapi ingat bro, dompet ini gak cocok buat lo yang hobi bawa uang banyak buat shopping atau menyimpan receh dan bon di dompet. Kalau sampai kepenuhan dan menggembung, bentuknya akan menjadi jelek.

 

5. Coin Wallet

Coin Wallet
via everydaycarry.com

Dompet koin atau yang di Indonesia kadang disebut dompet emak-emak ini punya fungsi utama untuk membawa uang dalam bentuk koin dan sedikit uang kertas tunai. Kalau di Indonesia, dompet ini mungkin kurang populer karena mayoritas transaksi kita dilakukan dengan uang kertas. Belum lagi lo harus bawa kartu debit, kredit, atau kartu-kartu penting lainnya.

Nah, coin wallet ini sebenarnya bisa lo pakai sebagai pelengkap slim wallet atau dompet tipis lainnya. Sisihkan semua koin atau duit receh lo di dompet ini. Trik ini cocok kalau lo tipe pejalan kaki dan pengguna kendaraan umum seperti bus, angkot, bajaj. Lebih aman juga bro, karena lo gak mengeluarkan dompet utama lo yang berisi uang kertas dan kartu identitas.

 

6. Sports Wallet

Sports Wallet
via mias-accessories.co.uk

Bentuk sports wallet biasanya mirip dengan bifold atau trifold. Namun, yang membedakannya adalah aksesoris tambahan untuk membuatnya terkesan sporty (misalnya tempat gantungan kunci, risleting) serta bahan dompetnya.

Umumnya, bahan dompet jenis ini adalah velcro yang memang dibuat anti air. Jadi dompet ini memang cocok buat lo yang penyuka kegiatan alam atau sering pergi ke tempat yang bisa membuat lo basah.

Follow Instagram Mas Kulin

 

7. Travel Wallet

Travel Wallet
via swissmillitaryindia.com

Pernah lihat pria lain membawa dompet panjang? Jangan keburu berpikir yang aneh-aneh dulu bro. Dompet yang dibawa dia kemungkinan besar adalah Travel Wallet. Dompet kece ini memang suka digunakan businessman atau traveler yang sering pergi lintas daerah atau negara.

Dompet ini memiliki desain yang lengkap untuk menunjang kebutuhan traveling. Mulai dari tempat untuk koin dan beberapa slot uang tunai (jadi bisa menyimpan macam-macam mata uang berbeda), tempat kosong untuk paspor dan dokumen perjalanan, kartu identitas dan kartu penting lainnya. Buat lo yang sering traveling, dompet jenis ini jelas bakal berguna banget bro.

Cek juga: Mau Traveling tapi lagi Jerawatan? Cek Cara Mudah Menghilangkan Jerawat di Sini!

 

Tips Merawat Dompet agar Awet Lama

Tips Merawat Dompet Pria Agar Awet
Yuk Bereskan Dompet Lo!

Kalau lo sudah mendapat bayangan jenis model yang cocok buat lo, Mas Kulin akan bagikan beberapa tips mudah supaya dompet lo tahan lama. Perlu diingat bahwa dompet dengan bahan alami seperti kulit, canvas, atau polyester tidak bakal bertahan selamanya.

Jadi, coba lo terapkan beberapa tips sederhana di bawah ini yah untuk memperpanjang jangka umur dompet kesayngan lo ya:

 

1. Buang Benda yang Tidak Diperlukan

Cowok sering diidentikkan dengan malas dan gak teratur. Nah, jangan sampai itu terjadi untuk dompet kita bro. Coba lo luangkan waktu deh untuk cek lagi bon-bon yang suka terselip di dalam dompet. Kertas dan sampah yang sudah rusak akan hancur perlahan dan membuat dompet lo kotor.

Atau mungkin, dompet Bifold lo kebanyakan menyimpan koin (seperti dompet Mas Kulin)? Nah, sisihkan koin tersebut dan pindahkan ke coin wallet atau rajin-rajin dipakai dalam transaksi. Mas Kulin sering pakai koin receh untuk beli makan di warteg atau minimarket. Kalau dompet lo sering menggembung, lama kelamaan bentuknya akan berubah menjadi jelek permanen bro.

 

2. Hindarkan dari Air

Kebanyakan dompet yang kita gunakan cenderung dari bahan organik yang tidak didesain untuk tahan air. Kecuali lo menggunakan sports wallet yang tahan air, jauhkan dompet lo dari kemungkinan terkena cipratan air dan basah. Air bisa meninggalkan noda yang sulit hilang dan membuat dompet lo jadi bau.

 

3. Taruh di Tempat yang Sejuk

Sekali lagi bro, kebanyakan dompet berasal dari bahan organik seperti kulit dan canvas. Kalau lo sering menaruh dompet di tempat yang terkena sinar matahari terik, dompet lo akan mudah kering dan mengeluarkan bau terik yang gak enak dicium. Taruh dompet lo di tempat yang memiliki suhu kamar normal (tapi gak perlu taruh di kulkas yah bro).

 

Jadi, Model Dompet Pria Mana yang Akan Lo Pakai?

Nah apakah lo memutuskan untuk mengganti dompet yang lo gunakan sekarang atau mau ganti? Berbeda dengan fashion item pria lainnya seperti sepatu pria, dompet memang gak perlu terlalu matching dengan style yang lo kenakan. Jadi, pilihlah dompet yang memang sesuai dengan aktivitas lo sehari-hari.

Tapi, pasti akan jadi nilai plus kalau bentuknya kece donk bro dan kebetulan lo punya style andalan untuk sehari-hari. Misalnya, buat lo penggemar leather goods style, pakai dompet tipe bifold atau trifold dari bahan kulit berwarna coklat akan membuat gaya lu makin keren.

Bagi yang punya saran dalam pemilihan model dompet pria yang cocok buat gaya sehari-hari, silakan bagikan di kolom komentar di bawah ya. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

Dukung Blog Mas Kulin lewat Sociabuzz Tribe Yuk

 

Follow Instagram Mas Kulin
Follow Blog Fashion Pria Kasual Indonesia Mas-Kulin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *