Health

10 Cara Mencegah Jerawat Khusus Pria yang Perlu Lo Praktekkan Segera!

Cara Mencegah Jerawat

Gak cuman remaja maupun cewek, cowok dewasa juga sering memiliki keluhan seputar jerawat. Dibandingkan dengan para Hawa, kaum Adam memang cenderung berpotensi memiliki jerawat karena lebih aktif melakukan kegiatan fisik.

Apa sih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat? Ada gak sih cara untuk mencegah jerawat timbul di muka kita? Nah, pada tulisan kali ini, Mas Kulin akan coba jabarkan semuanya di bawah ya.

Penyebab Timbulnya Jerawat pada Kulit Muka

Penyebab Timbulnya Jerawat di Kulit Muka
via vitaminkita.net

“Kenapa sih bisa muncul jerawat di kulit muka gw yang halus?”, ini merupakan pertanyaan sungguhan yang dilontarkan teman Mas Kulin. Kulit muka dia yang normalnya mulus bisa tetap saja disambangi oleh jerawat.

Sebelum masuk ke pencegahan, ada baiknya lo tahu dulu beberapa hal umum yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat:

  1. Jenis kulit yang memang berminyak
  2. Sering makan yang berminyak, terutama makanan gorengan crispy
  3. Banyak makan kacang, terutama kacang tanah yang mengandung minyak
  4. Sering memegang wajah dalam kondisi tangan kotor
  5. Malas membersihkan muka dari kotoran dan debu yang menumpuk
  6. Sering minum alkohol. Alkohol membuat tubuh kering sehingga jerawat mudah muncul
  7. Jarang keramas / membersihkan rambut. Rambut kotor menyentuh wajah menyebabkan jerawat mudah muncul
  8. Stress tingkat tinggi
  9. Faktor keturunan dari orangtua yang memang mudah berjerawat
  10. Infeksi dari bakteri. Kalau untuk yang satu ini, lo perlu ke dokter kulit

 

Cara Mencegah Jerawat

Nah kalau sudah punya bayangan terhadap beberapa hal yang bisa menyebabkan jerawat, maka lo bisa mulai menyusun rencana untuk mengantisipasinya. Berikut ini beberapa cara mencegah jerawat yang dapat dilakukan oleh kita para kaum Adam:

 

1. Pakai Alat Cukur yang Bagus dan Bersih

Cara Mencegah Jerawat Timbul pada Pria - Pakai Alat Cukur Bersih
via ulmerderm.com

Buat lo yang rajin mencukur jambang atau kumis, pastikan alat yang lo pakai steril dan memiliki kualitas yang baik. Kebersihan mungkin sudah jelas, tapi kualitas alat juga perlu dijaga.

Pasalnya kalau lo sering terluka saat mencukur, luka tersebut akan menjadi jalan masuk bakteri penyebab jerawat untuk mendirikan koloninya dan menguasai kulit wajah lo.

 

2. Hindari Terlalu Sering Begadang

Jangan Begadang
via everydayhealth.com

Sering nonton bola atau main game lewat tengah malam? Kalau memungkinkan, gak ada salahnya lo coba menyesuaikan waktu tidur lo bro. Sering begadang membuat tubuh lebih mudah lelah dan rentan kena penyakit, termasuk datangnya jerawat.

At least, usahakan jumlah waktu tidur lo cukup deh meskipun tidur lewat tengah malam. Waktu tidur yang normal untuk pria dewasa ada di kisaran 6-8 jam per hari. Badan yang fit akan membantu untuk meminimalisir potensi datangnya serangan si jerawat.

 

3. Hati-hati Saat Menggunakan Produk Styling Rambut

Awas Pakai Produk Styling Rambut seperti Pomade dan Gel
via viralplots.com

Suka pakai pomade atau wax? Nah lo perlu ekstra hati-hati kalau lo punya rambut yang agak panjang.

Beberapa produk styling rambut seperti oil-based pomade memberikan ekstra minyak pada rambut. Jadi kalau rambut lo yang sudah terkena pomade ini mengenai wajah lo, maka minyak ekstra tersebut dapat membuat wajah lo semakin berminyak.

Cek juga: Pomade, Wax, Clay, atau Gel – Mana yang Pas untuk Rambut Lo?

 

4. Rajin Mencuci Wajah Secara Teratur

Rajin Cuci Muka

Salah satu penyebab utama jerawat adalah wajah yang kotor. Ditambah lagi, kita para pria cenderung aktif secara fisik sehingga lebih mudah berkeringat dan menyebabkan wajah kotor.

Nah, usahakan untuk rajin mencuci wajah lo dua kali dalam sehari. Yang pertama saat jam istirahat siang, dan yang kedua saat sore/malam hari di rumah. Saran ini tetap berlaku bagi lo yang beraktivitas indoor maupun ngantor ya bro, karena kotoran bisa datang dari mana saja.

Oh ya, pastikan untuk sering cuci tangan juga karena kalau tangan lo yang kotor menyentuh wajah lo, bakteri penyebab jerawat bakal mudah berkembang biak lagi.

 

5. Jadwalkan Berolahraga Secara Rutin

Rajin Berolahraga secara Rutin

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Olahraga secara rutin bukan hanya berfungsi untuk menyehatkan badan lo, tapi juga bisa membantu untuk mengatasi jerawat. Jangan lupa untuk mandi dan cuci muka yang bersih agar kotoran dan keringat tidak malah menyebabkan jerawat datang.

Olahraga gak harus melulu main futsal atau sparring bulutangkis kok. Coba daftarkan diri ke klub fitness terdekat di tempat lo. Buat yang sibuk, lo juga bisa sempatkan untuk olahraga rutin di rumah dengan sekedar jogging di tempat, sit up, dan push up. Lumayan untuk bantu bentuk badan juga.

Cek juga: Cara mudah untuk hidup lebih sehat sehari-hari!

 

6. Hindari Memencet Jerawat

Jangan Pencet Jerawat merupakan Salah Satu Cara Mencegah Jerawat

Kalau misalkan sudah terlanjur ada jerawat yang mulai timbul, hindari untuk menyentuh apalagi memencet jerawat hingga pecah. Memang kalau kita pencet-pencet hingga darah kotor dan lemak keluar, jerawat bisa kempis lagi. Namun, siap-siap menanggung beberapa akibat fatal berikut ini:

  1. Bekas darah kotor dan lemak yang muncrat ke mana-mana akan mengotori area kulit lain, sehingga memungkinkan jerawat untuk menyebar
  2. Kulit bekas jerawat yang dipencet dapat menyebabkan bopeng (bekas luka), yang justru lebih sulit lagi untuk hilang.
  3. Kalau jerawat gagal pecah, jerawat lo bisa semakin bengkak
  4. Terjadi infeksi otak. Terdengar lebay? Ternyata gak juga bro. Menurut sumber, kalau lo suka memencet jerawat yang terletak di dekat pangkal hidung, maka ada kemungkinan lo bisa kena meningitis. Sebab, ada saluran vena yang terhubung ke otak di sana. Kuman bisa masuk lewat luka jerawat di sana dan menyebar ke otak. Serem kan?

 

7. Kurangi Stress

Kurangi Stress

Psikologi juga memberikan dampak yang besar pada kesehatan bro, termasuk kulit muka. Mas Kulin sudah berkali-kali melihat teman yang jerawatan akibat stress banget dengan kerjaan di kantor atau masalah hidup lain. Begitu sudah gak stress, jerawatnya hilang dengan sendirinya.

Jika lo merasa stress, maka coba lo identifikasi dulu penyebab stres lo. Konsultasikan dengan orang yang bisa dipercaya untuk mencari solusinya bersama. Coba lakukan hobi favorit atau pergi berlibur untuk mengurangi tingkat stres. We will have another topic about dealing with stress in another time.

Update: Cek di sini untuk cara mengatasi stres secara sederhana

8. Banyak Minum Air Putih

Minum Air Putih

Dehidrasi menyebabkan tubuh dan kulit menjadi kering, sehingga jerawat akan rentan mendatangi kulit lo. Biasakan untuk banyak minum air putih agar tubuh lo tetap segar dan kulit lo lebih lembab.

Bagi lo yang suka minum alkohol, imbangi dengan minum air putih lebih banyak ya. Ukuran normal minum air putih bagi pria dewasa adalah 2 Liter air atau 8 gelas per hari. Tentunya lo perlu lebih banyak lagi kalau lu suka minum alkohol atau sangat aktif secara fisik.

Follow Instagram Mas Kulin

 

9. Gunakan Handuk Khusus Muka

Pakai Handuk Muka
via pinterest.com

Salah satu kesalahan yang sering banget kita lakukan adalah menggunakan handuk yang sama untuk tubuh dan muka setelah mandi.

Kulit muka cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit bagian tubuh lain, sehingga perawatan dan kebersihannya juga tentu harus beda sendiri bro.

 

10. Hindari Bahan Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Alergi

Hindari Makanan Berminyak seperti Kacang-kacangan

Gak cuman faktor eksternal, faktor internal juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Nah, lo perlu menyadari makanan apa yang menyebabkan alergi bagi tubuh lo, karena tiap orang tentu berbeda.

Gak cuman yang menyebabkan alergi, lo juga bisa mengurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak tinggi seperti gorengan dan kacang-kacangan.

Teman Mas Kulin ada yang sensitif dengan kacang, di mana hanya makan sedikit saja sudah bisa berjerawat. Buat lo penyuka kacang dan gorengan, lo bisa coba mengira-ngira batas aman makan makanan tersebut. Kalau selama ini aman dan lo rajin membersihkan muka lo, berarti resistensi lo terhadap minyak dari makanan cukup tinggi. So, lo bisa sedikit mengabaikan saran yang satu ini.

 

Tambahan: Gunakan Skincare!

Pria Pakai Pelembab Skincare
via beautyhealthtips.in

Apakah lo menggunakan produk perawatan muka selain sabun cuci muka?

Jika belum, lo bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakannya secara rutin bro. Skincare berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan melindunginya dari terpaan sinar matahari menyengat yang bisa merusak kulit.

Saat kulit lo kotor dan berminyak, jerawat akan mudah mendatangi lo bro.

Simak berbagai tips dan penggunaan skincare untuk pria di artikel ini ya. Gak ribet kok.

Masihkah Jerawat Bandel Mendatangi Muka Lo?

Sudah mencoba untuk mencegah jerawat datang dengan berbagai cara di atas tapi jerawat masih datang? Mau gak mau, lo perlu menghilangkan jerawat tersebut. Lo bisa mencoba menghilangkan jerawat dengan cara alami yang mudah dilakukan.

Bagi yang tahu cara lain bisa share di kolom komentar. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

Salam Semangat,

Mas Kulin

6 thoughts on “10 Cara Mencegah Jerawat Khusus Pria yang Perlu Lo Praktekkan Segera!”

  1. Artikel yang sangat bagus tentang jerawat. Saya gunakan beberapa di antaranya untuk jerawat ketika saya masih muda. Ya, kulit berminyak bisa menjadi faktor utamanya.
    Artikel bagus, Setuju untuk minum banyak air dan jauhi makanan berminyak!

    1. Yup benar bro. Thanks sudah mampir. Ya jauhi makanan berminyak atau konsumsinya dibatasi banget deh hahaha

    1. Terima kasih mas bro. Blog grooming Indo memang kebetulan masih jarang sih. Sering-sering mampir yah buat dapat banyak tips dan informasi bermanfaat seputar grooming dan lifestyle kasual 🙂

  2. Saya sendiri sebenarnya tidak melakukan terlalu banyak usaha untuk mencegah jerawat. Saya sadar kalau dulu waktu masih remaja saya sempat terserang jerawat, tapi untung akhirnya hilang semua. Saya akui kalau saya jarang mencuci muka secara teratur (tapi saya tetap mandi kok), soalnya saya merasa mencuci wajah terlalu sering membuat wajah saya kering.

    Ada rekomendasi untuk untuk mencegah kekeringan wajah?

    1. Halo sis, terima kasih sudah mampir ya ke blog ini dan thx untuk sharing-nya. Jika sis merasa wajah mudah kering saat mencuci muka, maka kulit muka sis tipe yang tidak terlalu berminyak. Untuk muka tipe ini memang tidak disarankan untuk mencuci terlalu sering agar minyak di wajah tidak sampai hilang sama sekali.

      Kalau sis ingin tetap mencuci muka, gunakan skincare dengan tipe moisturizer / pelembab muka setelah mencuci muka. Moisturizer mudah ditemukan di retail kesehatan & kecantikan. Jika ada yang masih kurang jelas, silakan bertanya lagi ya. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *