Health

10 Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa!

au Mulut Saat Puasa

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Berhubung mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, tentu banyak di antara kalian yang sudah mulai bersiap-siap untuk bulan suci tersebut. Ada juga teman Mas Kulin yang ikut mencoba berpuasa meski bukan Muslim karena kebetulan punya pacar Muslim.

Biasanya yang banyak dipusingkan di musim Ramadhan itu gak jauh dari seputar THR, mudik , dan baju baru buat Lebaran nanti. Iya sih bro, itu semua merupakan hal penting. Namun, ada satu hal penting lagi yang suka terlupakan: Bau Mulut!

Berhubung blog ini membahas seputar style dan kesehatan pria, bau mulut menjadi satu pokok bahasan yang mau Mas Kulin angkat untuk musim Ramadhan tahun ini. Kan sayang broh kalau lo udah tampil kece maksimal tapi orang di sekitar lo pingsan karena bau naga dari mulut lo mengganggu mereka.

Selain membahas cara jitu menghilangkan bau mulut saat puasa, Mas Kulin akan bagikan tips tambahan agar lo bisa tampil tetap bugar saat bulan puasa. Cek langsung ke bawah ya.

 

Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut atau yang bahasa ilmiahnya disebut sebagai halitosis ini tentu sangat mengganggu karena bisa menurunkan kepercayaan diri. Di bawah ini Mas Kulin akan bagikan beberapa cara praktis agar bau mulut lo bisa hilang atau dicegah saat bulan puasa.

Perlu menjadi catatan sendiri juga bahwa kalau bau mulut lo gak hilang-hilang, baik saat maupun di luar kegiatan berpuasa, maka bisa jadi lo terkena gangguan pencernaan. Konsultasikan dengan dokter ya kalau hal ini terjadi.

 

1. Banyak Minum Air Putih

Minum Air Putih

Hal paling basic yang perlu lo lakukan adalah banyak minum air putih. Kenapa? Karena ketika tubuh dan kerongkongan lo tidak terhidrasi dengan cukup, kekeringan yang lo alami akan mudah menyebabkan bakteri penyebab bau mulut berkembang biak.

Aturan minum air putih yang cukup tidak berubah kok bro, yaitu 8 gelas atau 2 Liter per hari. Jika lo tipe yang aktif, minumlah lebih banyak lagi. Coba atur pembagiannya yang enak buat lo untuk jam sahur, jam buka, dan jam malam ya bro.

Catatan: Banyak Minum Air Putih juga Bisa Mencegah Timbulnya Jerawat Bro.

 

2. Hindari Makanan Berbau Menyengat

Cara jitu mencegah bau mulut saat puasa - Hindari Bawang Berbau Menyengat

Nah ini juga penting bro. Kalau gak mau mulut lo gampang mengeluarkan bau naga, hindarilah makanan yang baunya menyengat. Sebagai contoh, jengkol dan bawang bombay. Bau dari kedua jenis makanan tersebut mudah menempel di gigi dan sangat sulit untuk dihilangkan.

Meskipun lu nge-fans banget dengan kedua makanan tersebut, coba batasi deh konsumsinya selama bulan ini saja.

 

3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan Air Garam
via consumerhealthday.com

Sebelum lo tidur di malam hari, sisihkan waktu sedikit deh untuk kumur-kumur dengan air garam. Air garam ini bagus karena berguna sebagai antiseptik yang dapat mencegah berkembangbiaknya bakteri penyebab bau mulut.

Campurkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air hangat dan aduk hingga merata, lalu kumur-kumur. Alternatif dari air garam adalah air cengkeh sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami, tapi sedikit lebih repot sih bro. Campur setengah cangkir air hangat dan cengkeh dan rebus selama sejam, lalu gunakan untuk kumur-kumur.

4. Jangan Abaikan Asupan Karbohidrat

Pisang Berkabohidrat

Karbohidrat itu tetap diperlukan oleh tubuh lho bro, meskipun lo sedang puasa ataupun diet. Berdasarkan salah satu sumber, ketika tubuh lo kekurangan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak dengan proses yang disebut ketosis. Proses ketosis ini akan menyebabkan tubuh mudah mengalami dehidrasi, yang membuat bakteri penyebab bau mulut gampang berkembang biak.

Jika lo gak mau pakai nasi karena alasan diet, maka gunakan buah dan sayur yang mengandung karbohidrat sebagai penggantinya. Buah dan sayur yang mengandung karbohidrat antara lain pisang dan kentang yang telah direbus.

Trivia: Pisang dapat digunakan untuk meluruskan rambut lho!

 

5. Kurangi Konsumsi Kopi dan Keju

Kurangi Kopi dan Keju

Kopi dan keju perlu dikurangi konsumsinya karena alasan yang mirip dengan poin-poin sebelumnya, yaitu mudah menyebabkan tubuh terdehidrasi. Sudah hafal sekarang kan hubungan dehidrasi dan bau mulut?

Buat lo yang penyuka kopi atau keju seperti Mas Kulin, ada sedikit triknya supaya lo bisa tetap mengonsumsinya. Konsumsi minuman dan makanan ini di awal buka atau sahur (setelah makan atau minum yang manis) secukupnya saja. Jangan lupa untuk minum air putih lebih banyak ya bro agar tubuh terhidrasi dengan normal.

 

6. Makan Buah Apel

Apel

Lho kenapa harus buah apel, bukan buah mangga atau buah naga? Sebab buah apel berfungsi sebagai pasta gigi alami sejak dulu bro. Buah apel memiliki kandungan polifenol yang dapat menjaga kesehatan rongga mulut. Apel juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami.

Ketika lo mengunyah buah apel, produksi air liur akan dirangsang lebih sehingga kelembaban mulut lo akan lebih terjaga. Ingat bro, kelembaban itu erat banget kaitannya dengan mencegah bau mulut.

 

7. Makan Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin C

Jeruk Lemon Vitamin C

Nah selain buah apel, ada juga jenis buah-buahan lain yang sebaiknya lo konsumsi ketika bulan puasa ini. Selain kaya akan kandungan air, buah yang mengandung vitamin C juga berguna untuk mencegah penyakit gusi bro. Penyakit ini juga bisa menjadi penyebab bau mulut, jadi jangan diremehkan ya.

Buah yang mengandung vitamin C ini antara lain jeruk, lemon, dan tomat (iyah ini harusnya sayur, tapi untuk mempermudah menulis bagian ini, anggap saja buah).

 

8. Gosok Gigi Secara Perlahan

Gosok Gigi Teratur

Buat lo yang senang menggosok gigi dengan cepat-cepat, coba mulai sekarang kurangi kecepatan lo menggosok gigi. Yang paling penting saat gosok gigi adalah sisa makanan yang masih menempel di gigi dan sela-selanya hilang bro, bukan masalah cepatnya.

Sisa makanan yang menempel di dalam mulut akan menyebabkan bau mulut kalau dibiarkan. Untuk alternatif yang lebih ampuh, lo bisa coba gosok gigi pakai baking soda. Campurkan ¼ cangkir baking soda dengan dua sendok teh lemon dan garam dan gunakan untuk gosok gigi. Campuran ini akan meminimalisir tingkat keasaman air liur dan perkembangan bakteri bro.

 

9. Bersihkan Lidah

Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa - Bersihkan Lidah
via toolsofmen.com

Penyebab bau mulut itu gak cuman berasal dari gigi dan kerongkongan bro. Lidah lo juga bisa menjadi penyebab utamanya karena para bakteri penyebab bau mulut tersebut senang membuat koloninya di lidah kita.

Ketika gosok gigi, pastikan lo ikut menggosok lidah lo juga. Atau, lo bisa coba membeli alat khusus untuk membersihkan lidah yang banyak dijual di supermarket atau toko-toko alat kesehatan.

 

10. Gunakan Mouthwash

Pakai Mouthwash
via evansondds.com

Jika mayoritas cara di atas dilakukan di luar jam puasa, maka cara satu ini justru dilakukan saat jam puasa. Tentu saja cara ini sedikit berisiko, karena lo harus memastikan agar mouthwash yang lo pakai tidak ikut tertelan. Nanti jadi batal deh puasanya 🙁

Siapkan mouthwash kecil yang bisa lo bawa ke mana-mana dengan mudah. Jika lo merasa di tengah hari atau menjelang sore mulut lo mengeluarkan bau yang enggak banget, maka lo bisa ke toilet terdekat dan gunakan mouthwash tersebut untuk mem-blur-kan bau naga lo.

 

Tips Tampil Bugar Saat Berpuasa

Selain bau mulut, masalah lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana agar lo tampil dan merasa bugar selama bulan puasa. Kalau lo sehat dan bugar, lo bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik. Mau upload foto-foto di Instagram juga gak masalah donk karena lo gak akan terlihat pucat.

Tampil Bugar Saat Puasa Yuk

Berikut ini Mas Kulin bagikan sedikit tips untuk tetap sehat dan bugar sepanjang ibadah puasa:

 

1. Tidur yang Cukup

Tidur cukup merupakan salah satu rahasia umum meskipun klise agar tubuh terus terjaga dengan sehat. Ketika puasa, jam biologis kita memang berubah karena lo perlu bangun subuh untuk sahur.

Pastikan agar lo gak tidur begadang, dan curi-curi kesempatan untuk tidur siang sejenak jika bisa. Ingat bro, jumlah jam tidur yang normal untuk pria dewasa adalah 7-9 jam per hari.

 

2. Gunakan Lip Balm

Ketika berpuasa, mulut dan bibir lo bakal gampang kering karena tidak ada asupan makanan dan air. Supaya mulut lo tampil segar, gunakan Lip Balm agar bibir tampak tetap lembab. Pakai yang tidak ada rasanya bro supaya lo gak tergoda untuk menjilat-jilatnya.

 

3. Berbukalah dengan yang Manis-Manis

Manis yang dimaksud di sini adalah makanan dan minuman yang manis ya bro. Kalau ada cewek manis yang menemani buka puasa yah itu bonus saja 🙂 Makanan dan minuman manis adalah yang mengandung karbohidrat seperti yang sudah dibagikan di poin sebelumnya.

Sebagai tambahan, lo bisa konsumsi kurma juga. Jadi lo bisa mengembalikan energi yang hilang dengan cepat saat berbuka sekaligus bersiap untuk puasa setelah sahur.

 

4. Berbuat Satu Kebaikan dan Tersenyum

Di bulan yang penuh berkah ini, cobalah untuk berbuat satu kebaikan kecil bro setiap harinya. Gak usah yang susah-susah bro. Misalnya, lo bisa memberi sedekah, menolong nenek yang kesulitan menyebrangi jalan, atau gak mengganggu teman kerja lo yang lagi serius ngejar deadline.

Jangan lupa tersenyum bro. Rasa senang akan kebaikan yang lo lakukan itu akan jadi mood booster yang bagus selama lo berpuasa lho.

 

Sudah Siapkah Lo Menjalani Ibadah Puasa?

Nah itu dia beberapa langkah yang bisa lo lakukan supaya tampil segar minus bau mulut saat berpuasa. Mas Kulin mengucapkan selamat melakukan ibadah puasa bagi yang merayakan yah.

Biar penampilan selalu kece maksimal, ikuti juga beberapa tips lain seputar Casual Men’s Lifestyle di blog ini. Pastinya, maskulin banget bro!

2 thoughts on “10 Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *