Grooming

10 Cara Meluruskan Rambut Pria Yang Gampang Dilakukan!

Cara Meluruskan Rambut Pria

Setiap orang dilahirkan dengan karakteristik rambut yang berbeda-beda. Ada yang rambutnya bergelombang, ikal, afro, lurus, dan sebagainya. Setiap jenis rambut sebenarnya punya keuntungan masing-masing bro, tapi banyak juga yang penasaran dengan cara mengubah jenis rambut mereka.

Salah satunya mungkin lo bro. Pertanyaan yang paling umum tentang perubahan ini adalah cara meluruskan rambut pria. Wajar sih, karena kebanyakan iklan shampo dan produk perawatan rambut di negara kita menggunakan model yang rambutnya lurus. Jadi ada semacam mindset bahwa rambut yang bagus itu adalah lurus dan berkilau. Hmm.

Well, we’ll talk about the benefits of other hair types later. Buat sekarang, bagi lo yang penasaran dengan cara bikin rambut lo jadi lurus, teruskan baca ke bawah ya.

 

Keuntungan Rambut Lurus Bagi Pria

Keuntungan Rambut Lurus untuk Pria

Bicara soal rambut lurus buat kita para cowok, ada beberapa keuntungan yang bisa lo peroleh selain mempermudah casting menjadi model produk perawatan rambut:

 

1. Mudah untuk Ditata

Rambut lurus dan apalagi pendek buat cowok membuat kita mudah menata rambut. Ada banyak banget model rambut keren yang memanfaatkan rambut lurus. Buat lo yang bosenan, mengubah rambut jadi lurus bakal menguntungkan karena lo punya banyak variasi model rambut untuk lo coba.

Cek juga: 30 Model Rambut Pendek Pria Super Kece Buat Lo!

 

2. Lebih Terkesan Rapi

Rambut lurus memberikan kesan rapi. Hal ini membuat lo yang berambut lurus mudah untuk beradaptasi di berbagai macam lingkungan, seperti lingkungan kerja yang biasanya membutuhkan penampilan rapi maupun pergaulan dengan teman-teman lo yang cukup berpenampilan kasual saja.

 

Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami

Cara pertama yang bisa lo lakukan untuk meluruskan rambut lo adalah dengan bahan-bahan alami. Hanya saja, lo perlu ingat bahwa cara ini tidak instan dan butuh konsistensi untuk melakukannya dalam jangka panjang.

Berikut ini beberapa bahan alami yang cukup mudah didapat dan diolah sebagai pelurus rambut pria:

(Catatan: Air ‘hangat’ yang dimaksud di bawah adalah air pada temperatur normal, bukan air panas) 

 

1. Susu

Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Bahan Alami - Pakai Susu Murni

Bahan alami pertama yang pastinya lo mudah banget dapat adalah susu. Bukan sembarang susu, tapi susu cair murni. Manfaat dari susu ini memang hebat banget bro. Gak cuman untuk diminum, tapi berguna juga untuk kesehatan rambut lo. Misalnya, rambut lo akan lebih lembab, memberi kilau alami, dan menguatkan akar rambut.

Cara melakukannya mudah kok bro:

  1. Siapkan bahan berikut: Susu cair murni, air, dan botol semprot
  2. Campurkan susu dengan air agar lebih encer
  3. Masukkan ke dalam botol semprot
  4. Semprotkan ke seluruh permukaan rambut hingga merata
  5. Sisir rambut hingga lurus dan biarkan antara 30 menit hingga sejam hingga kering
  6. Keramas rambut lo hingga bersih dengan air dingin.
  7. Lakukan ini secara rutin setiap seminggu sekali agar hasilnya maksimal

 

2. Telur

Telur

Sama seperti susu, telur juga ternyata bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lurus karena sifatnya yang lengket bro. Tidak hanya bagus juga untuk dikonsumsi tubuh, telur dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Cara menggunakan telur untuk rambut ini juga cukup mudah bro:

  1. Siapkan 1 butir telur ayam kampung (atau 2 kalau rambut lo panjang)
  2. Pecah dan kocok telur tersebut di dalam sebuah mangkok
  3. Oleskan kocokan telur secara merata ke seluruh rambut lo
  4. Diamkan beberapa saat hingga kering (sekitar 30 menit hingga sejam)
  5. Keramas rambut lo sampai bersih dengan air hangat
  6. Lakukan ini secara rutin setiap seminggu sekali agar hasilnya maksimal

Sebagai catatan tambahan, lo juga bisa pakai campuran minyak zaitun (setengah cangkir) atau jeruk nipis (dua sendok makan) kalau mau hasil lebih maksimal.

Cek Juga: Lagi Jerawatan Bro? Bersihkan dengan Bahan-Bahan Alami Berikut!

 

3. Daun Seledri

Daun Seledri

Bahan alami yang satu ini mungkin gak kepikiran ya sebelumnya bro. Seledri gak cuman enak saja ketika dimakan bareng sop sayur. Selain meluruskan rambut, daun seledri dapat digunakan untuk menghitamkan dan membuat rambut lebih lebat.

Cara memanfaatkannya masih mudah bro:

  1. Siapkan segenggam daun seledri yang sudah dicuci bersih
  2. Tumbuk atau giling daun seledri hingga halus.
  3. Campurkan air lalu aduk hingga rata dalam suatu wadah.
  4. Peras hasil adukan tersebut ke dalam botol kosong, lalu diamkan semalaman
  5. Besoknya, gunakan air perasan tersebut kepada rambut lo sambil dipijat sekitar 5 menit
  6. Diamkan selama sekitar 1 jam, lalu keramas hingga rambut lo bersih
  7. Ulangi beberapa kali dalam seminggu hingga hasilnya terlihat.

 

4. Pisang

Pisang

Nah ini buah favoritnya Mas Kulin. Rasanya enak, bikin tubuh sehat, mudah didapat, dan ternyata berguna juga buat meluruskan rambut pria. Selain itu, pisang juga bagus untuk memberikan nutrisi kepada rambut agar tetap sehat.

Cara memakai pisang untuk meluruskan rambut lo sebagai berikut:

  1. Siapkan satu buah pisang matang
  2. Haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender
  3. Oleskan secara merata ke seluruh rambut lo
  4. Diamkan beberapa lama hingga kering (antara 30 menit hingga 1 jam)
  5. Keramas rambut lo hingga bersih dengan air hangat
  6. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali per minggu

 

Cek juga: Cara Hidup Sehat Sehari-hari untuk Mendatangkan Kebahagiaan!

 

5. Pepaya

Pepaya sebagai Bahan Alami untuk Cara Meluruskan Rambut Pria secara Alami

Alternatif buah pisang adalah pepaya. Sambil lo beli pepaya untuk dimakan, sisakan sebagian untuk ritual meluruskan rambut ini. Kandungan serat pada pepaya berguna untuk memperkuat dan memperindah rambut lo.

Pepaya juga berguna untuk meluruskan rambut lo. Caranya mirip dengan pisang yang tadi:

  1. Siapkan pepaya matang secukupnya
  2. Haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender
  3. Oleskan pepaya halus secara merata ke seluruh rambut lo sambil pijat kepala ringan
  4. Diamkan beberapa lama hingga kering (antara 30 menit hingga 1 jam)
  5. Keramas rambut lo hingga bersih dengan air hangat
  6. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali per minggu

 

6. Wortel

Wortel dan Bugs Bunny

Buat yang suka wortel ada kabar baik nih. Lo bisa gunakan wortel tersebut untuk membuat rambut lo jadi lurus juga. Sayuran oranye ini juga berguna untuk menyehatkan rambut secara alami.

Cara memanfaatkan wortel untuk meluruskan rambut adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 buah wortel yang sudah dicuci bersih
  2. Parut wortel tersebut lalu peras
  3. Tampung air perasan wortel ke dalam wadah botol
  4. Tuangkan air perasan wortel ke seluruh rambut lo secara perlahan
  5. Lakukan ini sambil pijat kepala secara merata
  6. Biarkan selama sekitar 30 menit lalu basuh rambut lo sampai bersih

Cek juga: Cara Mudah agar Pria Bisa Tampil Keren Sehari-hari!

 

Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Modern

Cara kedua yang bisa lo lakukan tentunya dengan alat-alat modern. Dibandingkan bahan alami, hasilnya cenderung instan. Namun, lo tetap perlu melakukannya secara reguler agar rambut lo tetap terlihat lurus.

Cek beberapa caranya di bawah ini:

 

1. Hair Dryer

Hair Dryer
via cheatsheet.com

Buat yang punya hair dryer, lo bisa pakai alat ini untuk meluruskan rambut lo. Ketika habis keramas, keringkan rambut lo dengan handuk sedikit saja. Jadi rambut lo masih dalam keadaan setengah basah.

Setelah itu, lanjut keringkan dengan hair dryer dari arah depan ke belakang. Hindari mendiamkan hair dryer di satu area yang sama agar rambut lo tidak sampai rusak. Lalu, gunakan obat pelurus rambut agar rambut lo bisa lurus.

Kalau lo gak pakai obat, cara ini bisa berhasil bagi yang rambutnya hanya sedikit ikal atau bergelombang. Tapi itupun hanya berlaku sepanjang hari saja.

 

2. Shampo Pelurus Rambut

Shampo Pelurus Rambut
via theidleman.com

Buat yang gak mau pakai hair dryer, lo juga bisa gunakan shampo pelurus rambut. Shampo tipe ini mengandung bahan-bahan yang membuat rambut lo lebih lembut, halus, dan mudah diatur seperti bio nutrium dan ekstrak tumbuh-tumbuhan.

Penggunaannya sendiri mudah, yaitu keramaslah dengan menggunakan shampo pelurus rambut, bukan dengan shampo biasa. Penggunaannya efektif untuk waktu yang singkat saja, jadi lo perlu pakai shampo ini secara berkala ya bro.

Cek juga: Tambahan Inpirasi Gaya Rambut, Termasuk Model Rambut Pendek Pria Korea!

 

3. Alat Catok

Alat Catok Rambut Pendek untuk Pria
via wikihow.com

Pernah dengar alat catok? Alat ini biasanya dipakai para cewek untuk membuat rambut mereka lebih lurus. Nah, cowok juga bisa pakai bro. Hanya saja, kalau rambut lo pendek maka gunakan alat catok khusus rambut pendek.

Mula-mula, alat catok harus dipanaskan (biarkan menyala) selama 2-3 menit. Lalu jepit rambut lo selama sekitar 5 detik sebelum beralih ke bagian rambut lain. Jangan diamkan alat catok di tempat yang sama terlalu lama karena bisa membuat rambut lo terbakar. Selain itu, jangan mencatok terlalu dekat dengan akar rambut

Selama mencatok, atur suhu alat catok dalam kondisi paling rendah agar rambut lo bisa lurus lebih alami. Kalau lo ragu pakai alat catok, bisa minta bantuan cewek atau teman yang ahli buat ajarin cara pakainya bro :p

Cek juga: Cara Mencukur Rambut Sendiri untuk Pria!

 

4. Perawatan di Salon

Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Modern - Rebonding untuk Pria
via menhairstyleslab.com

Cara terakhir yang juga praktis tapi butuh duit adalah dengan perawatan di salon. Pernah dengan istilah rebonding dan smoothing rambut yang dilakukan cewek? Yup, cowok juga bisa menggunakan jasa yang sama.

Lo bisa gunakan rebonding jika ingin hasil yang lebih permanen dan harga lebih murah, tapi hasilnya rambut lo akan lurus agak kaku. Rebonding lebih cocok untuk rambut yang lumayan atau sangat ikal atau bergelombang.

Kebalikannya, smoothing cenderung gak permanen dan lo musti lebih sering balik ke salon. Ditambah dengan biaya yang lebih mahal, tapi rambut lebih halus dan gak terlalu merusak ke rambut. Smoothing lebih cocok kalau rambut lo cuman sedikit ikal atau bergelombang.

Cek juga: Tips Keuangan yang Mudah Diterapkan Sehari-hari oleh Pria Milenial!

 

Tips Untuk Memelihara Rambut Agar Tetap Halus

Tips Menjaga Rambut Halus bagi Pria

Meskipun rambut lo sekarang sudah jadi lurus, lo tetap harus menjaga agar rambut lo bisa tetap lurus dan halus. Konsistensi menggunakan bahan alami atau cara modern di atas tidak cukup. Lo perlu menerapkan beberapa tips simpel di bawah ini:

 

1. Jangan Keramas Secara Berlebihan

Seperti yang sudah Mas Kulin bagikan di blog ini beberapa kali, frekuensi keramas sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut lo. Keramas tiap hari itu gak bagus bro, karena bisa menghapus minyak alami rambut yang berfungsi untuk bikin rambut berkilau dan tetap sehat. Frekuensi keramas yang normal adalah tiga kali dalam seminggu.

Cek juga: Cara Membersihkan Ketombe yang Ampuh untuk Pria!

 

2. Hindari Terik Sinar Matahari Berlebihan

Rambut yang sering terkena terik matahari berpotensi rusak lebih cepat. Jika lo gak pakai bahan alami untuk meluruskan rambut, kesehatan rambut lo bisa semakin terancam bahaya. Gunakan topi atau usahakan agar rambut lo tidak sering terpapar terik sinar matahari.

 

3. Jaga Pola Makan yang Sehat

Kesehatan rambut juga perlu dijaga dari dalam bro. Jaga pola makan yang sehat dan banyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A dan K yang berguna untuk kesehatan rambut. Contohnya antara lain kacang almond, tomat, wortel, dan bayam.

 

Jadi Apakah Lo Siap Mengubah Rambut Jadi Lurus?

Rambut lurus maupun yang gak lurus sebenarnya sama-sama bagus untuk penampilan lo kok bro. Hal paling penting adalah lo memilih model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah lo, supaya penampilan lo bisa kece maksimal.

Selain itu, lo juga bisa menggunakan pomade atau wax untuk membuat rambut lo tampil lebih kece. Cek di sini untuk perbedaan berbagai produk styling rambut yang cocok buat rambut lo!

Buat lo yang punya saran lain untuk meluruskan rambut, silakan bagikan di kolom komentar ya. Cek juga tulisan lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

60 thoughts on “10 Cara Meluruskan Rambut Pria Yang Gampang Dilakukan!”

    1. Itu maksudnya air biasa aja bro yang lumayan dingin, seperti air di kamar mandi pas pagi hari kan dingin tuh kerasanya. Gak harus air es kok.

    1. Yang alami ya? Kurang disarankan sih bro, karena lo kan harus keramas rambut setelah menggunakan bahan-bahan tersebut. Keramas tiap hari bisa membuat rambut lo terlalu kering. Kalau mau lebih sering, sebaiknya jangan lebih dari 3 atau 4 kali per minggu dulu bro (jadi selalu dibarengi dengan hari di mana lo keramas rambut).

    1. Pakai shamponya setelah selesai dibilas bersih sebisanya ya bro. Tujuannya buat ngurangin bau yang menempel + sisa-sisa telur yang masih menempel. Kalau lo ada conditioner, bisa pakai itu dulu baru pakai shampo.

      Oh ya, air hangat itu maksudnya air pada suhu yang cenderung normal ya bro, bukan air panas (sudah gw tambahkan keterangannya di artikel di atas). Selamat mencoba

    1. Kalau soal mana yang lebih ampuh sebenarnya tergantung kecocokan orang sama bahannya sih bro. Bahkan bisa jadi gak beda jauh soal keampuhannya untuk setiap metode alami. Kalau di luar negeri, bahan telur dan susu yang paling sering dibicarakan sih untuk jadi bahan alami pelurus rambut (baik pria maupun wanita).

  1. Jadi gini bro,rambut adek gw itu kusam,kering,keriting,mengembang dan klo misalnya abis pakai topi itu rambut cenderung terlihat kemerah merahan,
    Langkah ampuh buat rambut adek gw terlihat normal gimana ya?apa harus rambut adek gw dibotakin dlu lalu gunain cara yg diatas??

    1. Sejujurnya gw baru mendengar kasus rambut cenderung terlihat kemerahan setelah pakai topi. Kalau dalam keadaan normal, warna rambutnya tetap hitam? Dan itu terlihat merah sudah pasti bukan karena pengaruh cahaya di tempat kalian sedang berada?

      Coba cek dulu perawatan rambut dan kesehatan fisik adek lo bro:
      1. Apakah adek lo rajin membersihkan rambutnya (keramas setidaknya dua hari sekali)?
      2. Seberapa sering pakai topi? (Note: cek bagian awal artikel ini terkait hubungan topi dan kesehatan rambut)
      3. Apakah makanan sehari-hari adek lo sehat (yah minimal gak terlalu banyak junk food)
      4. Apakah adek lo sedang stres?
      5. Apakah kondisi ini sudah sejak lahir atau baru belakangan?

      Kalau semuanya fine-fine aja, cara di atas untuk meluruskan rambut bisa coba diterapkan. Tapi kalau untuk membuat rambutnya jadi lebih hitam, bahan alami yang lebih disarankan adalah pepaya. Mungkin lain kali gw akan buat tulisan tentang cara menghitamkan rambut. Subscribe newsletter gw ya bro supaya dapat informasinya.

    1. Oh gini bro. Keramas itu membersihkan rambut dengan shampo atau produk pembersih rambut lain (bisa cek referensi dari Wikipedia juga kalau mau). Jadi kalau hanya membasahi rambut setiap hari ya tidak ada masalah. Selain itu, perlu diingat bahwa frekuensi keramas yang paling tepat untuk tiap orang sebenarnya berbeda-beda. Secara umum, yang disarankan memang tiga atau empat kali per minggu (artinya gak tiap hari keramas).

      Tapi kaau misalnya lo sering pergi ke tempat yang ‘kotor’ atau banyak polusi, keramas lebih sering tentu lebih dianjurkan supaya kotoran-kotoran yang menempel di rambut dan kulit kepala lo bersih. Begitu bro.

    1. waalaikumsalam
      Shampoo Makarizo yang pelurus rambut itu? Seharusnya itu cuman di-apply biasa aja sih kaya shampoo pada umumnya. Pas mau beli, coba cek kalau ada ketentuan tambahannya.

  2. Bro mau tnya stelah rambut kita di smothing kira2 dan biasany tahan berapa lama ya? trus pas kapan kita harus balik ke salon lagi ? thnks jawabannya

    1. Biasanya kalau smoothing rambut bisa tahan sekitar 3 sampai 4 bulanan. Sodara gw yang cewek setahun 3 kali smoothing. Cowo harusnya sama aja frekuensinya. Sama-sama bro

    1. waalaikumsalam

      Wkwk lebih baik pakai susu sapi murni aja bro. Susu bermerk yang sudah diproses dan ditambah pemanis sudah berbeda kandungannya dengan susu murni.

  3. Kalo sering ke warnet yang banyak rokok gitu,gua keramas setiap hari boleh gak bro,soalnya kan termasuk kotor,btw kalo pake susu murni itu bisa proses nya berapa lama,dan bertahan permanen atau sementara,gua bosen bro rambut gini,suka di ejek temen,itu rambut kok kayak sapu :v

    1. Kalau memang kotor tidak apa-apa sih bro. Keramas tiap dua-tiga hari sekali itu mengambil standar orang yang gak terlalu terekspos lingkungan yang kotor.

      Kalau pakai bahan alami gak permanen bro, musti konsisten dilakukan buat mempertahankan lurusnya rambut lo. Cuman, frekuensinya lo gak perlu terlalu sebanyak di awal pakai susu. Kalau mau lebih cepat biar gak diejek temen-temen lo, lo bisa pakai alat catok seperti yang gw jelaskan di atas ya. Barangkali saudara atau ibu punya alat catok, tapi pakainya hati-hati ya biar rambut lo gak terbakar. Semoga gak diejek kayak sapu lagi 🙂

    1. Hi bro, sebenarnya tidak apa-apa tapi usahakan yang variannya memang murni ya (jangan yang sudah ditambah rasa macam-macam). Biasanya varian susu murni bermerk ini ada di merk-merek seperti Fr***an Fl*g, Gr**nfie**s, dan semacamnya.

  4. bro, yg pakek susu itu kan klok makek masih ada sisanya, sisanya masih ditaro apa langsung dibuang

    1. Ini sisa di gelas yang gak dipakai sama sekali kan, bukan bekas kena rambut atau sudah lo kobok-kobok? Kalau bersih, mau diminum juga tidak masalah bro (kalau dibiarkan begitu saja nanti basi). Buat berikutnya lo bisa mengira-ngira ya porsi yang pas supaya gak ada sisa.

  5. Assalamualaikum bang
    Mau nanya, itu meluruskan rambut yang bergelombang bisa menggunakan telur atau tidak? Kalau pun bisa, telur ayam biasa bisa tidak??, dan kalau pun pakai telur ayam biasa bisa digunakan, itu yang kita gunakan putih telurnya atau kuning telurnya ataupun dicampur putih dan kuning telurnya?

    Sekian dan terimakasih 🙏

    1. waalaikumsalam
      Benar bro, rambut bergelombang juga bisa pakai telur ayam (memang telur ayam yang gak biasa itu kaya gimana ya? hahaha)

      Untuk campuran yang disebut di atas, putih dan kuningnya dicampur aja bro. Semoga membantu 🙂

    1. Meluruskan rambut dengan cuka bisa dilakukan bro, tapi gw kurang merekomendasikannya karena ada potensi membuat kulit kepala iritasi.

      Kalau mau pakai cuka, pastikan sudah diencerkan dengan air. Sebaiknya tambahkan madu atau telur sih bro biar lebih berkhasiat.

      Untuk informasi tambahan, cuka juga berguna untuk membuat rambut tampil lebih berkilau ya. Thanks sudah berkunjung juga 🙂

  6. Bro kalo yg pake telur tu langsung berubah drastis atau nggak lurusnya,make nya setiap hari boleh nggak bro

    1. Gak langsung berubah drastis bro. Butuh waktu setidaknya beberapa minggu sih supaya hasilnya terlihat (bisa berbeda tergantung orangnya)

      Pemakaiannya gak disarankan tiap hari karena lo perlu keramas. Seenggaknya 2 hari sekali deh bro.

      Kalau mau yang lebih cepat dan drastis ya pakai catokan, atau gunakan jasa rebonding di salon seperti yang dijelaskan di atas bro.

      Selamat mencoba 🙂

  7. Assalamualaikum..
    Bang mau nanya, rambut saya belakangan ini sering bawel susah di atur ikal bergelombang,
    Padahal rambut saya lurus lurus aja, semenjak awal tahun ini bang ikal rambut saya,entah kenapa..

    1. waalaikumsalam

      Boleh tahu bro umur berapa sekarang? Perubahan rambut dari lurus menjadi agak ikal bergelombang atau sebaliknya memang bisa terjadi karena tiga faktor: usia, hormon, dan stres. Coba perhatikan apakah lo:
      – Merasa mengalamai stres tinggi sejak awal tahun? Jika iya, coba kurangi stres lo bro. Kalau lo udah di usia bekerja, lo bisa coba menerapkan cara mengatasi stres secara sederhana di link ini.
      – Minum obat atau suplemen yang memiliki kadar hormon yang tinggi? Ini bisa jadi penyebabnya
      – Memasuki Usia remaja hingga awal dewasa muda (13 sampai 21 tahun)? Perubahan tingkat hormon sedang tinggi-tingginya di usia ini.
      – Memasuki Usia menjelang kepala 4 dan seterusnya? Faktor penuaan bisa menjadi penyebab utamanya.

      Semoga cukup membantu ya bro.

  8. Bang mau nanya nih pas sd sampe smp kls 7 rambut saya lurus nah makin kesiniin sampai skrng lulus SMK malah ikal keriting ya knpa? Dan gmna cara agar lurus kembali ?

    1. Hai bro, ini bisa lihat reply gw sebelumnya ke Danny yah. Jadi perubahan rambut lurus menjadi ikal itu mungkin terjadi pada saat masa remaja hingga dewasa muda, karena hormon lo lagi tinggi-tingginya. Lo bisa coba praktekkan cara alami di atas secara berkala supaya rambut lo menjadi lebih lurus lagi ya.

    1. Hai bro, kalau ditanya bisa ya sebenarnya bisa aja. Tinggal model rambut cowok korea-nya mau seperti apa dulu (yang ikal juga atau yang lurus). Kalau model yang ikal tentu gak perlu pakai metode ini (suatu waktu nanti gw coba bahas ya model rambut cowok korea). Kalau yang lurus, bisa mulai dari artikel ini ya. Nanti kalau sudah mulai lurus baru mulai dibentuk. Semangat Hyung!

  9. Bro rambut gua kalo pendek ga ikal tapi kalo panjang ikal, nah mendingan gua praktekin tips di atas pas panjqng atau pas dr pendek

    1. Rambut lo agak mirip sama gw bro karakteristiknya. Sebenarnya itu masih bisa dianggap rambut ikal bro, cuman tipe rambut yang ikalnya di ujung rambut. Jadi ya lo bisa pakai cara di atas untuk meluruskan rambut. Gw belum pernah dengar sih kalau kasus begini pakainya saat panjang atau pendek, jadi lakukan konsisten aja bro. Semoga berhasil ya

    1. Hai bro, jawabannya bisa. Untuk perawatan rambut kering sebenarnya butuh pembahasan terpisah, tapi coba gw berikan beberapa solusi singkatnya ya di sini:
      – Pastikan lo minum air putih yang cukup setiap hari (kira-kira 8 gelas per hari) dan usahakan makan sehat dengan teratur
      – Rambut kering tidak cocok jika terlalu sering keramas. Frekuensi keramas yang disarankan adalah sekitar satu sampai dua kali per minggu
      – Jangan keramas dengan air panas (ini sebenarnya umum sih, tapi lebih berbahaya lagi jika rambut lo tipe yang kering)
      – Saat memakai shampoo, pastikan agar shampoo tersebut tidak mengandung bahan sulfat, alkohol, dan silikon
      – Bisa juga memakai masker rambut yang dibuat dari bahan alami. Campuran yang umum adalah telur dan madu.

      Semoga cukup membantu ya bro

    1. Hai bro, penggunaan catok yang berlebihan memang bisa berbahaya ke akar rambut (misalnya: menggunakan catok setiap hari), meski sebenarnya yang bakal kena kerusakan duluan itu batang rambutnya. Kalau lo memang butuh pakai setiap hari, saran gw suhunya jangan setinggi yang biasanya dan pakai conditioner.
      Conditioner punya fungsi untuk memperkuat kutikula rambut (lapisan pertahanan rambut paling depan), jadi memang bagus kalau lo mau pakai conditioner dulu. Kalau frekuensi catok lo gak sesering itu, sebenarnya tidak masalah kalau gak pakai conditioner. Semoga menjawab ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *