Health

Wow! Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Cepat dan Mudah Dicoba!

Hilangkan Jerawat Bandel di Muka

Pernah gak sih lo udah berpakaian kece dan dandan sampai ganteng maksimal buat pergi nge-date atau ke acara kantor, tapi penampilan lo jadi canggung karena satu bintil kecil di muka? Yap, jerawat di muka memang mengganggu banget bro. Apalagi kalau muncul tanpa diundang tepat sebelum lo seharusnya berpenampilan maksimal.

Jerawat bukan hanya masalah buat para remaja aja bro. Meskipun sudah dewasa dan kulit lo mulus, jerawat tetap bisa datang tiba-tiba kalau lo gak menjaga kebersihan muka dengan baik. Kalau penasaran, lo bisa cek penyebab datangnya jerawat di tulisan ini.

Lantas, ada gak sih cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah dilakukan kalau sudah terlanjur nongol di muka keren kita? Lalu lebih baik yang alami atau pakai obat kimia? Simak jawabannya di bawah ya bro.

 

Keuntungan Menggunakan Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Bahan yang Mudah Didapat di Sekitar Kita

Kalau malas, lo memang bisa pakai obat-obatan untuk menghilangkan jerawat. Tapi, harga dari produk-produk penghilang jerawat belum tentu murah. Belum lagi efek samping terhadap kesehatan kulit lo cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan bahan alami.

Nah ini ada beberapa keuntungan lain kalau lo pakai bahan alami untuk menghilangkan jerawat:

 

1. Bahan mudah didapatkan

Kebanyakan dari bahan-bahan alami penghilang jerawat mudah diperoleh dari sekitar lo. Setidaknya, mayoritas bahan tersebut mudah ditemukan di supermarket atau minimarket yang ada di dekat tempat tinggal lo.

 

2. Harganya cenderung lebih murah daripada obat kimia

Harga bahan alami ini biasanya murah, bahkan beberapa di antaranya bisa diperoleh dengan gratis. Kalau lo gak punya budget yang banyak, lebih baik pakai bahan alami deh bro.

 

3. Cenderung mudah untuk dibuat

Sebagian besar bahan alami ini bisa langsung diaplikasikan ke muka lo tanpa melalui proses pembuatan yang ribet. Memang ada beberapa bahan alami yang juga cukup efektif menyembuhkan jerawat seperti kulit jeruk. Namun, memrosesnya hingga bisa digunakan ke wajah memakan waktu cukup lama, sehingga tidak Mas Kulin sertakan di tulisan ini.

 

Bahan-Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Menghilangkan Jerawat

Sudah percaya kalau pakai bahan alami itu cenderung lebih baik dalam urusan menghilangkan jerawat? Nah, di bawah ini Mas Kulin akan jabarkan 10 jenis bahan yang mudah ditemukan maupun diproses untuk menghilangkan jerawat yang bandel. Pastikan lo sudah cuci muka dulu ya:

 

1. Es Batu

Es Batu untuk Mengatasi Jerawat

Bahan paling mudah dan bisa diperoleh dengan gratis. Yup, lo gak salah baca. Es batu bisa digunakan untuk mengempiskan jerawat bandel di wajah lo. Langkah sederhananya:

  1. Siapkan air bersih yang steril
  2. Bekukan dalam freezer di kulkas
  3. Siapkan beberapa es batu dan kain bersih
  4. Bungkus es batu dengan kain lalu diamkan beberapa detik dekat jerawat
  5. Ulangi proses ini pada setiap area jerawat hingga mengempis

 

2. Pasta Gigi

Pasta Gigi Membantu Menghilangkan Jerawat

Bahan lain yang seharusnya lo sudah punya adalah pasta gigi. Cukup oleskan pasta gigi tersebut pada jerawat dan diamkan selama 2 jam atau bawa tidur semalaman. Setelah selesai, basuh muka lo dengan air bersih dan keringkan dengan handuk muka yang bersih.

Namun, ada sedikit hal yang perlu diperhatikan nih:

  1. Kulit lo gak sensitif? Pakai yang mengandung fluoride karena bisa mengurangi peradangan kulit.
  2. Kulit lo termasuk sensitif? Gunakan pasta gigi yang kandungan fluoride-nya rendah.
  3. Lebih bagus lagi jika pasta gigi mengandung bahan organik

 

3. Putih Telur

Putih Telur dapat Mengatasi Jerawat

Punya simpanan telur segar? Kalau gak ada, lo bisa temukan dengan mudah di supermarket. Telur ayam kampung atau negeri gak masalah, karena yang penting di sini adalah putih telurnya. Kandungan di putih telur berupa enzim lysozim dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat serta mengurangi minyak berlebih di muka.

Cara pakainya mudah:

  1. Ambil satu butir telur saja
  2. Pisahkan putih telur dari bagian kuning telurnya
  3. Oleskan pada jerawat dan area sekitarnya hingga mengering
  4. Tunggu sebentar lalu basuh muka dengan air hangat yang bersih

 

4. Madu

Madu dapat Membersihkan Jerawat

Madu merupakan bahan alami yang punya segudang manfaat. Gak cuman untuk kesehatan, madu sudah digunakan untuk perawatan kecantikan sejak dulu. Dalam hal jerawat, madu berguna untuk mencegah peradangan kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara pakainya sebagai berikut:

  1. Siapkan kapas dan 3 sendok makan madu alami
  2. Oleskan seluruh madu tersebut ke kapas secukupnya
  3. Aplikasikan kapas ke bagian yang berjerawat.
  4. Diamkan selama kurang lebih 30 hingga 45 menit hingga kering
  5. Basuh muka dengan air hangat bersih
  6. Kalau belum hilang, lakukan hal ini 3 kali dalam seminggu

 

5. Gula Murni

Gula Murni Berguna Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Bukan cuman sebagai pemanis di makanan, gula murni juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Gula murni mengandung senyawa AHA dan asam glikolat yang membantu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, gula murni dapat membunuh bakteri penyebab jerawat juga lho.

Cara menggunakannya juga mudah:

  1. Campurkan satu sendok makan air dan dua sendok makan gula. Berlaku kelipatan.
  2. Aduk campuran tersebut hingga terbentuk pasta
  3. Oleskan pasta gula / scrub gula tersebut pada bagian yang berjerawat
  4. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  5. Bilas muka dengan air hangat bersih dan gunakan handuk bersih.

 

6. Ketimun

Ketimun Mengandung Antioksidan untuk Membersihkan Jerawat

Sering lihat gambar cowo/cewe memakai ketimun di muka seperti di atas? Ternyata selain sebagai lalapan, ketimun juga membantu dalam menghardik jerawat nakal. Hal ini dikarenakan ketimun mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membersihkan jerawat dan melembabkan kulit.

Seperti bahan yang lain, cara menggunakannya gampang kok bro:

  1. Potong ketimun menjadi beberapa lapisan tipis
  2. Letakkan pada jerawat lo dan diamkan sekitar 15 menit
  3. Basuh muka dengan air bersih yang hangat
  4. Kalau mau maksimal, buat campuran jus ketimun dan jeruk nipis untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh

 

7. Lidah Buaya

Lidah Buaya juga dapat Menghilangkan Jerawat

Lidah buaya gak cuman bagus untuk rambut bro. Bahan alami satu ini juga sangat dikenal dalam mengatasi jerawat. Kandungan gel lidah buaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dapat membantu membersihkan dan melembabkan kulit.

Nah lidah buaya ini butuh sedikit effort untuk memrosesnya, tapi efeknya mantep bro:

  1. Siapkan satu potong lidah buaya dan potong menjadi dua bagian
  2. Iris dan buang bagian berdurinya
  3. Iris bagian atas lidah buaya untuk mengambil gel-nya
  4. Ambil wadah bersih kosong dan masukkan gel lidah buaya
  5. Haluskan gel dengan cara dikocok memakai garpu
  6. Oleskan gel tersebut pada bagian yang berjerawat dan diamkan sekitar 5 menit
  7. Bilas muka dengan air dingin yang bersih

 

8. Baking Soda

Baking Soda Berguna untuk Membersihkan Jerawat

Gak hanya untuk membuat roti dan kue, baking soda juga bisa dipakai untuk membantu mengusir jerawat lo. Hal ini karena baking soda bersifat basa, dapat menetralkan tingkat keasaman pada kulit untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara pakainya sama dengan gula murni di atas:

Follow Instagram Mas Kulin

  1. Campur 2 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan air
  2. Aduk dan buat menjadi pasta
  3. Sebelum memakainya, coba oleskan sedikit pada kulit wajah di pinggir untuk mengecek kemungkinan alergi. Jika memerah dan gatal, sebaiknya beralih ke bahan lain.
  4. Oleskan pada jerawat selama kurang lebih 30 menit
  5. Bersihkan muka dengan air hangat bersih dan handuk bersih

 

9. Bawang Putih

Bawang Putih dapat dipakai untuk Mengatasi Jerawat
Bawang Putih itu Kedua dari Kanan ya Bro 🙂

Gak hanya jago membuat air mata tumpah, bawang putih juga ampuh dalam mengatasi jerawat. Bawang putih mengandung senyawa thriacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat dan allicin yang dapat menangkal berbagai bakteri penyebab jerawat.

Cara memakainya juga mudah kok bro:

  1. Haluskan bawang putih
  2. Oleskan kepada area kulit yang berjerawat
  3. Diamkan dulu sekitar 5 menit
  4. Basuh muka dengan air bersih yang hangat

 

10. Lemon

Lemon juga dapat Menghilangkan Jerawat

Lemon memiliki kandungan Asam Askorbat-L yang bisa mengurangi peradangan kulit dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Sebagai tambahan, lemon juga dapat membuat wajah lebih cerah lho bro.

Penggunaannya pada jerawat juga mudah, dan disarankan untuk rutin melakukannya setiap hari supaya kulit muka lo makin kinclong:

  1. Ambil satu buah lemon
  2. Tekan sambil guling-gulingkan buah lemon selama beberapa saat
  3. Potong lemon menjadi dua bagian lalu peras setiap bagian tersebut
  4. Oleskan air hasil perasan lemon ke bagian kulit yang berjerawat
  5. Tunggu sekitar 15 menit
  6. Basuh muka dengan air dingin yang bersih

 

Tips Tambahan Pemakaian Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Aha! Ikuti Tips Tambahan ini Untuk Memperlancar Usaha Mengatasi Jerawat

Oke bro, sudah selesai membuat obat alami buat jerawat lo? Mas Kulin akan bagikan beberapa tips tambahan supaya obat alami tersebut bisa bekerja dengan lebih maksimal:

 

1. Ikuti dengan Pola Makan Sehat

Jika sampai timbul jerawat, maka tahan diri dari makanan yang kurang menyehatkan seperti junk food atau berminyak tinggi untuk sementara. Makanlah banyak buah supaya membantu menghancurkan racun dan jerawat dari dalam.

 

2. Hentikan Jika Terjadi Iritasi

Tidak hanya yang kimia, yang alami pun bisa jadi memberikan reaksi alergi. Kalau sampai saat pemakaian obat alami timbul reaksi alergi seperti muka memerah, hentikan penggunaannya dan istirahatkan muka lo sejenak. Lalu, cobalah dengan bahan alami lain yang tidak menimbulkan reaksi alergi

 

3. Cukur Bulu dengan Alat Berkualitas Baik

Bagi lo yang memelihara kumis dan jambang, pastikan untuk menggunakan alat cukur yang bersih dan berkualitas baik. Kalau sampai kulit muka lo gak sengaja terluka, kemungkinan jerawat untuk timbul akan membesar.

 

4. Lakukan Pencegahan Sebelum Timbul Jerawat

Sedia payung sebelum hujan alias lebih baik mencegah daripada mengobati. Terapkan beberapa hal yang bisa lo lakukan untuk mencegah jerawat seperti rajin mencuci muka yang bersih ya bro.

 

Sudahkah Jerawat Lo Teratasi dengan Maksimal?

Semoga tulisan di atas dapat membantu lo untuk mengenyahkan jerawat yang membandel ya bro. Jika lo tau cara lain untuk menghilangkan jerawat secara alami, maka silahkan bagikan di kolom komentar. After all, sharing is caring 🙂

Cek juga tulisan lain di blog ini seputar Casual Men’s Lifestyle. Pastinya, maskulin banget bro!

2 thoughts on “Wow! Ini Dia 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Cepat dan Mudah Dicoba!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *