Grooming

Mudah, 12 Cara Merawat Wajah agar Awet Muda untuk Pria Dewasa!

Pria Merawat Wajah Agar Tampil Awet Muda

Setiap orang pasti akan bertambah tua. Kita gak bisa melawan kodrat alam. Meskipun begitu, penampilan fisik kita masih bisa kita jaga kok bro. Tulisan Mas Kulin ini bukan bermaksud untuk mengajak lo menjadi mellow karena sadar umur yang sudah gak muda lagi, tapi bagaimana cara merawat wajah agar awet muda untuk pria 🙂

Kenapa harus wajah? Karena wajah kita sering menjadi penentu utama dalam menerka umur kita berdasarkan penampilan fisik. Ini bukan sekedar karena ada aplikasi smartphone yang lucu-lucuan untuk memeriksa umur orang di dalam foto ya bro. Coba deh lo lihat orang-orang yang ada di sekitar lo dan terka umur mereka. Apa yang lo pertama lihat? Wajah.

Aplikasi Tebak Umur
Pernah Coba Tebak Umur Lewat Gambar?

Punya wajah dan penampilan yang masih terlihat muda dan bugar tentu punya banyak keuntungan bro. Selain lebih enak dipandang dan mudah didekati wanita (bagi yang jomblo), lo bisa memberikan impresi semangat muda dalam bekerja dan berkarya bagi orang-orang di sekitar lo. Trust me, mereka akan lebih mudah untuk diajak bekerja sama.

Selain itu, bukan gak mungkin saat tua nanti lo bisa viral kaya Chuando Tan, fotografer asal Singapura berusia 50 tahun yang masih terlihat bugar dan kekar seperti masih 30 tahun. Wah kalau punya wajah awet muda dan tubuh bagus kaya dia, para wanita dan pasangan lo bakal betah deh lengket terus sama lo.

Chuando Tan Fotografer Singapura
Chuando Tan, Fotografer asal Singapura yang Sempat Viral

Jadi, yuk langsung laksanakan beberapa cara merawat wajah agar awet muda untuk pria berikut ini:

 

1. Minum Air Putih

Minum Air Putih

Cara pertama yang paling gampang pakai banget untuk lo terapkan adalah minum air putih. Tentunya yang Mas Kulin maksud adalah minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk asupan sehari. Normalnya adalah 8 gelas atau 2 Liter per hari.

Apabila tubuh lo terhidrasi dengan cukup, kelembaban di kulit wajah lo juga akan tetap terjaga. Kalau kulit wajah lo kusam, itu akan membuat lo kelihatan lebih tua dari umur lo yang seharusnya bro.

 

2. Makan Asupan yang Mengandung Antioksidan

Asupan Antioksidan - Teh

Nah gak cuman air putih aja yang perlu dikonsumsi. Perbanyak juga makanan yang mengandung air dan antioksidan. Zat tersebut berguna untuk meperlambat proses penuaan pada kulit, termasuk wajah. Lo bisa menemukannya di dalam teh, coklat, delima, tomat, dan alpukat.

Makan buah dan sayur yang mengandung banyak air juga membantu supaya tubuh lo terus terhidrasi. Sekalian bikin kenyang dan menjaga kesehatan tubuh, wajah lo bakal tetap tampan sekaligus muda. Enak kan?

 

3. Cuci Muka dengan Benar

Cuci Muka Teratur Merupakan Salah Satu Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda untuk Pria
via huffingtonpost.com

Nah yang satu ini krusial banget buat kita para pria. Ketika mencuci muka, ada beberapa hal yang perlu lo perhatikan:

  1. Secara umum, sabun muka cair lebih cocok untuk kulit muka kering sedangkan sabun muka batangan lebih cocok untuk kulit berminyak atau lembab
  2. Jika kulit wajah lo berjerawat, lo bisa pilih pencuci muka yang mengandung asam glikolik, asal salisilik, atau benzyl peroxide. Sangat berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.
  3. Cuci muka setidaknya 2 kali dalam sehari atau setelah berolahraga untuk membersihkan wajah lo dari kotoran.
  4. Gunakan handuk khusus atau tisu wajah untuk membersihkan muka yang habis dicuci. Jangan pakai handuk badan karena kulit muka cenderung lebih sensitif daripada kulit badan.

Cek juga: Cara Gampang Mencegah Jerawat Khusus Buat Pria!

 

4. Gunakan Moisturizer

Pakai Moisturizer untuk membuat kulit awet muda
via baldingbeard.com

Khusus bagi yang kulit wajahnya kering, lo juga bisa gunakan moisturizer atau pelembab pada muka. Saat membeli sabun cuci muka atau skincare muka, cari yang fungsinya untuk melembabkan muka atau moisturizer.

Kulit muka yang agak lembab akan memberikan impresi rona wajah yang cerah dan bersinar. Akibatnya, lo akan tampak lebih awet mudah bro.

 

5. Batasi Konsumsi Alkohol dan Rokok

Hentikan Merokok

Apakah lo tipe yang suka ngedugem atau kongkow bareng teman-teman sambil minum-minuman alkohol? Kebanyakan minum alkohol akibat berdampak kurang bagus ke kulit muka lo karena alkohol mengurangi kadar air dalam tubuh. Jika lo minum-minum, maka imbangi dengan minum air putih lebih banyak.

Bagi para perokok, lo sebaiknya berhenti, atau setidaknya membatasi frekuensi merokok. Selain faktor kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan kerutan pada wajah dan membuat gigi lebih hitam. Akibatnya lo bisa tampak lebih tua.

 

6. Perbanyak Olahraga

Perbanyak Olahraga

Olahraga yang teratur juga secara tidak langsung akan berdampak pada kondisi wajah lo bro. Olahraga yang dapat membantu mempertahankan keawetan lo adalah olahraga yang bersifat endurance (meningkatkan ketahanan tubuh). Olahraga jenis ini berguna untuk memperlambat penurunan massa otot dan kepadatan tulang, dua faktor yang penting agar lo tampil awet muda.

Untuk olahraga lain, lo juga bisa menggunakan olahraga kardio karena membuat tubuh lo lebih sehat dan bugar. Tampil segar menjadi salah satu kunci juga agar lo tampak awet muda.

 

7. Lakukan Perawatan Muka Secara Teratur

Perawatan Wajah dengan Masker Lumpur

Bagi yang punya duit, lo bisa sisihkan untuk mendatangi jasa perawatan kulit atau mengunjungi dokter kulit dan mendapatkan nasihat yang berguna untuk merawat wajah agar muda untuk pria.

Selain itu, ada juga yang lo bisa lakukan sendiri dalam bentuk senam wajah. Senam atau pijat wajah berguna untuk membuat kulit muka lo lebih kencang. Proses ini membuat otot wajah lebih rileks sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan muka lo lebih segar.

 

8. Lindungi Wajah dari Sinar Matahari

Lotion Matahari

Bukan bro, lo gak harus pakai topeng atau cadar untuk melindungi wajah tampan lo dari sinar matahari. Sinar terik matahari bisa membuat tanda penuaan di kulit lo cepat muncul. Tapi tenang bro, lo gak perlu pakai benda fisik untuk melindungi wajah lo.

Jika lo berada di daerah yang terik dan akan aktif melakukan aktivitas di luar gedung, maka gunakan lotion atau spray-on sunscreen untuk melindungi muka maupun keseleruhan tubuh lo.

 

9. Pilih Model Rambut yang Tepat

Pilih Model Rambut yang Tepat untuk Pria

Ada dua faktor sih bro dalam pemilihan model rambut lo. Yang pertama, lo perlu memilih model rambut yang tepat untuk bentuk wajah lo. Ketika lo menggunakan model rambut yang gak tepat, wajah lo bisa terlihat lebih aneh dan malah kelihatan lebih tua. Sebagai contoh, rambut panjang dan kusam untuk wajah bulat malah bikin lo terlalu kaya bapak-bapak.

Yang kedua, adalah pemilihan model rambut yang menggunakan bangs (poni rambut). Karena poni rambut mengenai kulit wajah, maka lo harus merawat ekstra rambut lo agar jangan sampai minyak rambut membuat wajah lo semakin berminyak dan kusam.

Cek juga: Panduan Mudah Model Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah

 

10. Istirahat yang Cukup

Istirahat Cukup

Istirahat juga sangat mempengaruhi kondisi muka lo bro. Jika lo gak tidur dengan cukup, maka lo bisa memiliki kantung mata atau bagian mata lo akan menghitam. Akibatnya, muka lo akan tampak jauh lebih tua dari biasanya.

Untuk pria dewasa seperti kita, jumlah jam istirahat yang normal adalah 7 hingga 9 jam per hari. Jika banyaknya aktivitas membuat lo kurang tidur, maka coba sempatkan tidur siang sebentar untuk membuat tubuh lo kembali semangat dan mencegah kantung mata.

 

11. Rawat Teratur Jenggot dan Kumis

Jaga Jenggot dan Kumis

Jenggot dan kumis yang dipelihara dengan baik memang terlihat keren bro. Namun, kalau lo malas, maka yang terjadi justru kebalikannya bro. Lo bisa tampak lebih tua, bahkan mungkin lebih tua dari bapak lo sendiri.

Sebagai tambahan, pastikan lo menggunakan alat cukur yang bersih dan steril. Kalau lo sampai terluka karena alat yang lo pilih tidak berkualitas bagus, maka luka tersebut bisa menjadi jalan masuk bagi bakteri di sekitar muka lo dan malah menimbulkan jerawat.

 

12. Kurangi Stres

Kurangi Stres

Tips yang tidak kalah pentingnya dari semua tips di atas adalah manajemen stres lo. Mas Kulin sudah melihat sendiri beberapa teman kantor yang sangat stres sehingga membuat banyak jerawat di muka mereka ataupun menyebabkan keriput yang membuat mereka tampak lebih tua.

Coba cari waktu luang untuk melakukan kegiatan yang lo suka agar stres berkurang. Konsultasikan masalah yang lo rasa menjadi penyebab stres lo pada orang yang bisa dipercaya untuk mencari solusinya. Jangan biarkan stres merusak tubuh lo, baik secara fisik maupun mental.

 

Selain perawatan wajah di atas, Mas Kulin punya satu tips tambahan terakhir nih yang gak berhubungan langsung dengan wajah. Dalam keseharian, selalu perhatikan gaya berpakaian lo bro. Gak harus selalu mengikuti tren jaman now kok bro. Gaya berpakaian yang tepat akan sangat membantu agar lo tetap tampil awet muda.

Sebagai contoh, lo perlu tau gaya berpakaian yang tepat saat interview kerja supaya meningkatkan impresi si pewawancara sekaligus tampil kece. Perhatikan juga sepatu yang lo gunakan, jangan sampai gak sesuai dengan impresi yang ingin lo perlihatkan ke orang-orang di sekitar lo.

Nah, kalau lo punya tips lain, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar yah bro. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

2 thoughts on “Mudah, 12 Cara Merawat Wajah agar Awet Muda untuk Pria Dewasa!”

  1. Halo, saya pikir artikel ini sangat berguna karena membahas pentingnya menjaga penampilan awet muda. Banyak minum air dan menghindari sinar Ultraviolet dari matahari tentu penting, termasuk juga menghindari rokok dan membatasi konsumsi alkohol. Saya rasa melakukan semua ini sudah cukup supaya gak perlu lagi membeli produk anti-aging yang mahal (dan gak berguna) itu.
    Oh penggunaan moisturizer juga berguna. Ini sepertinya sebagian berguna untuk saya yang wanita dan sisanya akan saya infokan ke pacar saya. Terima kasih untuk artikelnya.

    1. Halo sis. Terima kasih juga sudah mampir. Betul banget, sebagian cara di atas apply juga kok untuk wanita. Silakan diinfo ke pacar dan jangan lupa untuk minta mampir ke blog ini ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *