Grooming

30 Tren Model Rambut Pendek Pria Edisi 2018 Buat Lo Makin Kece!

Tren Model Rambut Pendek Pria

Urusan rambut itu gak identik dengan urusan cewek bro. Cowok juga bisa pusing memikirkan model rambut yang cocok buat mereka. Apakah lo masih menggunakan model rambut yang sama sejak bertahun-tahun yang lalu hingga sekarang? Atau kepikiran untuk mengganti model rambut lo?

Buat model rambut pria, yang paling mudah diaplikasikan untuk kebanyakan kaum Adam adalah rambut pendek. Bagi lo yang sedang mencari model rambut pendek pria bisa tenang. Mas Kulin akan membahas beberapa model rambut pendek pria edisi 2018 yang lagi ngetren banget sekarang. (Update: Silakan cek juga tren model rambut pendek pria edisi 2019)

Sebelumnya, ada yang bingung kenapa kita para pria cenderung memilih model rambut pendek?

 

Keuntungan Memilih Model Rambut Pendek

Keuntungan Memilih Model Rambut Pendek Pria 2018

Bagi lo yang berambut gondrong atau panjang, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk beralih ke model rambut pendek:

 

1. Mudah Dirawat

Salah satu keuntungan rambut pendek yang paling mudah dirasakan adalah perawatannya yang mudah. Contohnya, lo gak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk keramas saat mandi. Selain itu, menata rambut seperti sisiran atau mengeringkannya juga lebih mudah dan cepat dilakukan.

 

2. Terlihat Bersih

Kebanyakan orang Indonesia berambut hitam yang kontras dengan ketombe, yaitu warna putih. Kalau lo ketombean, semakin panjang rambut lo maka semakin terlihat juga berbagai ketombe yang bersarang di rambut lo. Kalau lo ada dalam situasi yang sulit membersihkan rambut (misal: traveling ke gunung), model rambut pendek lebih unggul agar lo masih terlihat bersih.

 

3. Tampilan Profesional

Kebanyakan model rambut pendek akan tampak rapi di mata orang-orang sekitar lo. Jika lo merupakan pekerja profesional seperti pegawai kantoran atau konsultan, maka pemilihan gaya potong rambut pendek akan menguntungkan untuk menunjang profesi lo.

 

4. Memaksimalkan Bentuk Wajah Kita

Kebanyakan model rambut pendek cocok digunakan untuk memaksimalkan penampilan wajah kita. Unsur maskulin dari wajah lo yang bisa ditonjolkan antara lain hidung mancung atau rahang yang pipih. Mayoritas unsur-unsur tersebut akan lebih terlihat jelas ketika lo memilih model rambut pendek, meski ada pengecualian untuk beberapa bentuk wajah tertentu.

Cek juga: Panduan Mudah Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah

 

5. Tidak Banyak Menyerap Panas

Seperti yang disinggung sebelumnya, warna rambut orang Indonesia umumnya adalah hitam. Warna hitam memiliki sifat menyerap panas. Semakin banyak volume rambut lo, semakin banyak pula panas yang lo serap. Kalau lo tinggal di daerah atau mau traveling ke tempat yang panas terik, better ubah model rambut lo jadi pendek bro.

 

Model Rambut Pendek Pria Edisi 2018

Setiap tahun, model rambut pendek yang ngetren buat kaum kita selalu bervariasi. Ada yang masih bertahan seperti Undercut, namun ada juga yang sudah mulai ditinggalkan seperti Classic Slicked Back.

Lo bisa temukan beberapa inspirasi tren potongan rambut pria terkini di bawah ini:

 

1. Model Spiky

Model rambut pendek yang satu ini memiliki banyak variasi. Selain itu, model spiky juga cocok untuk menunjukkan jiwa muda. Bagi lo yang pengen tampak muda dan menggelora, model rambut spiky ini pastinya cocok banget untuk lo pakai sehari-hari.

Model rambut ini punya keunggulan khusus yaitu sangat mudah dibentuk. Namun, model rambut ini kurang cocok jika lo sering menggunakan penutup kepala seperti topi atau helm (untuk naik motor) karena mudah berantakan.

Di bawah ini ada beberapa referensi potongan rambut spiky yang sedang ngetren untuk tahun ini:

Model Rambut Pendek Pria - Classic Spiky
Classic Spiky

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Alternative Long Spiky
Alternative Long Spiky

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Alternative Short Spiky
Alternative Short Spiky

 

Model Rambut Pendek Pria - Short Spiky
Short Spiky

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Long Spiky
Long Spiky

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Natural Long Spiky
Natural Long Spiky

 

Cek juga: Rekomendasi Parfum Pria Murah Terlaris di Indonesia!

 

2. Model Undercut

Nah, model rambut pendek yang satu ini populer sejak tahun 2000-an dan masih bertahan sebagai salah satu gaya rambut yang paling ngetren setiap tahunnya. Ciri utama potongan rambut undercut adalah rambut yang dipangkas habis di kedua sisi kepala, sehingga hanya menyisakan rambut bagian atas untuk ditata.

Salah satu keunggulan dari model undercut adalah cocok digunakan untuk jenis rambut apapun (lurus, bergelombang, ikal, dan seterusnya). Hal ini menyebabkan gaya rambut undercut memiliki variasi yang sangat banyak. Lo gak akan bosan untuk bermain gaya menggunakan potongan rambut yang satu ini.

Buat lo yang sudah gak sabar, di bawah ini ada beberapa inspirasi model undercut yang cocok untuk lo:

Model Rambut Pendek Pria - Slicked Back Undercut
Slicked Back Undercut

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Casual Undercut
Casual Undercut

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Disconnected Undercut
Disconnected Undercut

 

Model Rambut Pendek Pria - Half Side Long Undercut
Half Side Long Undercut

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Modern Undercut
Modern Undercut

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Brushed Up Undercut
Brushed Up Undercut

 

Cek juga: Cara Mudah Mencukur Rambut Sendiri Khusus Pria!

 

3. Model Quiff

Buat lo yang punya rambut banyak tapi ingin menggunakan gaya rambut pendek, model rambut yang satu ini akan cocok banget dengan lo. Potongan rambut quiff berfokus pada volume bagian depan rambut yang disisir ke atas.

Sebagai catatan, model quiff berbeda dengan model pompadour meskipun sepintas terlihat sama. Keduanya sama-sama berfokus pada volume rambut atas. Namun, arah rambut pada model quiff cenderung bebas, sedangkan pompadour difokuskan ke satu titik.

Ini dia beberapa inspirasi model rambut quiff yang bisa lo coba:

Model Rambut Pendek Pria - Textured Quiff
Textured Quiff

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Fade Quiff & Beard
Fade Quiff & Beard

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Natural Quiff
Natural Quiff

 

Model Rambut Pendek Pria - Wavy Quiff
Wavy Quiff

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Modern Quiff
Modern Quiff

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Long Quiff
Long Quiff

 

Cek juga: Cara Mudah Membuat Rambut Menjadi Lurus Alami untuk Pria!

Follow Instagram Mas Kulin

 

4. Model Fade

Sepintas, model rambut yang satu ini mirip dengan undercut. Bedanya, model fade umumnya meninggalkan rambut bagian bawah kepala lu lebih tipis (ada gradasi rambut memudar alias fading). Model ini cocok untuk lo yang senang tampil simple dan sederhana namun tetap terlihat modis.

Sebenarnya model ini lebih cocok jika pertumbuhan rambut lo agak lambat. Jadi, gaya rambut fade lo bisa dipertahankan dalam waktu yang lama. Buat yang rambutnya tumbuh cepat, lo bisa manfaatkan dengan gonta-ganti style rambut atas lo untuk variasi tampilan.

Lo bisa cek beberapa inspirasi model fade yang lagi ngetren di bawah ini:

Model Rambut Pendek Pria - High Fade Crop
High Fade Crop

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Textured Fade
Textured Fade

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Short Fade
Short Fade

 

Model Rambut Pendek Pria - Tapered Caesar Fade
Tapered Caesar Fade

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Mid Fade
Mid Fade

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Curly Fade
Curly Fade

Cek juga: Cara Cepat Menumbuhkan Brewok Secara Alami!

 

5. Model Bangs

Bangs atau Fringe alias poni rambut merupakan tren model rambut yang mulai naik daun. Booming-nya media hiburan dari Korea dengan berbagai boyband K-Pop dan aktor Korea cukup memengaruhi kepopuleran model rambut ini.

Poni rambut dapat memberikan kesan manis namun tetap terlihat maskulin. Nah, model yang satu ini agak tricky untuk diterapkan karena harus benar-benar memerhatikan bentuk wajah lo agar tidak terlihat aneh.

Jika lo merasa tertantang, maka lo bisa coba cek beberapa inspirasi model yang kadang disebut juga sebagai gaya rambut pria Korea ini:

Model Rambut Pendek Pria - Long Shaggy Bangs
Long Shaggy Bangs

 

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Wavy Fringe
Wavy Fringe

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Mid Long Fringe
Mid Long Fringe

 

Model Rambut Pendek Pria - Short Fringe
Short Fringe

 

Gaya Rambut Pendek Pria - Angular Fringe
Angular Fringe

 

Potongan Rambut Pendek Pria - Messy Bangs
Messy Bangs

 

Cek juga: Cara Mudah Pria Tampil Keren Sehari-hari!

 

Tips Merawat Rambut Pendek

Tips Menata Rambut Pendek bagi Pria
via cheatsheet.com

Apapun model rambut pendek yang lo pilih, lo tetap harus menjaga keadaan rambut lo dengan baik. Di bawah ini Mas Kulin bagikan beberapa tips mudah merawat rambut pendek untuk pria:

 

1. Kenali Durasi Pertumbuhan Rambut

Rambut pria cenderung lebih cepat tumbuh dibandingkan rambut wanita. Lo perlu tahu batas tumbuh rambut lo untuk segera cukuran dan mempertahankan (atau mengganti) model rambut pendek lo. Jadi lo bisa tetap membuat penampilan rambut lo fresh supaya para wanita di sekitar lo tetap selalu klepek-klepek ngeliat lo :p

 

2. Frekuensi Keramas

Keramas secara rutin sudah jadi kewajiban bro. Harus keramas setiap hari? Gak juga kok bro. Untuk pria dengan kondisi rambut normal (produksi minyak normal), umumnya cukup keramas tiga kali seminggu. Hari lain cukup cuci rambut.

Kalau lo kebanyakan keramas, minyak rambut lo bisa cepat hilang. Padahal minyak alami ini berguna untuk mempertahankan kesehatan rambut sekaligus membuat rambut lo mengkilap.

 

3. Mengeringkan Rambut Basah

Selesai keramas atau mencuci rambut pendek, langkah berikutnya tentu mengeringkan rambut. Nah, keringkan rambut lo dengan handuk dulu sebelum menggunakan hair dryer. Selain itu, pastikan agar lo tidak mendiamkan hair dryer di satu titik yang sama agar rambut lo gak cepat rusak.

Cek juga: Tips simple menata rambut sendiri khusus buat cowok

 

4. Jaga Kesehatan Rambut

Tips terakhir yang paling penting adalah selalu menjaga kesehatan rambut. Makanlah buah dan sayur yang bernutrisi dan mengandung banyak vitamin A (untuk akar rambut) dan E (untuk kesehatan rambut). Contohnya seperti: wortel, tomat, kacang almond, bayam, dan sebagainya..

 

Jadi, Model Rambut Pendek Mana yang Mau Lo Pilih?

Dari berbagai model rambut pendek di atas, ada yang mau lo coba? Atau lo tetap mau stay dengan model rambut yang sekarang? Gak ada masalah bro, yang penting jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan rambut lo ya.

Simak juga di sini tentang memilih di antara pomade, wax, atau gel. Ikuti terus tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *